Pencak Silat Asli Indonesia


0

Saya bangga sebagai Warga Negara Indonesia karena negara ini memiliki banyak kebudayaan yang kaya dan sangat inspiratif. Salah satunya adalah kebudayaan teknik bela diri Pencak Silat yang menjadi teknik beladiri khas Indonesia.

Menurut Wikipedia. Pencak Silat diperkirakan menyebar di kepulauan nusantara semenjak abad ke-7 masehi, akan tetapi asal mulanya belum dapat dipastikan. Meskipun demikian, silat saat ini telah diakui sebagai budaya suku Melayu dalam pengertian yang luas, yaitu para penduduk daerah pesisir pulau Sumatera dan Semenanjung Malaka. Tapi saya tidak setuju dengan Wikipedia. Karena menurut guru besar Merpati Putih saya sewaktu SMA, dituturkannya kepada saya bahwa Pencak Silat itu berasal  dari MInangkabau dengan nama aliran Pencak Silat Tuo. Jadi , Pencak Silat itu berasal dari negeri ini, kita harus bangga karena Pencak Silat, karena ini adalah warisan asli Indonesia yang menyebar luas di Asia tenggara.

Tidak menutup kemungkinan Pencak Silat ini bisa di Claim oleh negara tetangga, karena Pencak Silat ini banyak terdapat di Malaysia, Thailand dan Filipina. Dan Indonesia belum mematenkan jenis kebudayaan ini. Karena memang di Indonesia Pencak Silat masih kalah populer dibandingkan dengan Taekwondo dan Karate.  Sungguh amat disayangkan sekali.

Di Indonesia Pencak Silat berkembang menjadi banyak aliran. Salah satunya di Kampus kita ini ada terdapat satu jenis aliran Pencak Silat yaitu Merpati Putih. Aliran ini cukup unik. Karena aliran ini tidak berkonsentrasi pada teknik beladiri saja, namun meliputi teknik penyembuhan, tenaga dalam dan getaran.

Terlepas dari perkenalan singkat tentang Pencak Silat. Saya ingin mengajak teman teman ke inti permasalahan kenapa saya membuat tulisan seperti ini.

Di Indonesia banyak sekali budaya seni bela diri asing yang berkembang di tanah air. Sebagai contoh Taekwondo, Karate, Kung Fu, Wushu, Taichi, Kendo, Judo, dll. Banyak pilihan untuk kita dalam memilih seni bela diri. Namun kita sering kali lupa dengan Pencak Silat. Pencak Silat seringkali kalah populer di beberapa daerah oleh bela diri jenis lain. Padahal dibalik dari pencak silat banyak ilmu yang lebih bermanfaat dibanding jenis bela diri lain.

Seperti di Kampus kita ini. Merpati Putih masih kalah peminatnya dengan bela diri impor. Apa mungkin Pencak Silat kurang menarik bagi Mahasiswa UI? atau bela diri lain lebih keren karena keseharian kita yang seringkali disuguhi dengan tayangan tayangan TV aksi bela diri asing?

Saya sangat iri terhadap Cina selaku pemilik seni Bela Diri Kung Fu. Dimana rakyatnya sangat mencintai kebudayaan tersebut dan sangat dijunjung tinggi bahkan setiap film laga di China sering disisipi aksi Kung Fu. Berapa kali kita menemui Film bertema Kung Fu seperti Kung Fu Hustle, Fearless, Crouching Tiger Hidden Dragon, Bahkan hingga Film animasi yang berjudul Kung Fu Panda buatan Amerika. Akibatnya seluruh dunia itu tahu dan kagum terhadap seni bela diri Kung Fu dari cina.

Everybody was kung-fu fighting
Those cats were fast as lightning
In fact it was a little bit frightning
But they fought with expert timing

Andai saja Pencak Silat bisa sama seperti Kung Fu, sedih sekali rasanya karena saya kerap kali melihat di Sekolah sekolah dasar, SMP dan SMA seni bela diri yang paling diminati bukan seni bela diri dari negeri sendiri.

Saya berharap kita semua lebih mencintai seni dan budaya dar negeri sendiri, kita mulai dari hal hal kecil saja. Seperti dalam memilih seni bela diri dari dalam negeri. Jangan sampai kita merasa memiliki ketika kita kehilangan. Seperti Batik, Penjualan kemeja dan baju batik meningkat drastis semenjak di Klaim oleh negara tetangga. Begitu pula dengan tari pendet yang saat ini gencar dipertontonkan di mana mana karena ada hal tersebut. Semoga hal ini tidak terjadi dengan Pencak Silat.

Terimakasih. semoga bermanfaat 🙂


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
ridwanhr

Mahasiswa UI. Menurut lo? :p

19 Comments

Leave a Reply

  1. Iye sejarahnya pencak silat sebenarnya, berkembang di daerah Minangkabau,
    Silat Tuo itu diturunkan dari 4 aliran silat dari 4 pendekar Minang..abad 10-11 M, yang berjuluk
    1. Anjing Mualim (belajar di Asia Barat)
    2. Harimau Campa (silat Harimau) jurus , film merantau …belajar di Campa
    3. Kambing Hutan…belajar di Kamboja
    4.Kucing Siam (siam)..belajar di siam

    4 Dasar Ilmu Beladiri ini belum dapat dikatakan silat… Namun pada abad 11..dikembangkan dan disatukan oleh seorang Bangsawan Minang menjadi silat…jadinya silat benar-benar hasil kreasi Indonesia… Bukan Mental Template (Copy Paste)..tapi menjadi kreasi yang jauh luar biasa dari sebelumnya..
    Untuk mempopulerkan pencak silat, maka disetiap tarian Minang disisipkan jurus-jurus dengan maksud agar…kelestarian silat tetap terjaga, hingga kini kita dapat melihat tarian minang yang khas sekali dengan gerakan-gerakan silat.

    4 Julukan nama pendekar MInang ini diberikan sesuai dengan daerah mana ia menuntut ilmu beladiri… jadi sebetulnya dari namanya Campa dan Siam, kita bisa tau dasar silat juga berasal dari Indocina, namun oleh masyarakat Minangkabau dikembangkan dan dikreasikan menjadi pencak silat dasar yang kemudian berkembang dibanyak wilayah Nusantara.

    silat ini bermula 4 langkah… Lama kelamaan di kembangkan menjadi 7 langkah dan mulailah ditambahkan kata “Pencak”

    Tradisi Minang, yang disebut merantau, dimana seorang laki2 dianggap menjadi seorang pria sejati apabila telah melakukan ujian yang berat dengan melakukan perantauan…sebelum berangkat merantau pasti diadakan tes kesiapan pencak silat, “jadinya pada waktu dahulu kalo sudah merantau pasti bisa silat”,” Tapi selalu di Ingatkan dengan pepatah dimana Bumi di Pijak di situ langkit dijunjung…suatu amanah yang harus dipegang para perantau agar selalu rendah hati dan bermanfaat” Pola perantauan yang harus ke pulau sebrang, merupakan salah satu faktor penyebaran silat baik di Semenanjung Malaya (sekarang Malaysia) maupun silat-silat lainya di Nusantara,
    Pencak Silat adalah warisan Indonesia, yang harus Kita lestarikan.
    Tontonya Film Pencak Silat “Merantau” keren.. Abiez…
    semoga Infonya Bermanfaat

  2. dari sejauh pengetahuan gw waktu masih di IPSI, pencak silat itu sangat asli dan berasal dari negeri ini, bukan diadopsi dari negara2 manapun.
    sekian..

  3. Pertama, budaya itu cair sesuai dengan pergerakan para pelakunya. Kekuasaan Majapahit dan Sriwijaya di masa lalu tidak terbatas oleh geografi Republik Indonesia modern. Jadi jangan sekali-kali benturkan antara klaim budaya dengan nasionalisme.

    Kedua, silat atau pencak adalah memang asli Indonesia tetapi juga tak bisa dipungkiri, bahwa dengan strategisnya posisi Indonesia, dalam perkembangan, silat juga dipengaruhi oleh kungfu dan beladiri-beladiri lain. Jadi tak perlu emosi kalau sudah main klaim siapa mempengaruhi siapa.

    Ketiga, belajar dari kasus Muay (Thailand versus Kamboja). Walau itu budaya Khmer atau tepatnya Indo-China, tetapi dengan promosi dan perbaikan pada aturan-aturannya, Thailand berhasil menggabungkan namanya dengan beladiri Muay. Kamboja yang sempat protes, sekarang tak terlalu terdengar. Yang terdengar malah Burma alias Myanmar yang rajin bertanding secara ilegal di perbatasannya dengan Thailand.

    Keempat, Silat pun ternyata juga mempengaruhi beladiri lain, seperti yang terjadi di Thailand Selatan yang dahulu bekas kekuasaan Sriwijaya. Coba saja cari Muay Chaiya. Chaiya, ada yang mengatakan berasal dari kata Cahaya tetapi ada juga yang mengatakan berasal dari nama ‘Sri Wichaiya’ (Sri Wijaya).

    Kelima, jangan terlalu yakin silat hanya berasal dari satu daerah tertentu apalagi bila hanya mengandalkan legenda seperti tambo. Setiap daerah punya perbedaannya sendiri-sendiri. Silat Minang dan Jawa punya perbedaannya. Pesisir dan Desa punya perbedaannya. Sunda, Jawa, Bali, masing-masing punya perbedaannya. Ada saling mempengaruhi karena pergerakan penduduknya tetapi bukan berarti silat yang satu pasti berasal dari yang satu. Kata Pak O’ong Maryono di salah satu catatan facebook-ku, ada sekitar 280 aliran silat di Indonesia.

    Keenam, silat juga memiliki versi olahraga dan tradisional. Saat ini, keduanya terancam punah. Silat olahraga, mengalami penurunan kualitas, kalah dari Vietnam berkali-kali walaupun di Asian Martial Art Games di Thailand kemarin, Indonesia mendapatkan medali lebih banyak dari Vietnam. Silat Tradisional, karena banyak yang tidak menyadari betapa berharganya.

    Silek Harimau yang di film “Merantau’ adalah salah satu silat tradisional. Selain itu masih ada Silek Tuo, Cingkrik, Cikalong, Sahbandar, Gerak Rasa, dan lain-lain.

    Ketujuh, hati-hati, bukan hanya Malaysia dan Filipina yang mengklaim (Filipina lewat muridnya Bruce Lee, Dan Inosanto) tetapi juga Thailand. Bahkan Tony Jaa pun belajar silat. Dia memperagakannya di Asian Martial Art Games di Thailand. Juga beberapa kali diundang oleh Pelatnasnya Thailand.

    Kedelapan, definisi pencak dan silat berbeda-beda tergantung di daerah mana dan menurut tokoh siapa. Di Indonesia, keduanya disatukan menjadi istilah “Pencak Silat” agar tidak ada yang terlupakan.

    Thx, buat Ridwan yang mencoba menyalakan api di anakui.com. 😀

  4. Mungkin hal ini yang saya tahu berdasarkan cerita…. (Tambo Minang) dari situs di Internet.yang memang sangat sulit untuk dibuktikan (karena sulit memisahkan mana fakta dan mana legenda)……perkembangan silat pun ada yang bilang sebelum masehi. abad 7 ada yang bilang abad 10…
    Belum ada kesimpulan yang pasti bahwa pencak silat benar-benar asli nusantara dan dari awalnya tidak ada pengaruh dari wilayah mananpun di dunia ini.

    Tetapi gerak-gerakan silat yang pada umumnya berasal dari gerakan binatang / (terutama hewan-hewan yang hanya ada di daerah tropis , Asia Tenggara… seperti (Harimau (silat harimau), monyet (silat cingkrik), ular, bangau ) dan lain-lain

    Kemungkinan besar silat benar-benar berasal dari Nusantara……dan Nusantara itu cikal bakalnya silat dapat kita katakan berada di wilayah Indonesia saat ini…

    Mungkin Perdebatan tentang Asli atau silat mengadopsi dari bela diri dari wilayah yang sekarang bukan Indonesia bukanlah sesuatu yang kita dapat katakan dua-duanya benar, kedua hal itu harus di buktikan benar atau tidaknya..berdasarkan literatur (bukti tertulis), toponimi (penamaan suatu wilayah ) dan lain-lain…

    Namun apabila dunia Internasional, mengatakan silat asli Indonesia, itu benar, karena Pencak silat hanya ada di Indonesia…dan kreasi bangsa Indonesia

    seperti halnya karete, taekwondo dan agama Budha Zen di Jepang, yang sebenarnya mengadopsi dan mengkreasikanya dari bela diri yang berkembang di cina Daratan (apakah mungkin itu kungfu ?) dan Agama Budha India, di Adopsi dan dan dikreasikan di Cina, Agama Budha Cina di Adopsi dan dikreasikan di Jepang jadilah agama Budha Zen.

    Mungkin penjelasan saya kurang benar…mungkin
    bila ada teman-teman yang tau tentang penelitian pencak silat sebagai khasanah warisan Indonesia..dapat disampaikan dalam tulisan ini agar mendapat kesimpulan yang baik.

    wasalam

  5. wahhh semangat buat y,,,buat merpati putih….sama-sama nak silat….yooo go internasional…tunjukan silat itu asli dari indonesia….silat juga diminati oleh berbagai negara….ada pertandingan porda bentar lagi….dan berlanjut hingga ke tingkat dunia untuk musim pertandingan skrg ini…kata guru gw sih…semangat kibarkan MERAH PUTIH diatas bendera negara lainnya….^^

  6. Hahahaha saya ketawa baca ini. wah ini forum narsisnya pencak silat. yang saya tahunya sih bukan asli indonesia. ini mengalami modifikasi dari bela diri luar negeri.

  7. waktu lihat cuplikan adegan film merantau di TV wow keren….setelah lihat di bioskop ternyata jelek. kaku…yang saya sedih, gak kelihatan gerakan pencak silatnya.. gerakannya film ONG BAK thailand.dan film luar negeri lain.. sebelum tarung kok gak kelihatan pencak silatnya? pencak silat biasanya khan kelihatan tariannya, tangannya mengayun2,muter2 dulu sebelum duel….. gerakan pencak silatnya cuma ada di awal film aja waktu sebelum pergi merantau. waktu di jakarta gak ada. gerakan pencak silatnya, semuanya mirip gerakan bela diri lain…..jah kecewa banget lihat film ini… aku pingin nonton film murni gerakan pencak silat (tangannya gerak2 dulu, muter2) bukan beladiri lain.

  8. Saya sudah nonton film “merantau”. bagus juga paling tidak membangkitkan gairah “dunia persilatan” yang sedang lesu darah saat ini. saya juga setuju bahwa sulit kita untuk memastikan dari mana asal muasal silat sesungguhnya. sebagai contoh : di Bengkulu ada Silat Sterlat Aceh yang menurut sejarahnya dibawa orang dari Aceh ke Bengkulu pada tahun 1800-an sementara kita tahu Aceh sejak dulu (kerajaan samudra pasai) adalah komunitas masyarakat yang sudah berinteraksi dengan banyak suku bangsa didunia.

    perdebatan tentang asal muasal silat saya kira tidak penting. yang menjadi penting adalah bagaimana kita (tentu didukung pemerintah) memasyarakatkan silat diseluruh segi kehidupan masyarakat (kampus, sekolah, perusahaan, kantor-kantor pemerintah, ormas, LSM, organisasi keagamaan) sehingga akan muncul pesilat-pesilat yang mumpuni dan dapat menjuarai event-event silat internasional. dengan demikian secara otomatis kita menjadi kiblat bagi dunia persilatan internasional.

    salam

  9. hayyo dunk, pihak yg pintar buat film, sajikan kami film murni dengan tarian silatnya.. seperti midun sengsara membawa nikmat.

    walaupun seperti menari tapi tidak memperlihatkan kekakuannya.. biar enak dilihat.

  10. salam …kebetulan saya sedang mencari referensi tentang pencak silat untuk menambah pengetahuan saya guna literatur karya tari saya dengan title SILAT THE SPIRIT OF INDONESIA untuk opening kejuaraan Pencak Silat dalam waktu dekat ini, saya rasa ulasan ini sangat menarik terlepas dari perdebatan temen-temen tentang dari mana pencak silat itu muncul, budaya kita budaya lisan JARE MBAHE(biasa orang jawa bercerita tentang sesuatu yang mereka sendiri masih meraba-raba kebenarannya) hal itu menjadi kelemahan (untuk menemukan bukti otentik) dan kelebihan kita (kaya akan tafsir,cerita,mitos,dan legenda), menurut saya semua ulasan temen-temen BENAR SEMUA tentunya menjadi tanggung jawab kita bersama untuk membuat warisan budaya ini selalu hidup dan berkembang..salam

  11. semua sialt jga bagus termasuk cimande salh satu induk penck silat yang pecahan nya bnyk sampi saat ini heeeee mantap gan i love silat

  12. Salam…Mohon maaf sebelumnya….terus terang saya kurang sependapat seandainya silat dikatakan berasal dari minangkabau….setahu saya yg belajar dan jg mempelajari sejarah silat tradisional suku melayu, silat sudah ada sejak zaman kerajaan sriwijaya yg telah ada lebih dahulu jauh sebelum adanya kerajaan minangkabau. Oleh karena itu boleh dilihat bahwa disetiap pesisir di bumi nusantara ini yg bersuku melayu antara lain : pesisir sumatera, kalimantan, sulawesi termasuk nusa tenggara barat dan betawi memiliki seni beladiri silat. Dinamakan Silat Tuo di minangkabau diperkirakan itu memang aliran silat yg tertua di minangkabau, jd bukan silat tuo minangkabau adalah asal usul silat di bumi nusantara ini. silat tuo hanya sebatas aliran silat yg tertua di minangkabau saja…terima kasih…

  13. Mohon ma’af ya sebelumnya , kalau menurut pendapat saya , sebelum sriwijaya peradaban minangkabau itu sudah exist . jauh berapa abad sebelumnya sudah ada sebelum masuk tahun Masehi . sedangkan kerajaan sriwijaya itu pada abad ke -7 .

    Salam,

  14. Berdasarkan peninggalan arkeologi, kerajaan tertua adalah Kutai dan Tarumanegara (sekitar abad 3 M) tetapi bukan berarti tidak ada kerajaan sebelum itu.

    Menurut Ramayana (versi asli, versi Walmiki), di kepulauan nusantara (disebut ‘Java’) sudah ada 7 kerajaan padahal Ramayana itu sekitar 4 abad SM. Catatan di kitab-kitab Yahudi juga menunjukkan ada kerajaan Ophir.

    @Abdul:
    Merantau tidak menampilkan Muay Boran-nya film Ong Bak. Yang ditampilkan di Merantau memang murni silat.

    Silat tidak hanya kembangan. Coba belajar Beksi atau Cingkrik. Tidak pakai kembangan mereka.

  15. Saya juga prihatin melihat bhwa di acara tv kita baik sinetron atau film yg berkenaan dgn laga sll menonjol kan gerak kungfu atau sejenisya kenapa tdk pakai silat sekaligus melestarikan milik kita sendiri seperti film sipitung atau yg di bintangi oleh wd mukhtar bukan main indah dn cantik gerak silat kita .

  16. Agar Pencak Silat dikenal masyarakat luas, kegiatan Pencak Silat harus diperbanyak seperti Seminar Pencak Silat dalam prespektif Sejarah dan Budaya yang diadakan ini dan agar tetap lestari Wajibkan latihan Pencak Silat dari mulai SD sampai Perguruan Tinggi bukan hanya sekedar Ekstra Kurikuler.