Pasar Seni ITB 2014

Pasar Seni ITB akan segera digelar pada tanggal 23 November 2014. Pasar Seni telah diadakan secara berkala sejak 1972 dan dikenal sebagai festival seni, desain, dan kriya terbesar se-Asia Tenggara. Pertama kali digelar untuk memperkenalkan seni ke masyarakat luas, tiap dekade Pasar Seni selalu merespon permasalahan sosial pada zamannya. Tahun ini, Pasar Seni kembali hadir dengan mengangkat tema “Individualitas”.

Pasar Seni kali ini akan membelah ITB menjadi tiga bagian, yaitu Area Aku, Area Kita, dan Area Semesta. Ketiga area diisi karya dan wahana yang menggambarkan interaksi antarindividu. Area Aku adalah area di mana pengunjung dapat mengenal dan merasakan kedekatan dengan dirinya sendiri, berkontemplasi hingga memunculkan introspeksi, refleksi, dan kegalauan dalam diri. Area Kita menggambarkan keterlibatan seorang individu dengan lingkungannya sebagai makhluk sosial. Sedangkan Area Semesta mengajak pengunjung mengenal, mengamati, meresapi, dan mengagumi alam sekitar.

Pasar Seni diramaikan dengan suguhan pertunjukan seni yang penuh makna. Di Area Aku, ada pertunjukan pembuka bertajuk “Aku” yang menggambarkan sifat-sifat yang menarik manusia ke dalam jurang individualisme serta penutup bertajuk “Kita dan Semesta” yang menggambarkan peleburan individualitas menjadi identitas kolektif. Di sela-selanya, ada pertunjukan singkat “Manusia, Ruang, dan Waktu: Jam Manusia” di setiap jam sebagai penanda waktu. Area Kita juga menampilkan sebuah pertunjukan berjudul “Aku dan Garuda” yang menggambarkan masalah-masalah di tanah air dan apatisme bangsa.

Pasar Seni menampilkan tujuh wahana yang sama sekali tidak memungut biaya masuk. Wahana-wahana tersebut adalah Museum Satu, Kotak Kontak, Fast Art, Tak Kenal Maka Tak Sayang, Semestarium, dan Kompleks Karya Raya. Selain menawarkan pandangan baru tentang individualitas, beberapa wahana mendorong pengunjung untuk berinteraksi dengan pengunjung lainnya.

advertisement

Selain wahana, area Pasar Seni akan dihiasi instalasi artistik yang memanjakan mata, yaitu K-Gate, Kubah Dunia, Rusted Beast, Subur Ban, Panggung Kampung Intim, dan Hutan Ingatan. Tak lupa pula panggung utama Pasar Seni yang akan dimeriahkan oleh Little Rascals, Symphoni Polyphonic x Very Hot, Matajiwa x Hari Pochang, Leonardo & the Impeccable Six, The Experience Brothers, Denny Darko x Ikat ITB, Keroncong Merah Putih, Bin Idris, dan Imelda Rosalin.

Yang menarik, Pasar Seni menyiapkan beberapa kejutan-kejutan tak kasat mata. Pengunjung yang cepat dan teliti dapat membawa pulang 23 harta karun rahasia yang terpendam di area Pasar Seni. Pengunjung juga dapat mengintip sisi tersembunyi dari Pasar Seni lewat aplikasi Augmented Reality yang dapat diunduh gratis mulai bulan November mendatang.



[reaction_buttons]