Pemenang Kompetisi Disain Batik Khas UI di UI Heart Batik


0

Indonesia sangat terkenal akan keindahan seni budayanya. Seni yang memiliki keindahan visual tentang warna dan motif serta keindahan spiritual yang sangat tinggi yang tertuang pada selembar kain yang dinamakan batik merupakan warisan leluhur yang patut dilestarikan dan di kembangkan saat ini.

UI Heart Batik merupakan suatu kegiatan dimana setiap rangkaian kegiatannya bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap produk budaya kebanggaan Indonesia yang kini berkembang seiring dengan kemajuan jaman.

Adapun rangkaian kegiatan UI Heart Batik meliputi : Hari Batik UI yang tujuannya menghimbau setiap mahasiswa untuk mengenakan batik setiap hari Kamis dan Kompetisi Desain Batik UI yang baru saja di laksanakan bersamaan dengan workshop membatik tanggal 4 Oktober 2010.

Workshop Eco Batik (dengan pewarna alam) di pandu oleh Museum Tekstil Jakarta dan diikuti oleh 50 peserta yang diantaranya peserta umum dan mahasiswa UI. Pada kegiatan ini peserta di ajarkan membatik mulai dari  tahap desain gambar, pelilinan hingga pewarnaan.

Pada Kompetisi desain batik tema yang di angkat yaitu “makara sebagai simbol UI” dimana para peserta akan menuangkan desain mereka kedalam selembar kain yang akan mereka wujudkan menjadi batik. Ditahap penjurian muncul desain-desain terpilih yaitu ada 16 peserta yang lolos pada tahap ini.

Vote dan penjurian Kompetisi Desain Batik dilaksanakan pada tanggal 4-6 Oktober 2010 di selasar gedung VI dan auditorium Gedung IX FIB UI. Adapun dewan juri yang menilai di antaranya yaitu Bapak Handoyo (Balai Besar Kerajinan Batik Yogyakarta), Ibu Hartati Adiarsa (Museum Tekstil Jakarta), dan Ibu Irmayanti (Fakultas Ilmu Budaya UI). Juara Kompetisi Desain Batik yaitu:

  • Juara 1: Ditta Irma Arimurti (FKM)
  • Juara 2: Achmad Salimin (FT)
  • Juara 3: Nugroho (FMIPA)
  • Juara Harapan 1: Danar Hindriyanti (Vokasi)
  • Juara Harapan 2: Nasrul Fatah (FT)
  • Juara Harapan 3: Fajar Nuansa (FISIP)
  • Desain Favorit: Fajar Nuansa (FISIP)

Desain yang terpilih akan di ajukan ke pihak rektorat untuk menjadi desain khas UI. Diharapkan dengan terpilihnya Juara desain batik UI, nama-nama yang di sebutkan diatas mampu untuk menjadi Duta Batik Universitas Indonesia.

Adapun kegiatan UI Heart Batik ini terlaksana atas dukungan dari BEM UI, Departemen Arkeologi, Museum Tekstil Jakarta, Balai Besar Kerajinan Batik Yogyakarta, Wastrapremas. Semoga kegiatan ini dapat berlanjut serta bermanfaat bagi generasi muda yang peduli akan kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

3 Comments

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals