Pelatihan “Global Health True Leaders”

 

 

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia bekerja sama dengan Indonesia One Health University Network (INDOHUN) menyelenggarakan pelatihan bertajuk “Global Health True Leaders” pada tanggal 17-26 Januari 2014 di Sulawesi Selatan.

Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan para pemimpin muda di bidang kesehatan yang diharapkan mampu menghadapi tantangan kesehatan global yang terkait dengan penanggulangan wabah penyakit menular berbasis hewan (zoonosis) seperti SARS dan Avian Influenza di masa depan. Pelatihan ini dihadiri oleh 110 peserta yang terdiridari 81 mahasiswa Indonesia, 9 mahasiswa asing, serta 20 profesional muda di bidang kesehatan dengan berbagai latar belakang. Mahasiswa Indonesia yang mengikuti pelatihan ini merupakan mahasiswa kedokteran, kedokteran hewan, kesehatan masyarakat, farmasi, dan keperawatan dari 18 universitas di seluruh Indonesia, termasuk UI, IPB, UGM, ITB, UNAIR, UNAND, UNIBRAW, UNCEN, UNDIP, UNHAS, UNEJ, UNMUL, USU, UNDANA, UIN Syarif Hidayatullah, UNSYIAH, UNUD, dan UPN Veteran. Adapun mahasiswa asing yang mengikuti kegiatan ini merupakan mahasiswa kedokteran, kedokteran hewan, kesehatan masyarakat, ilmu biomedis, dan pertanian yang berasal dari Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Pelatihan ini menghadirkan 2 pembicara internasional yang berasal dari AS dan Kanada serta pembicara nasional yang berasal dari beberapa universitas di Indonesia. Kegiatan ini didanai oleh United States Agency for International Development (USAID) dan International Development Research Centre (IDRC).

advertisement

Para peserta kegiatan ini menerima materi pelatihan yang mencakup materi kepemimpinan, soft skills, serta tantangan dan manajemen kesehatan global. Acara in-class training diselenggarakan di Aston Makassar Hotel & Convention Center selama tiga hari pertama, dilanjutkan dengan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Pallantikang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa. Khusus untuk peserta yang berasal dari Indonesia, mereka akan menerima tambahan pelatihan kepemimpinan dan pembinaan mental yang diselenggarakan oleh Rindam bekerja sama dengan Kodam VII/Wirabuana. Diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini, para peserta akan mampu mengaplikasikan nilai kepemimpinan sejati (true leaders) untuk bidang kesehatan, melakukan kerja sama lintas sektor, dan menerapkan pendekatan terintegrasi dalam menyelesaikan masalah kesehatan global.

 

Kontak:

Sekretariat INDOHUN

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

Gedung  G, Lantai 1, Ruang G110

advertisement

Depok 16424

HP          : 081295951160/085693961988

e-mail   : nco@indohun.net