Peluncuran Majalah Suara Mahasiswa 30: “Masterplan UI: Pilah-Pilih Proyek Baru”


0

 Peluncuran Majalah Suara Mahasiswa 30: “Masterplan UI: Pilah-Pilih Proyek Baru” 

 

Majalah Suara Mahasiswa merupakan produk utama dari Pers Suara Mahasiswa UI. Majalah terbit setiap semester sekali. Ia sepenuhnya dijalankan dan dikelola oleh mahasiswa yang tergabung dalam awak redaksi dan perusahaan Suara Mahasiswa UI. Majalah selalu berusaha untuk mangangkat isu atau melempar wacana yang dekat dengan civitas UI. Majalah Suara Mahasiswa edisi 30 menyajikan masalah pembangunan dan masterplan UI sebagai laporan utamanya. Sejak tahun 2005, UI sudah mendeklarasikan diri untuk menjadi universitas kelas dunia. Hal ini yang menginisiasi Rektor UI periode 2007-2012 untuk merevisi masterplan UI di tahun 2008.

Masterplan 2008 membawa perubahan konsep untuk menjadikan UI bernuansa modern dan dapat menunjang tujuan UI menjadi universitas kelas dunia. Dalam masterplan ini terdapat 24 bangunan baru yang akan terbagi dalam empat tahap pembangunan. Tahun-tahun berikutnya dimulailah pembangunan-pembangunan tersebut. Tahun 2009, Perpustakaan Pusat menjadi proyek pertama yang dibangun. Periode 2010-2011 dapat dikatakan sebagai tahun tersibuk dalam pembangunan UI. Sebut saja pembangunan Gedung Cultural Art and Center, Renovasi Balairung, Integrated Faculty Club, Fasilkom UI, Vokasi UI, Manufacturing Research Center dan Rumah sakit pendidikan UI. Tahun 2012 dibangun Gedung X FIB dan Gedung Fakultas Ilmu Keperawatan UI. Tahun 2013 dimulai pembangunan Rumah Sakit Pendidikan UI.

Hanya sedikit dari bangunan-bangunan tersebut yang dapat selesai dan langsung digunakan.Pembangunan yang tidak selesai tersebut menimbulkan banyak pertanyaan dikalangan civitas UI. Seolah-olah pembangunan UI tanpa rencana, padahal pembangunan tersebut lengkap terdapat dalam masterplan UI 2008.

Suara Mahasiswa menyadari bahwa selalu ada latar belakang dari setiap peristiwa. Begitu juga dengan pembangunan UI dan masterplan 2008. Kami berusaha mengangkat isu ini lebih dalam. Majalah memulai pembahasannya dari sejarah pencarian kampus baru UI, perencanaan masterplan di awal tahun 80-an, revisi di tahun 1997, juga konsep yang berkembang di awal tahun 2000-an manakala UI menjadi Badan Hukum Milik Negara (BHMN).

Dari hasil liputan kami selama sekitar empat bulan, kami mendapati bahwa status Badan Hukum Milik Negara yang diberikan kepada UI di awal tahun 2000-an berperan dalam pembangunan UI. Status BHMN pada saat itu mengamanatkan UI untuk menjadi enterprising university. Semangat kemandirian ini membuat UI terus mengembangkan konsep pembangunan kampus begitu juga dengan pembangunan fisiknya. Konsep yang berkembang di periode awal BHMN, kemudian diadopsi dalam masterplan 2008.

Tersendatnya pembangunan disebabkan berbagai hal seperti koordinasi antar unit kerja yang tidak jelas sehingga terdapat ketidaksatuan paham dalam pembangunan. Sumber pendanaan  juga menjadi masalah besar, serta tidak patuhnya UI terhadap aturan pengadaan barang dan jasa. Mari bahas lebih lanjut masalah ini dalam Diskusi yang diselenggarakan dalam Peluncuran Majalah Suara mahasiswa akan membahas konsep masterplan 2008, perencanaan pembangunan, eksekusi pembangunan, serta koordinasi antara lembaga yang berwenang dalam proyek-proyek gedung baru UI.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply