Parodi Opini Si Doel: MAK… Oh… SIMAK…


0

Chapter 1

Cerita Si Doel Anak Jalanan

“Oi…. Mau kemane lo?” teriak si Doel waktu ngeliat si odah nyelonong boy di depan mukenye.?

Lantas, si Odah nyaut sambil buru-buru jalan n ngeliat Doel nyang waktu ntu baru aja dislonongin ama si Odah.

” Mau tau aja lo… gw mau ngedaptar SIMAK nih!”.

“Ape? SIMAK? Makhluk apaan ntu…?”, si Doel teriak…. trus si Odah ngelambatin jalannya n jalan barengan deh ama si Doel (cuiiiiiiiiit… cuiiiiiiiitt…).

“Itu….jalur masuk UI nyang baru, jalur mandiri gitu Doel. Lo gak mau ikutan? Kan…..”,

Blom sempet si Odah ngelanjutin, si Doel udah nyeleneh, ” halah… biar katenye mandiri kek, manja kek, same aje… pasti formulirnye mahal kan? duit masuknye juge gede kan? Gak usah jawab, gw tau jawabannyE… apalagi kalo udah di dalem… huuuuu, bisa-bisa SI MAK gw jantungan gara-gara ngeliat nol nyang kebanyakan di tagihan kuliahan, halah… mending gw kursusan deh di BSI…” (sssssstttt…. Bukan BSI nyang ntu loh tapi….Bengkel Si Ijal….maap… tidak bermaksud ngecengin ….nyang ntu..hehehehe…). Sebenernya sih, si Doel juga punya ijazah SMA, itu juga ngambil paketan nyang dibantu ma anak-anak sosmas BEM UI (ternyata BEM UI gak cuman bisa Demo yak…?).

“Ya elah Doel…Doel… jaman gini mana ada sih sekolah nyang murah, mau pinter ya kudu buang banyak duit lah. Gw gak masalah tu biar harga formulirnya 200 ribuan, 400 ribuan, 500 ribuan, nyang penting masuk UI chui….Soal duit kuliah, katenye ade BOP Berkeadilan kan, nyang sesuai ape n berape nyang babe lu punya, nah.. secara babe gw kan juragan kambing niy… pasti bayarannye bisa pake kambing kan (gak gitu juga kaleeeeeeeee….!!!!) “, Si Odah mah aya-aya wae. Heh…Odah..Odah… gaya ngemeng lu udah kayak anak juragan minyak ajah.

Si Doel geleng-geleng sambil komat-kamit (hehe…baca mantra kali ya!). Hm…. Si Odah mah lempeung banget ngomong gitu, secara… nyak-babenye konglomerat chui… nyaknye punya butik di Paris (Pasar Isnain alias Pasar Senen), babenye punya BURSA EFEK sendiri (Waw… efek apaan dulu? Ternyata… BURSAnya menyebarkan EFEK bau kambing. Nah lo bingungkan… ntu… babenye juragan kambing kampoeng sebelah. Kampoeng kok sebelah yak? Sebelahnya kemane?). Tau dah…

Sedangkan si Doel mah cuman anak konglomelarat, nyang saban hari makan sambel terasi bareng tempe goreng, sekali-sekali makan ikan ayam (ikan nyang mirip ayam… atau ayam nyang mirip ikan yak? Hehe…), ntu pun kalo ade tetangge nyang hajatan. Nyaknye cuman tukang donat (nyang biasa dijual 1500an ma anak-anak danusan UI ntu loh…!). Bukan nyang punya… tapi nyang bantu ngebikinin.

Babenye, ndak usah dibilang lah… tar menyalahi KUHP Pasal 1000 satu malam lagi…(emank ada?). Nyang jelas sih, sering keliatan di sisi kanan angkot, megang setir paling depan. Boro-boro buat beli formalin eh…formulir, Si Doel mah… buat beli rujak bang Tigor aja kudu nyemir 2 pasang sepatu dulu. (Bang Tigor itu udah lama jualan rujak, sekitar 20 tahun lah…katanya sih rujaknya enak, dapat warisan resep turun-temurun keluarganya).

Doel.. Doel.. nasib lu dah. Tapi, percaya deh… ntar juga lo pasti ngedapetin semuaaaaaaaaaa nyang lo pengenin. Asalkan lo mau bersukur atas apa nyang lo punya sekarang n pastinya usaha…trus do’a deh. Jangan lupa tuh… Ustadz OIM (Hm…. Olimpiade Ilmiah Mahasiswa yach?) juga pernah bertausiah… selalu ucapkan Alhamdulillah… biar ayam-ayam pada naek meja makan pas siang hari juga…teteup…

Alhamdulillah.

Ehem..ehem.. kembali ke si Mak nih eh… SIMAK, waktu ntu jam 3 sore di stasiun Depok Baru. Si Doel lagi ngotak-ngatik LAPTOP (Lap merek Top maksudnya…) nyang tadi abis dipake buat ngelap sepatunya si Bos. Si Odah nyamperin si Doel, dengan ramahnya dia menyapa…

“Doel… do’ain gw ya… skrg lagi BIMBEL neh di BCA (Bimbel Cap Alang-alang), kira-kira 3 minggu lagi bakalan tes nya neh. Ntar kalo masuk UI, gw ajakin lu naek bikun nyang go green itu tu… atau bibu nyang kerens itu tu…atau sekun dech… gmn?”. Si Odah dengan ke-PD-annya, “Trus…kita keliling kampusnya Doel!”

Tau gak respon si Doel gimana? Si Doel mah, cuman ngakak doank…

“Hahahahahahaha…. Odah…Odah…kalo gituan mah…. Gw juga bisa sendiri, tinggal naek kreta, turun di ST.UI (temen ST.12 kali yak!) trus naek ntu… nyang lu bilangin. Ape tu nyang ng-grin2 itu. Gak perlu nunggu lo mpe masuk UI jg bisa lah.

Lagian, gw jg gak pengen lah, gw cuman anak jalanan nyang nyari kebahagiaan di sisi trotoar dan peron ini, biarkanlah “mereka yang berada” yang merasakan hal seperti itu. Apalah artinya sebuah kemewahan bagi si Doel anak jalanan, dia hanya seorang yang takut, takut untuk terlena dan terjerumus dengan keglamoran….” Si Doel ngelanjutin dengan kata-kata semelankolis itu, Odah jadi tertunduk dan…(ngantuk sih sebenernya, gara-gara buatin paper adiknya nyang SMA kelas 2 ntu tadi malem.)

Hm….sepertinya keadaan sudah mulai hening, haru, dan sedih. Baru kali ini Doel menjadi pujangga jalanan sekompeten itu. Doel…Doel…kaulah jalaners terpuitis tahun ini, halah…lebay.

**********

Beberapa bulan kemudian…

Teng-teng-teng-teng…

KRL jurusan Jakot-Bogor lewat, ntar deh Jakot apaan ya? Jakarta Kota buuuukkk. Si Doel keliatan lemes, sedih, kuyu n letih nih di peron 2 stasiun Depok Baru. Kira-kira kenapa ya? (AADD) Ada Apa Dengan Doel? Mungkinkah ia terserang sindrom tak berasa di kalikulusnya (hm… anak Biologi istilahnya mank aneh-aneh), ataukah jaringan warthon yang tampak membesar di perutnya (sok iye lo buk, warthon… nyang ada mah udel!), ataukah flos petalis (hm…ntu mahkota bunga) nyang gugur dari tangkainya? Oh… Doel… apa gerangan nyang ada di hatimu.

Kali ini benar juga, perkiraanku, Si Doel terngiang-ngiang dengan Ajakan temennya nyang menyesatkan itu…nah lo, si Odah dibilang menyesatkan, parah nih! “Doel…jangan kau ingat lagi ajakan itu untuk taon depan, kau tak mampu untuk itu, ingat mak-bapakmu”, “ikutan aja! Lumayan Doel, siapa tau bisa masuk. Buat SPP kan babe lo supir angkot, jadi yah…bayarannya bisa pake angkotnya!”. Ini dia nih…suara-suara ghoib nyang menghampiri si Doel sejak jam 7 tadi pagi.

Akhirnya si doel mutusin buat nyari Si Mak… bukan SIMAK! Langsung deh lari-larian nyari maknya (coba tebak dia mau ngapain?). Doel-Doel….ternyata dari tadi malem blon makan. Abisnya, diajakin muter-muter Jakarta ma si Odah (Dasar si Odah, ngajak jalan tapi gak ngajak makan!), makanya lemes, letih dan lesu. Tau gak, ngapain si Odah muter-muter Jakarta. Kan Macet, sesek, resek, sumpek, panas, terik, gerah, dan pastinya BERBAHAYA!. Selidik punya selidik, tadi pengumuman SIMAK nih, eh… dianya ndak puas ama SIMAK. Gara-garanya ngambil nyang 8 pilihan, nyang 800 ribuan ntu. Dari 1 mpe 8 pilihannya sama, “KEDOKTERAN” halah-halah ndok… koe stres apa sakit jiwa sih. Katanya sih, biar keliatan niat, kali aja diterima di kedokteran, hehe…

Ampun dah si Odah, nyang ada mah bukan kedokteran, tapi “Ngodok-ngodok yang kotoran” hehe… duit lenyap, masuk UI pun gagap. Yach… secara saingannya kan anak-anak tajir nyang bedoit, nyang bisa bimbel kelas internasional, nyang punya fasilitas dana, mobil, laptop, hape high-tech, n serba-serbi konglomeratlah buat akses pelajaran atau soal-soal. Nyang notabenenya punya akses paling cepet, canggih, deket n termahal. Emank nasib anak pinggiran yah… tergantung Si Mak nyang ngasih makan apa. Kalo makan nasi yach bisa idup, kalo makan angin yach… kembung mulu tu abdomen. Hehe…

Heeh, trus si doel inget nasi uduk maknye, langsung deh pecut lari tuh si Doel. Bodo amat dengan SIMAK, nyang penting bisa makan nasi uduk Si Mak.

Maming, 7 menuju 8 Februari 2009 (Soale jam 23.59 WIB)

Ditulis di Kamarku yang banyak nyamuk (digigit trus dari tadi)…

Hahaha….Semangka! Semangat Kawand!

Wassalam… (Al Baqarah: 152)

Masin (malem senin, 2 Agustus 2009, 21.00 WIB s.d selesai)

((Duuh… udah kayak undangan aja neh

Ditulis lagi-lagi di kamarku, ehem..

Eheh.. gak berasa udah brapa bulan berjalan. Apa kabar yak si doel?

Teng..teng…teng..teng..teng..

ZzzzUuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiittttttttt…….. yaaah, kereta jurusan priok lewat. Hiks… bukan Priok tapi Bogor… heeh maklum udah lama gak ketemu kreta ingetnya kapal doank. Pasalnya ane baru aja pulang dari kampong “via kapal laut”. Kemaren naek kerinci, gede booo… sampe2 ngekhayalin ntu Titanic, Cuman sayang… gak ada Ross ama Jack, nyang ad mah.. nyak Rosinah ama bang Jaka… tetangga sebelah nyang berangkat bareng kemaren. Katenye mo liad monas.. yah… ntu mah ane juga ada potonya, tapi biar ngeeksis gitu. Lagunya org kampong kan yak… pegi jaoh2 ke Jakarta… pulang2 bawa poto… dipamerin dah ke orang kampong. Ampiuun dah… jaman modern masih ada aja nyang narsis kampoeng mode. Untungnya ane kagak… biar susah sungguh… jaim tetap menyeluruh. Cihuuuy… kayak puisi saha nyak?

Btw anyway busway.. anak emak makan kuey…(maksa banged dah ni lagu)

Ane mo cerita neh… kemaren si Doel ketauan udah buka pabrik sepatu. Kalo gak salah namenye pabrik SIMAK. Hahah.. SIMAK lagi, kocak banget dah si Doel. Oom Gummy, pamannye si Doel, kisahnya ngasih modal buat si Doel, modal tutup mulut gara-gara pernah jalan ama tante Betty (sssttt… selingkuh mode

“lo bakalan jadi kaya kalo lo nutup kuping, nutup mulut, n nutup mata… tapi jangan lo tutup tu hati,”. Ane bingung… bukannya mau kaya harus usaha, do’a n tawakkal. Lha kok si doel cuman gitu doank bisa buka pabrik ya?. Usut punya usut, si doel ternyata ngebuka hatinya buat nerima uang oom Gummy, tiap bulan, dengan nutup mulut, kuping n matanya. Alhasil dengan ntu modal dia bisa neh belanja bahan sepatu biar nyamain mereknya Cibaduyut. Alhamdulillah…(eits.. ni syar’I kagak yak? Masak makan uang hasil penipuan gindang, duuh eke jadi serba serbi neh)

Bentar deh… kok ceritanya gak nyambung yak? Ane bosen neh ma si Doel n SIMAK, akhirnya ane terpikat ama om BOP-B (red: BOB). Si oom… katanya orang paling dermawan tu di komplek Uring-uringan Indonesia (disingkat UI), punya mobil 12 unit (plat merah 5, plat item 2, plat kuning 5), bus warna ngejreng (red:kuning) 10 unit, sepeda go…es 200 unit, blon lagi doit di brangkas 7,5 miliyar booo. Katenye, beliau ntu suka bersosilisasi, ngebaksos, nyumbang di masjid, bahkan mpe nyelenggarain tujuh belasan di kampungnye pake hadiah mobil-mobilan (tau dah beneran ato kagak). Du ileh, oom BOP-B keren banget dah.

Anehnya, kagak ade nyang tau ntu kerjaannye si Om BOP-B apaan. Katenye istrinya jaga lilin mulu tiap malam… Astaghfirullah… nyebut euy!, hehehe org kampong yak… kalo udah ngiri ada ajah yg gossip gak-gak. Akhirnye, nyak babe gue nyelidikin ternyate si Om BOP-B punya kontrakan tiga pintu, tu kontrakan bungalow semue jang. Mpet-mpetan juga ma pasar malam senen. Hm…

Teteup semangka boook… semangad kawand!

Masa (malem selasa, 3 Agustus 2009, 21.00 WIB s.d tiduur)

Kali ini bukan di kamar… tapi di tempat tidur

Hehe.. Night mode zzzzzzzttttt… udah ngantuk


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Mulyani Hassan
Cerdas, pekerja keras, ikhlas tanpa batas

4 Comments

Leave a Reply