ASEAN University Networks untuk kali kedua mengadakan rapat dan Higher Education Exhibition 12 – 13 oktober 2011 lalu di Korea Selatan. Maaf kalau beritanya sedikit “basi” karena penulis baru saja tersadar kalau publikasi tentang acara terkait pun masih belum ada di situs resmi AUN. Dalam acara ini, banyak sekali topik yang diangkat terkait dengan pendidikan tingkat lanjut di Asia Tenggara dan Asia Timur. Agenda utamanya adalah menjalin kerjasama antara Universitas yang berpartisipasi demi kemajuan Sumber Daya Manusia di regional Asia.

Acara diadakan di Daejon University, dan dihadiri oleh Mentri Pendidikan Korea, AUN Member Universities, dan banyak universitas undangan dari seluruh Korea Selatan, Jepang dan Cina. Seluruh Undangan mewakili Universitas Negara masing – masing dilibatkan dalam diskusi aktif terkait dengan topik ACT(Asian Credit Transfer System) dan lain-lain. Total sebanyak 78 Universitas menghadiri event ini dan Universitas Indonesia termasuk sebagai salah satu di dalamnya.

Sebelumnya, acara serupa diadakan di University Brunei Darussalam pada tahun 2010. Pada tahun 2011 ini, kebetulan saya yang terikat dalam program pertukaran pelajar dibawah naungan AUN, menjadi staf pendamping tamu dan teman kita dari Fasilkom 2008 : Rizki Amelia bertugas menjelaskan tentang kampus kita di Higher Education Exhibition.

advertisement

Dan yang paling penting adalah, ibu Raphaella Dwiantari Dwianto M.A.,Ph.D yang baik kita kenal sebagai kepala Kantor Internasional, menjadi salah satu pembicara penting di hari kedua rapat.
ASEAN students at Higher Education Exhibition



advertisement