Sebelum memilih jurusan untuk berkuliah, sudah sepatutnya kita menelusuri dalam-dalam dulu jurusan yang kita pertimbangkan nanti. Karena, jurusan yang akan kita tempuh nanti merupakan jalan yang akan menentukan karir kita saat lulus nanti, loh. Makanya, kita harus tahu apa saja yang akan dipelajari dari jurusan tersebut, mata kuliahnya, peminatannya, serta prospek kerjanya.

Nah untuk kalian yang sudah membidik jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia untuk jadi pilihan utama di UTBK nanti, kalian perlu tahu serba-serbi Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia yang spesial dan berbeda dengan Ilmu Komunikasi di universitas lainnya, nih. Ilmu Komunikasi UI memang terdiri dari satu jurusan besar, namun di dalamnya terdapat peminatan-peminatan yang akan mahasiswa pilih ketika memasuki semester empat atau tahun kedua. Yuk, simak keempat peminatan yang ada di Ilmu Komunikasi UI!

1. Hubungan Masyarakat (Public Relations)

Menjadi juru bicara merupakan salah satu tugas seorang humas. (Sumber: hubspot blog)

Belajar tentang apa sih di Komunikasi Hubungan Masyarakat?

Peminatan Hubungan Masyarakat atau Public Relations (PR) merupakan salah satu peminatan yang diincar oleh calon mahasiswa yang mendaftar ke jurusan Ilmu Komunikasi UI. Wajar aja, karena pekerjaan sebagai Humas adalah pekerjaan yang menuntut kita untuk jago ngomong dan kebanyakan calon mahasiswa yang mendaftar Ilmu Komunikasi UI pasti ingin hobi ngomongnya tersalurkan dengan baik. Kalau kalian suka ngomong, mungkin kalian bisa mempertimbangkan peminatan Hubungan Masyarakat untuk karirmu nanti.

advertisement

Tapi sebenarnya, Hubungan Masyarakat itu belajar tentang apa sih? Jadi, di humas kalian akan belajar untuk membangun dan memelihara citra organisasi atau perusahaan di tengah masyarakat. Selain itu, kalian juga akan mempelajari cara mengelola hubungan komunikasi perusahaan baik dalam sesama karyawan (internal) atau dengan perusahaan lain dan masyarakat (eksternal). Makanya, skill berorganisasi, supel, serta public speaking dibutuhkan banget disini, guys.

Matakuliah dan prospek kerjanya apa, sih?

Di peminatan humas, kalian akan menemui matakuliah terkait kehumasan seperti Hubungan Internal, Kepemimpinan dan Pengembangan Kelompok, Etika Humas, dan sebagainya. Selain kuliah di kelas, peminatan humas juga gak jarang mengadakan kuliah-kuliah dengan metode company visit atau berkunjung ke perusahaan-perusahaan, loh. Ilmu-ilmu ini nantinya bisa kamu manfaatkan untuk bekerja sebagai staf humas di perusahaan atau kantor konsultan humas, lembaga pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat (LSM) atau perusahaan swasta, guys.

2. Periklanan (Advertising)

Periklanan gak jauh dari mengatur strategi kreatif iklan. (Sumber: Marketing Donut)

Belajar apa aja sih di Komunikasi Periklanan?

Peminatan periklanan adalah peminatan yang dari tahun ke tahun selalu digandrungi oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi UI, alias peminatnya paling banyak. Namun, kalian yang ingin masuk ke peminatan periklanan harus siap menggunakan kreativitas yang tinggi untuk menarik konsumen dengan berbagai ide-ide kreatif.

advertisement

Periklanan atau advertising sendiri, seperti namanya, mempelajari cara membuat iklan. Eits, tapi gak sembarang iklan, loh. Iklan yang dibuat harus menyelesaikan masalah yang dihadapi klien dengan strategi kreatif periklanan. Makanya, di sini kalian akan belajar juga mengenai produksi iklan cetak dan elektronik, dasar-dasar desain visual, serta cara menganalisis konsumen atau khalayak untuk memberikan iklan yang menarik dan tepat sasaran.

Matakuliah dan prospek kerjanya apa, sih?

Untuk kalian yang ingin bekerja di bidang kreatif seperti agensi periklanan, content creator atau manajer pemasaran digital, jurusan ini adalah jawabannya. Karena, di peminatan periklanan kalian akan sering diajak untuk berpikir kreatif, memecahkan masalah, dan mendesain. Disini, kalian akan belajar matakuliah yang dapat mengolah kreativitas kalian seperti Analisis Konsumen, Desain Kreatif Periklanan, Copywriting dan sebagainya.

3. Jurnalisme (Journalism)

Siapkan tenaga untuk sering turun lapangan mencari berita, ya. (Sumber: Lokadata.ID)

Belajar apa aja sih di Komunikasi Jurnalisme?

Untuk kalian yang membidik Ilmu Komunikasi karena ingin jadi reporter, wartawan, fotografer dan sebagainya, maka kalian harus masuk peminatan jurnalisme! Seperti namanya, peminatan jurnalisme akan mengenalkan kalian ke dunia media pers dan sekelilingnya.

advertisement

Peminatan jurnalisme mengajak mahasiswanya untuk mencari, mengolah, serta menyebarluaskan berita-berita melalui media massa seperti media cetak, televisi maupun media online. Kalian yang suka tantangan akan betah banget di peminatan ini, karena disini kalian dituntut untuk berpikir kritis dalam mencari dan mengolah berita serta harus bekerja cepat dan jujur untuk menghasilkan informasi sesegera mungkin dan berpihak pada khalayak. Kalian juga akan belajar mengenai karakteristik media massa, belajar melakukan riset dan mengolah data, serta penulisan berita dan proses produksi televisi di laboratorium audiovisual komunikasi UI, loh!

Matakuliah dan prospek kerjanya apa, sih?

Beberapa matakuliah yang akan kalian temui di jurnalisme adalah Jurnalisme Data, Jurnalisme Video, Jurnalisme Foto, dan Jurnalisme Audio. Kalian juga akan sering diajak untuk turun lapangan dan mencari berita-berita dan melatih diri sebelum masuk dunia kerja. Selain bekerja sebagai reporter media cetak, radio, televisi, maupun media online, lulusan jurnalisme juga bisa bekerja sebagai editor, penulis artikel, dan di lembaga pemerintahan seperti Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) guys.

4.     Kajian Media (Media Studies)

Peminatan Kajian Media akan melatihmu dalam berpikir kritis dan menganalisa media. (Sumber: commdept fisip)

Belajar apa aja sih di Komunikasi Kajian Media?

Nah, kalau yang ini merupakan peminatan yang spesial karena hanya ada sedikit di Indonesia. Sejauh ini, peminatan ini hanya ada dua di Indonesia yaitu di Universitas Indonesia dan Universitas Paramadina, loh. Kajian media atau kamed ini cocok banget untuk kalian yang suka membaca, menulis, berpikir, dan penasaran akan segala hal!

advertisement

Kalau peminatan humas, iklan dan jurnal belajar mengenai media-media tertentu dan bagaimana menyampaikan pesan melalui media tersebut, di kamed kalian akan belajar mengenai cara kerja media tersebut mulai dari produksinya, latar belakangnya dan sebagainya. Pertanyaan seperti apa itu media massa, bagaimana media massa dapat berpengaruh terhadap perkembangan dan pola pikir masyarakat dan sebagainya akan dijawab disini. Makanya, kajian media bakal nggak jauh-jauh dari teori-teori tokoh-tokoh komunikasi. Kalian juga akan diajak untuk banyak menulis dan membaca jurnal-jurnal, yang secara nggak langsung juga akan membantu kalian dalam berpikir kritis. Dan ilmu yang kalian dapat ini bukan hanya diterapkan di kampus saja loh, namun bisa juga diterapkan di kehidupan sehari-hari ketika kita menerima berita dari suatu media.

Matakuliah dan prospek kerjanya apa aja, sih?

Kemampuan menganalisis media dan berpikir kritis kalian akan diasah melalui matakuliah yang akan diterima selama belajar di peminatan kamed, seperti Etika, Kebijakan dan Regulasi Media, Media dan Kajian Budaya, Kajian dan Dampak Media, dan sebagainya. Lulusan kajian media juga nggak hanya sebatas menjadi akademisi, loh. Beberapa lapangan kerja untuk peminatan kajian media misalnya peneliti serta analisis media di bidang komunikasi dan media.

***

Nah itu dia peminatan-peminatan di Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia, apa yang dipelajari serta prospek kerjanya. Gimana, sudah sedikit tercerahkan nggak? Yang penting, semangat dulu ya untuk mempersiapkan UTBK supaya bisa diterima di jurusan impian!

Sumber Gedung Departemen Ilmu Komunikasi. (Sumber: PSDK UI)