Begini Cara Pendaftaran Beasiswa Orange Tulip Scholarship 2020


0
Orange Tulip Scholarship

Belanda menjadi salah satu negara yang menjadi tujuan para mahasiswa dari seluruh dunia yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, salah satunya adalah Indonesia. Tidak heran, selain karena budayanya yang ramah, Belanda juga terkenal dengan universitasnya yang memiliki banyak program studi berkualitas. Nah, kalau kamu tertarik untuk menempuh studi lanjut di Negeri Kincir Angin ini, kamu bisa mendaftar beasiswa Orange Tulip Scholarship 2020.

Pendaftaran dan Seleksi Orange Tulip Scholarship

Nah, kalau kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa Orang Tulip Scholarship, kamu harus tahu dulu apa saja kriteria yang diwajibkan untuk para pendaftar:

  • Calon pendaftar adalah Warga Negara Indonesia
  • Calon pendaftar sedang tidak menjalani pendidikan atau studi di Belanda, juga sedang tidak bekerja di Belanda.
  • Sedang mengikuti proses pendaftaran atau telah diterima di salah satu perguruan tinggi di Belanda yang terdaftar dalam skema program beasiswa OTS.
  • Memenuhi semua persyaratan yang diwajibkan dan tertulis dalam skema program beasiswa Orange Tulip Scholarship.

Lalu, bagaimana alur pendaftarannya? Simak baik-baik, ya!

  • Pertama, buka laman Studyfinder yang berisikan informasi universitas yang memberikan penawaran Program Studi atau bidang ilmu yang kamu inginkan.
  • Lalu, lakukan pengecekan apakah universitas dan Program Studi yang kamu inginkan, apakah terdaftar dalam program beasiswa Orange Tulip Scholarship.
  • Cermati dengan teliti semua informasi terkait skema program beasiswa yang kamu pilih. Kalau sudah sesuai, segera lakukan pendaftaran, termasuk mendaftar terlebih dahulu pada universitas tujuan, lalu daftarlah pada program beasiswa OTS. Jangan lupa persiapkan pula semua berkas yang dibutuhkan.
  • Selanjutnya, tunggu email konfirmasi atau laman sistem aplikasi online. Konfirmasi ini yang harus kamu lampirkan ketika melakukan pendaftaran beasiswa OTS.
  • Jadi, dokumen yang perlu kamu persiapkan adalah formulir pengajuan beasiswa Orange Tulip Scholarship 2020, bukti pendaftaran ke universitas yang tertulis dalam skema, dan CV. Pastikan kamu melakukan pengecekan sekali lagi agar tidak salah ketika menyiapkan berkas pendaftaran.

Kamu hanya perlu mengirimkan semua berkas yang dibutuhkan dalam bentuk softcopy, dengan rincian sebagai berikut:

  • Berkas dalam bentuk PDF atau Word.
  • Berikan nama pada setiap berkas dengan bahasa Inggris. Ikuti format [document name] – [applicant’s name].
  • Pastikan total seluruh lampiran kamu tidak lebih dari 20MB, dan jangan menyatukan semua berkas dalam bentuk .zip atau .rar.
  • Setelah semua siap, kirimkan berkas melalui email ke alamat ots@nesoindonesia.or.id dengan subjek: OTS 2020-2021 Application-[nama universitas]-[nama kamu].
  • Tunggu email konfirmasi dari Nuffic Neso selama kurang lebih 1 hingga 2 minggu yang menyatakan bahwa berkas yang kamu kirimkan telah diterima.

Batas waktu pendaftaran beasiswa Orange Tulip Scholarship 2020 biasanya adalah 1 Mei. Meski begitu, biasanya masing-masing universitas yang terdaftar pada skema memiliki waktu tenggat yang berbeda. Jadi, pastikan kamu mendapatkan semua informasi pendaftarannya dengan jelas dan membacanya dengan teliti.

Setelah melalui proses pendaftaran dan kamu dinyatakan lolos, kamu akan lanjut ke tahapan seleksi. Adapun tahapannya tidak berupa wawancara, jadi proses seleksi dari program beasiswa ini hanya melalui seleksi berkas. Tahapannya adalah seperti berikut:

  • November 2019 hingga tenggat skema (biasanya Februari, Maret, April, atau Mei 2020): penerimaan berkas dan pra-seleksi oleh Nuffic Neso.
  • Januari hingga Mei 2020: pengecekan berkas pendaftaran dan seleksi oleh universitas yang terdaftar dalam skema Orange Tulip Scholarship 2020.
  • Juni sampai Juli 2020: pengumuman hasil seleksi dan penerimaan kandidat yang menerima beasiswa melalui email, termasuk pengumuman bagi kandidat yang tidak lolos. Jika lolos, kirimkan kembali email penerimaan ini ke pihak Nuffic Neso.

Skema Penerimaan Beasiswa Orange Tulip Scholarship 2020-2021

Kamu perlu tahu bahwa Orange Tulip Scholarship atau OTS merupakan program parsial yang ditawarkan oleh universitas di Belanda. Jadi, pendanaan tidak bersifat penuh alias sebagian. Perlu diketahui pula, tidak semua universitas di Negeri Tulip ini menawarkan program beasiswa. Pun, tidak semua Program Studi yang dilimiki universitas di Belanda didanai oleh program OTS ini.

Manfaat yang ditawarkan oleh setiap universitas yang didukung oleh program beasiswa ini tidak sama. Namun, umumnya penerima beasiswa akan mendapatkan potongan biaya belajar antara 30 hingga 100%. Beberapa program juga memberikan tawaran biaya hidup setiap bulan, tetapi tidak memberikan potongan biaya studi.

Contohnya, University Of Groningen menawarkan beasiswa untuk tiga Program Studi Master, yaitu Medical and Pharmaceutical Drug Innovation, Clinical and Psychosocial Epidemiology, dan Clinical and Psychosocial Epidemiology – track Health System and Prevention. Universitas ini menawarkan biaya studi hingga 100% dan subsidi biaya hidup sebesar 400 Euro per bulan.

Contoh lainnya adalah Universiteit van Amsterdam atau University of Amsterdam Graduate School of Social Sciences yang menawarkan Program Studi untuk Master dan Research Master dengan kuota beasiswa sebanyak 7 orang. Universitas ini menwarkan beasiswa berupa potongan biaya studi sebesar 16.335 Euro.

Lalu, ada Rotterdam School of Management, Erasmus University yang menawarkan beasiswa untuk semua Program MSc, tetapi tidak untuk MSc International Management/CEMS Programme dengan kapasitas maksimal sebanyak 3 orang. Jenis beasiswa yang ditawarkan berupa potongan biaya studi sebesar 30% dalam mata uang Euro.

Ada lagi, yaitu Nyenrode Business Universiteit yang menawarkan beasiswa untuk Program Studi BSc in Business Administration, Full-time MSc in Management, dan Full-time MBA masing-masing dengan kuota 1 orang untuk BSc, 2 orang untuk MSc, dan 3 orang untuk MBA. Jenis beasiswa yang ditawarkan adalah potongan biaya studi untuk BSc sebesar 18.000 Euro, MSc sebesar 8.775 Euro, dan MBA mulai dari 12.000 sampai 17.000 Euro.

Tips Penting Orange Tulip Scholarship 2020

Kalau kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa melalui program Orange Tulip Scholarship 2020, berikut tips penting yang bisa kamu perhatikan:

  • Nuffic Neso tidak memberikan bantuan untuk proses pendaftaran, tetapi hanya memberikan informasi dan tahapan pendaftaran serta seleksi yang pastinya memudahkan kamu mendaftar ke universitas tujuan.
  • Jika universitas atau Program Studi incaran kamu tidak terdaftar dalam skema penerimaan beasiswa OTS 2020, kamu tidak bisa melakukan pendaftaran beasiswa. Namun, skema ini selalu berubah setiap tahunnya, jadi pastikan kamu mendapatkan informasi terbaru, ya!
  • Jenis tingkatan studi yang ditawarkan setiap universitas juga berbeda. Beberapa universitas menawarkan program Sarjana saja, beberapa menawarkan program Sarjana dan Master, ada pula yang menawarkan program Master saja.
  • Beberapa universitas dalam skema mengharuskan kamu memiliki Letter of Acceptance sebagai salah satu syaratnya. Namun, kamu tetap bisa melakukan pendaftaran beasiswa OTS meski belum mendapatkan surat penerimaan ini, asalkan kamu sudah melakukan pendaftaran ke universitas tujuan. Pastikan universitas dan Program Studi terdaftar dalam skema, ya!
  • Kamu juga bisa melakukan pendaftaran pada lebih dari satu Program Studi atau universitas yang terdaftar dalam skema. Kirimkan saja dokumen yang dibutuhkan secara terpisah untuk masing-masing Prodi atau universitas melalui email.

Kalau ada hal lain yang ingin kamu tanyakan seputar beasiswa Orange Tulip Scholarship 2020 ini, jangan ragu untuk menghubungi pihak Nuffic Nesso melalui telepon di (021) 5085 87 87 ext. 202 atau melalui email di ots@nesoindonesia.id.

 

Baca Juga


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Hangga Nuarta

Halo! Saya Hangga, alumni FEUI. Saat ini bekerja di bidang digital marketing. Kadang menulis di blog saya juga hangganuarta.com.