Pengunjung Pameran Menari bersama Robot UI di PIMNAS XXIII


0

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS XXIII) tahun ini diselenggarakan di Universitas Mahasaraswati, Denpasar, Bali pada 14-24 Juli 2010.  Acara tahunan yang diselenggarakan oleh DIKTI ini adalah kompetisi ilmiah bagi mahasiswa seluruh Indonesia, dengan peserta mencapai 2500 orang.  Puncak kegiatan PIMNAS adalah minggu lomba PKM yang berlangsung selama 4 hari,  dari 21 Juli sampai closing ceremony dan pengumuman pemenang pada 24 Juli. Opening ceremony lomba PKM, poster PKM, dan pameran non-PKM ini secara resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan Republik Indonesia, Muhammad Nuh, Wakil Gubernur Bali, serta rector Universitasn Mahasaraswati. Tidak kalah meriah dari opening ceremony, closing ceremony dan pengumuman juara berlangsung di Arts Center Denpasar.

Kompetisi PIMNAS dimulai dengan Opening Ceremony yang berlangsung di GOR Denpasar  pada dari pukul 10.30 WITA sampai pukul 12.00 WITA. Acara berlangsung dengan meriah dengan pemecahan rektor MURI penari pendet terbanyak, sebanyak 1650 orang, yang terdiri dari anak didik yayasan Mahasaraswati, dari TK hingga Universitas.

Kompetisi PKM Berlangsung selama 2 hari, di mana Universitas Indonesia berhasil mengirimkan 6 tim PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), yakni  1 tim PKM-P (Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian), 3 tim PKM-GT (Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis),  1 tim PKM-K (Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan), dan 1 tim PKM-T (Program Kreativitas Mahasiswa Teknologi).  Kontingen UI yang berangkat untuk berkompetisi di PIMNAS total berjumlah 40 orang yang terdiri dari mahasiswa lomba PKM, pameran non-PKM, panitia persiapan PIMNAS serta mahalum dari seluruh fakultas di UI.

Universitas Indonesia berhasil meraih 1 medali perak atas nama Didit Kuncorojati dari PKM-P dengan judul penelitian “Sintesis komposit TIO2-Zeolit Alam-Karbon Aktif untuk Disinfeksi E. Coli dan Oksidasi Fenol serta Reduksi Cr(VI) pada Penyediaan Air Minum”, serta  1 perunggu untuk kategori poster dan pameran hasil PKM yakni PKM-P dengan judul yang.  1 Perunggu untuk pameran non-PKM dengan karya roket (FMIPA), robotica atas nama Hardiansyah, Kapal Poseidon “hdyro model” atas nama Rudy Wisastra, serta pemenang peserta favorit kategori  PKM-K  dengan ketua kelompok Alfira Fitrarnada dengan karya berjudul “Baticube: batik motifikasi sebagai refleksi inovasi batik Indonesia“, Juara 1 dan 2 lomba English speech contest atas nama Arya dan Rialucky, serta juara harapan 1 lomba pidato bahasa Jepang.

Stand pameran UI adalah salah satu stand yang paling ramai dikunjungi pengunjung dan peserta PIMNAS. Atraksi hydro model dan robot adalah salah satu yang paling menarik perhatian pengunjung pameran. Opening ceremony berlangsung dengan meriah dengan hiburan tari pergaulan Bali diiringi gamelan Bali. Universitas Brawijaya harus rela menyerahkan piala bergilir Adikarta Kertawidya kepada Universitas Gajah Mada sebagai juara umum PIMNAS 2010.

Olimpiade Ilmiah Mahasiswa Universitas Indonesia (OIM UI) adalah kegiatan ilmiah yang mewadahi serta mengembangkan potensi mahasiswa Universitas Indonesia, yang tujuan besarnya adalah PIMNAS. Melalui kegiatan berupa kompetisi karya ilmiah tersebut, mahasiswa UI, sebagai pemuda Indonesia, dapat terpacu untuk berkompetisi guna menghasilkan karya terbaiknya.

OIM UI juga akan dijadikan ajang untuk menyosialisasikan serta menyelenggarakan kompetensi seperti mini-PIMNAS di Universitas Indonesia. Selain itu, OIM akan memfasilitasi pengiriman karya tulis PKM ke DIKTI untuk mengikuti seleksi pendanaan, yang merupakan salah satu tahapan menuju PIMNAS. Tujuan akhirnya adalah adanya peningkatan partisipasi mahasiswa UI untuk menjadi peserta dalam PIMNAS.

Dengan diadakannya OIM UI diharapkan mahasiswa UI  menjadikan menulis sebagai budaya laten. Mari persiapkan diri untuk berkarya. Semakin banyak karya yang dihasilkan untuk dikirim ke DIKTI, maka semakin besar kemungkinan UI menjadi juara umum PIMNAS XXIV nanti. Ayo, kita rebut gelar juara umum PIMNAS tahun depan!

Naimah Lutfi

Project Officer OIM UI 2010


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

2 Comments

Leave a Reply