Ini Dia Pekerjaan yang Tepat untuk Lulusan Pesantren

AnakUI.comPekerjaan yang tepat untuk lulusan pesantren : Terkadang orang sering menunjukkan bahwa santri hanya bisa menjadi guru agama setelah lulus pesantren. Jangan berpikir cepat jika santri tidak bisa bekerja setelah lulus dari pesantren, lho! Masalahnya, mahasiswa berpeluang berkarir yang tak kalah keren dengan alumni sekolah kedinasan lainnya. Bisakah dunia dan akhirat berhasil dengan pijakan yang sama, mengapa tidak? Berikut ini adalah referensi penugasan yang tepat bagi alumnus pesantren.

Pekerjaan yang Tepat untuk Lulusan Pesantren

Di pesantren kontemporer, bukan hanya pengetahuan agama yang diberikan, tetapi siswa menerima pengetahuan umum, kepemimpinan, kewirausahaan, dll. Tidak perlu bingung dan ragu masa depan yang bisa diperkirakan dengan baik, maka berikut ini sejumlah tugas yang sesuai dengan para sesepuh Pesantron, yaitu:

1. Dai

Pekerjaan yang Tepat untuk Lulusan Pesantren yang pertama adalah Dai. Jika Anda memiliki kekuatan komunikasi yang baik, pengetahuan yang bermanfaat dan ingin berkontribusi untuk amal, maka jadilah dai atau pembicara. Karena sesuai dari bidang kalian.

2. Guru Agama

Cocok untuk Anda yang ingin mengajarkan ilmu akademik terkait agama di sekolah umum atau sekolah khusus Islam. Apakah itu profesor kehormatan agama atau status pegawai negeri, Anda dapat memulai dedikasi mulai saat ini, ya!

Sebagai seorang guru, bimbingan adalah kekhidmatan, pengabdian. Tujuannya untuk mendidik para eksekutif muda atau juniornya di bidang agama. Poin ini menyoroti ketulusan, kesabaran, lapang dada, mengingat sejumlah uang karena dia tidak mengharapkan imbalan apa pun. Hal ini dipandu oleh ayat dari Al-Qur’an:

وَمَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ أَجْرٍ ۖ إِنْ أَجْرِيَ إِلَّا عَلَىٰ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Artinya: Dan sekali-kali aku tidak minta upah kepadamu atas ajakan itu; upahku tidak lain hanyalah dari Tuhan semesta alam.

3. Staf Administrasi Organisasi Islam

Anda menjadi anggota staf administrasi organisasi, kantor, atau toko Islam yang menentukan kualifikasi umum. Mantan siswa yang sama beratnya dengan SMA/SMK dapat melakukan pekerjaan administrasi perkantoran, ulet dan teliti ketika menulis agenda rapat hingga korespondensi dengan klien, mengapa tidak?

4. Penulis

Tulis kehidupan kesedihan yang penuh kasih saat Anda berada dalam beban di situs web individu yang akhirnya memonetisasi atau menerbitkan buku mereka sendiri, Anda tahu!

5. Penerjemah

Oleh karena itu, Anda yang ahli dalam bahasa Arab dan Inggris dapat mengambil kesempatan untuk bekerja sebagai penerjemah lepas atau bergabung dengan jajaran beberapa penerjemah bahasa asing.

6. Penerbit

Bagi Anda yang belajar di pesantren kontemporer menerapkan bahasa Arab dan Inggris, oleh karena itu Anda dapat bekerja sebagai editor di penerbit, majalah, televisi nasional dan media online modern.

7. Presenter/MC

Keterampilan berbicara dan komunikasi di Pondok Pesantren dapat membantu Anda menjadi presenter/MC keagamaan, penyiar, dan orang yang bekerja di dunia hiburan/hajatan.

8. PNS

Anda pasti harus mengikuti rekrutmen yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah dengan memastikan bahwa Anda terus mengajar di jenjang yang lebih tinggi minimal D3 atau S1 sama tergantung pada prosesnya.

9. TNI/Polri

Lulus pesantren saat ini yang memiliki mekanisme MA mengajar atau sama dengan SMA/SMK, sehingga Anda tetap menjadi anggota TNI/Polri selama memenuhi persyaratan lain, misalnya persyaratan fisik, tes prestasi dan lain-lain.

10. Pengusaha/wirausahawan

Para tetua pondok menjadi pebisnis sesuai dengan minat masing-masing, misalnya beternak, bertani, berjualan toko online, dll.

Sebagai wirausahawan, orientasinya inovatif, proaktif dan berani mengambil risiko. Tujuannya agar mendapat untung dan harus belajar menguasai seluk-beluk dunia usaha, misalnya pertanian, perdagangan, desain, menjahit, pemasaran, peternakan, memasak, konveksi dan lain-lain.

Poin ini dapat disusun dengan menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan (enterpreuner) yang dibimbing oleh para profesional dan pakar alumni sukses sebagai motivasi dan disposisi bagi mahasiswa yang akan datang.

Harapannya, ketika mereka memasuki komunitas, mereka sudah memiliki watak dan ide tentang kewirausahaan, sehingga membentuk kepercayaan diri untuk bekerja.

Pentingnya bekerja berdasarkan ayat:

وَقُلِ ٱعْمَلُوا۟ فَسَيَرَى ٱللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُۥ وَٱلْمُؤْمِنُونَ ۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَٰلِمِ ٱلْغَيْبِ وَٱلشَّهَٰدَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya: Dan Katakanlah: Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan. (QS At-Taubah: 105).

Imam Al-Syafii juga menegaskan:

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَ الأَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ

Artinya: Barang siapa menginginkan kebahagian dunia, maka tuntutlah ilmu dan barang siapa yang ingin kebahagian akhirat, tuntutlah ilmu dan barangsiapa yang menginginkan keduanya, tuntutlah ilmu.

Penutup

Nah, siapa bilang mantan santri pesantren itu tidak bisa bekerja nanti? Anda memiliki kesempatan pekerjaan yang tepat untuk lulusan pesantren selama ada kemauan dan mencoba melakukan tugas halal. Semoga tulisan diatas membantu kalian dan bermanfaat ya. Salam Sukses!!

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA