One Day With Oma Opa 2013: Mengenal Lansia Lebih Dekat!

PRESS RELEASE

One Day With Oma Opa 2013: Mengenal Lansia Lebih Dekat!

Dalam  mendukung upaya peningkatan kesejahteraan Lansia serta menghilangkan stereotype dan stigma negatif dari masyarakat mengenai Lansia, Himpunan Mahasiswa  Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Indonesia melalui Divisi Pengabdian Masyarakat menggelar sebuah acara yang diharapkan dapat membuka pemahaman mahasiswa dan masyarakat umum mengenai keberadaan Lansia melalui rangkaian acara OWOO 2013 yang mengangkat tema “Mengenal Lansia Lebih Dekat” pada 1 dan 2 November 2013.

OWOO 2013 terbagi kedalam 3 rangkaian acara besar yaitu ‘pameran kreatifitas lansia’, talkshow’ dan ‘field trip’. Pameran kreatifitas Lansia merupakan rangkaian pre-event dari OWOO 2013. Pameran ini dilakukan selama seminggu sebelum event OWOO 2013, dan akan memperlihatkan hasil kerajinan tangan lansia berupa lukisan dan lain sebagainya dalam bentuk instalasi di sekitar FISIP UI.

Talkshow OWOO 2013 akan diadakan di Auditorium Juwono Sudarsono (AJS) FISIP UI pada tanggal 1 November 2013. Talkshow ini akan menghadirkan pembicara yang kompeten dalam bidang Lansia, diantaranya adalah Ibu Widarti Gunawan (Senior Vice President Femina Group), Ibu Tjandra Kumandari (Kepala Sasana Tresna Werdha Ria Pembangunan), Bapak Wisnu Wardana (General Manager Mustika Ratu) dan Ibu Bunda Sugiri (Dosen Kesejahteraan Sosial Lansia FISIP UI). Kuota dari talkshow ini adalah sebanyak 100 peserta yang dapat hadir secara GRATIS. Peserta juga akan mendapatkan makanan ringan (snack), goody bag dari Femina group dan Mustika Ratu, serta 50 Sertifikat bagi 50 pendatang pertama.

Rangkaian acara kedua, fieldtrip OWOO 2013 akan diadakan pada tanggal 2 November 2013 di Sasana Tresna Werdha Ria Pembangunan Cibubur dan dapat diikuti oleh 50 peserta secara GRATIS. Pada fieldtrip ini, peserta dan Lansia akan bergembira bersama. Peserta dapat melihat kehidupan Lansia di STW secara langsung dan para Lansia akan berbagi pengalaman serta memberikan pandangan mereka akan stigma negatif yang salah dalam masyarakat. Selain itu, akan disinggung pula mengenai segi positif maupun negatif dari peraturan pemerintah terkait Lansia yaitu One Roof Three Generations. Pada fieldtrip ini, peserta juga akan mendapatkan sertifikat serta makan siang (lunch) dari Al4e Café and Resto.

Acara OWOO 2013 ini diharapkan dapat membuka mata mahasiswa dan masyarakat umum mengenai Lansia di Indonesia dan langkah selanjutnya adalah dapat peduli dengan keberadaan Lansia. Untuk itu, kami mengundang kalian untuk lebih memahami mengenai Lansia di acara OWOO 2013. Ditunggu kehadirannya!

For more information: Twitter @OWOO2013

Narahubung: Bian (085778465810)

Leave a Comment