Jangan Salah ! Ini Perbedaan Anime Dan Kartun

anakui.com – Perbedaan Anime Dan Kartun , Dunia animasi sangat luas dan beragam, dengan banyak gaya, teknik, dan tema. Ada banyak cara untuk mengkategorikan film animasi ke dalam genre yang berbeda, tetapi dua genre yang paling populer adalah kartun dan anime.

pada artikel kali ini kita akan membahas tentang perbedaan antara kedua ini , yaitu anime dan kartun . langsung saja dibawah ini inti isi dari pembahasan .

Berikut Perbedaan Anime Dan Kartun

perbedaan anime dan kartun

Apa itu Animasi ?

Anime adalah bentuk film animasi Jepang yang mencakup animasi buatan tangan atau komputer. Istilah “anime” berasal dari bahasa Jepang 漫画 manga (dari 漫る mangaru atau “melakukan sesuatu tanpa berpikir”) dan sering digunakan sebagai singkatan dari “anime”.

Anime dimulai di Jepang selama Perang Dunia II sebagai film propaganda yang dimaksudkan untuk menginspirasi warga melalui masa-masa sulit.

Setelah perang, komik manga menjadi populer di seluruh Jepang dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia melalui ekspor seperti acara TV, video game, dan mainan.

Anime telah berkembang selama bertahun-tahun dan sekarang mencakup banyak genre yang berbeda.
Beberapa contohnya adalah:

  • Anime Shōjo (Little Girl) – Cerita ini biasanya tentang karakter wanita muda yang mengalami semacam pertumbuhan emosional di sepanjang cerita.
  • Anime Shōnen (Little Boy) – Kisah-kisah ini biasanya tentang karakter laki-laki yang mengalami semacam pertumbuhan emosional selama cerita.
  • Anime Seinen (Pria Dewasa) – Cerita ini biasanya berfokus pada karakter pria yang telah mengalami semacam pertumbuhan atau kedewasaan emosional dan sekarang menghadapi tantangan baru dalam hidup mereka.

Perbedaan Anime Dan Kartun , Genre anime berfokus pada penceritaan dan visual. Elemen cerita seringkali rumit, dan karakternya ditata dengan fitur fisik dan kepribadian yang berlebihan.

Gaya visual dicirikan oleh warna-warna cerah, bayangan yang dalam, dan garis-garis yang detail.

Apa itu kartun ?

Kata kartun berasal dari kata Italia cartone, yang berarti “kardus”. Ini mengacu pada gambar yang digambar dengan tinta atau pensil di atas kertas dan telah dikenal selama lebih dari 200 tahun.

Kartun pertama diterbitkan di Eropa pada tahun 1798. Kartun itu menampilkan seorang wanita sedang membaca koran sementara suaminya duduk di sebelahnya membaca korannya.

Perbedaan Anime Dan Kartun , Kartunis ingin menunjukkan betapa berbedanya pria dan wanita, jadi dia menggambar seorang wanita yang lebih tertarik pada apa yang dia baca daripada apa yang terjadi di sekitarnya.

Pada hari-hari ketika surat kabar dicetak di atas kertas yang terbuat dari pulp (koran), kartunis menggambar karikatur orang atau peristiwa terkenal.

Kartun digunakan untuk mengolok-olok figur publik yang melakukan kesalahan atau kebodohan. Praktek ini menjadi sangat populer setelah Perang Dunia II ketika jumlah surat kabar harian meningkat di Amerika Serikat.

Saat ini, komik didefinisikan sebagai bentuk seni visual yang menggunakan rangkaian gambar untuk menggambarkan peristiwa dengan cara yang lucu.

Perbedaan Anime Dan Kartun , kartun biasanya ditujukan untuk anak-anak, tetapi dalam beberapa kasus mungkin ditujukan untuk penonton dewasa. Kartun sering menggunakan humor atau irasional untuk menghibur penontonnya, dan termasuk dagelan, lelucon, dan bentuk humor fisik lainnya.

Kartun biasanya ditujukan untuk anak-anak dan remaja, tapi tidak selalu! Beberapa kartun ditujukan untuk orang dewasa atau mengandung tema dewasa.

Kartun sering dibuat menggunakan teknik animasi yang digambar dengan tangan seperti stop motion, claymation, atau computer-generated imagery (CGI).

Anda juga dapat menggunakan teknik animasi seperti aktor/aktris langsung dan rotoscoping (menggunakan rekaman langsung sebagai materi sumber).

Anime dibuat di Jepang, tetapi kebanyakan kartun dibuat di Amerika.

Perbedaan Anime Dan Kartun , Sebagian besar komik dan kartun dibuat di AS, tetapi ada juga yang dibuat di negara lain (misalnya Kanada) atau di luar negeri (misalnya  Korea Selatan).

Mereka awalnya dibuat untuk menghibur anak-anak, tetapi kartunis telah mengembangkan ide ini dari waktu ke waktu, memasukkan segala sesuatu mulai dari humor orang dewasa hingga sindiran politik ke dalam kartun mereka.

Perbedaan Anime Dan Kartun , Anime secara tradisional dibuat di Jepang. Pemerintah Jepang telah mendanai banyak proyek ini selama beberapa dekade karena percaya bahwa warisan budaya Jepang yang unik harus dilestarikan dan dibagikan kepada dunia melalui media ini.

Akhir Kata.

Artikel diatas membahs tentang Perbedaan Anime Dan Kartun , anime vs kartun , semoga artrikel ini dapat membantu , terimakasih

Leave a Comment