Perbedaan Hive Social dan Mastodon, Simak Ulasan Berikut!!

AnakUI.comPerbedaan Hive Social dan Mastodon, Sejak Elon Musk membeli Twitter dengan harga $44 miliar, platform ini benar-benar menjadi lebih kacau dan tidak stabil dari sebelumnya. Di antara perubahan baru, fitur Terverifikasi Twitter kini telah dimonetisasi, membuat para influencer dan pegangan terkenal bingung, akhirnya meninggalkan Twitter. Panduan ini akan membandingkan dua alternatif populer tersebut, Hive Social dan Mastodon, dengan fitur masing-masing. Selain itu, Anda dapat melihat panduan kami untuk mengidentifikasi Akun Twitter Asli vs Palsu.

Perbedaan Hive Social dan Mastodon

Untuk memilih pengganti Twitter terbaik Anda berikutnya, penting untuk mengidentifikasi dan menganalisis perbedaan antara kedua platform tersebut. Kami mengujinya cukup lama dan mengumpulkan detail terbaik, jadi Anda tidak perlu melakukan riset. Karena di artikel ini kami akan membahas Perbedaan Hive Social dan Mastodon secara detail, Penasaran? Simak ulasan diawah ini:

Perbedaan Hive Social dan Mastodon

Struktur Jaringan Platform

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai Perbedaan Hive Social dan Mastodon, penting untuk membahas struktur jaringan platform untuk mengetahui detail tentang fungsinya. Hive Social bekerja di jaringan terpusat yang mirip dengan platform media sosial lainnya seperti Twitter. Ini berarti otoritas pusat akan selalu bertanggung jawab atas semua aktivitas yang sedang berlangsung di jaringan. Meskipun struktur ini mungkin terlihat bermanfaat pada awalnya, tidak begitu bermanfaat dalam jangka panjang untuk memungkinkan satu entitas mengendalikan seluruh sistem.

Di sisi lain, Mastodon dirancang dengan pendekatan desentralisasi, artinya tidak ada satu entitas pun yang dapat sepenuhnya mengendalikannya. Akibatnya, tidak bisa dijual dan tidak akan bangkrut. Selanjutnya, Mastodon adalah open-source, memungkinkan pengembang lain untuk menggunakan dan memodifikasi kodenya, mematuhi aturan dan regulasi platform.

  • Twitter – Jaringan Terpusat
  • Hive Social – Jaringan Terpusat
  • Mastodon – Jaringan Terdesentralisasi, dan open source

Interface

Sekilas, Perbedaan Hive Social dan Mastodon ini akan menyerupai tampilan khas Twitter namun memiliki perbedaan tersendiri, yaitu sebagai berikut:

Hive Social

Hive Social menawarkan antarmuka yang sederhana dan intuitif. Semua yang Anda butuhkan untuk menjelajah dan berinteraksi dengan platform hanya dengan satu ketukan. Jika Anda menyukai sesuatu secara terus terang, Anda akan menyukainya.

Mastodon

Mastodon bekerja dengan konsep server. Server ini adalah komunitas orang yang berbagi minat yang sama. Saat Anda membuat akun baru, Anda akan diminta untuk memilih server yang Anda inginkan, membingungkan kepentingannya bagi pemula. Hanya setelah beberapa menit penjelajahan dan penjelajahan, pengguna memahami cara mengonfigurasi akun untuk komunikasi. Namun, tidak ada batasan jumlah akun yang Anda buat di server yang berbeda, dan interaksi di antara mereka lancar seperti di platform lain. Sesuai Mastodon, itu adalah jaringan jejaring sosial yang saling berhubungan berdasarkan platform umum.

Pengalaman Menjelajah

Pengalaman menjelajah dapat membuat atau menghancurkan popularitas suatu platform. Untuk perbedaan Hive Social dan Mastodon, penjelajahannya terasa mirip dengan Twitter, dengan kekurangan tertentu. Begini cara pamerannya.

Hive Social

Dengan lebih dari satu juta pengguna bergabung dengan Hive Social setelah pengambilalihan Twitter oleh Musk. Anda dapat melakukan tindakan serupa untuk me-retweet, mengutip tweet, menyukai, atau memposting tweet baru, di akun Hive Anda, seperti halnya Twitter. Namun, kami menemukan bahwa aplikasi ini sebagian besar digerakkan oleh gambar, dengan lebih sedikit postingan yang relevan untuk ditemukan di tab Discover. Untungnya, platform ini masih bebas iklan, tetapi pengembang berencana untuk segera menambahkan iklan yang mengganggu minimal untuk meningkatkan pendapatan.

Mastodon

Dirilis pada akhir 2016, Mastodon menawarkan pengalaman menjelajah yang lebih halus dengan lebih dari 2,5 juta pengguna baru di platform ini. Sudah lama bebas iklan, dan menawarkan fitur penelusuran yang mirip dengan Twitter tetapi tidak memiliki fungsi tertentu, seperti mengutip tweet dan tab pesan langsung khusus.

Fitur tambahan

Meskipun Perbedaan Hive Social dan Mastodon mungkin berhasil menyerupai UI Twitter, mereka memiliki fitur tambahan yang berguna untuk membuat identitas unik diri mereka sendiri sebagai platform media sosial.

Hive

Tidak seperti Twitter, Hive Social memungkinkan Anda mempersonalisasi akun Anda dengan mengatur tema warna berbeda sesuai keinginan Anda. Selain itu, Anda dapat menyetel ‘lagu kunjungan profil’ menggunakan Spotify dan Apple Music, yang menyapa pengunjung profil Anda. (Ingat, MySpace memiliki fitur serupa, masa lalu yang indah!). Yang lebih menarik untuk diperhatikan adalah Hive Social tidak memiliki batasan karakter yang berarti Anda dapat menulis posting yang panjang alih-alih membaginya menjadi beberapa utas di Twitter.

Mastodon

Tidak seperti Hive Social, Mastodon memungkinkan Anda membentuk komunitas menggunakan server perusahaan untuk menyatukan orang-orang dengan minat yang sama. Juga, setiap komunitas memiliki aturan dan moderator untuk mengelola dan memantau semua aktivitas yang sedang berlangsung di dalam server. Misalnya, server (komunitas) Inggris mungkin mengizinkan Anda memposting sesuatu yang berbahasa Inggris, yang mungkin ditandai sebagai tidak pantas jika diposting di server negara lain. Jadi, jika Anda mencoba terhubung dengan orang-orang dengan minat yang sama, Mastodon adalah platform satu atap Anda.

Ketersediaan Lintas Platform

Selain fitur, ketersediaan platform sosial di berbagai perangkat membuat perbedaan besar. Misalnya, Twitter tersedia di berbagai perangkat, termasuk smartphone dan desktop, membuatnya lebih mudah diakses tanpa bergantung pada perangkat tertentu untuk menggunakannya.

Demikian pula, Anda dapat mengakses Hive Social di ponsel Anda, masing-masing melalui Aplikasi Hive Social Android dan Aplikasi Hive Social iOS. Namun, saat ini belum ada versi webnya. Sebaliknya, Mastodon tersedia di semua platform, termasuk Android, iOS, dan Web, untuk mengakses dan menggunakannya dengan lancar.

Keamanan

Saat menguji kedua platform, kami menemukan bahwa keamanan pengguna agak tidak pasti, yang dapat menimbulkan ancaman privasi dan keamanan bagi penggunanya. Tidak seperti Mastodon, Hive tidak menawarkan Otentikasi 2-Faktor, yang penting untuk menjaga keamanan akun Anda jika disusupi. Di sisi lain, moderator komunitas di Mastodon dapat melihat pesan yang dipertukarkan dalam percakapan satu lawan satu dengan pesertanya yang menimbulkan ancaman besar terhadap privasi. Namun, yang umum di Twitter, Hive Social, dan Mastodon adalah bahwa mereka belum menawarkan enkripsi end-to-end.

  • 2FA di Twitter – Ya
  • 2FA di Hive Social – Tidak
  • 2FA di Mastodon – Ya
  • Enkripsi Ujung-ke-Ujung – Tak satu pun dari mereka memiliki Enkripsi E2E

Moderasi Konten

Kedua platform tidak menawarkan batasan ketelanjangan atau mengikuti profil tertentu. Hive Social menawarkan opsi NSFW untuk memposting konten dewasa sambil menambahkan peringatan secara manual ke konten Anda berfungsi di Mastodon.

  • Tidak Ada Batasan Konten di Hive Social dan Mastodon
  • Tag NSFW di Hive Social

Kepopuleran

Datang ke popularitas, tidak satu pun dari platform ini yang kurang menarik pengikut baru, dan berubah menjadi pengganti Twitter yang lebih kuat. Sesuai laporan, Hive Social mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh 2.50.000 pengikut dalam semalam setelah interaksi Elon musk dengan tweet yang mempertanyakan keberadaan Hive Social. Pada saat yang sama, Mastodon mengklaim mendapatkan lebih dari 1 juta pengguna aktif bulanan setelah Elon mengambil kendali di Twitter.

Penutup

Kami menemukan Hive Social jauh lebih bersih dan lebih mudah digunakan daripada Mastodon. Namun, kedua platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selain kaya fitur, pendekatan server Mastodon sangat membingungkan untuk memulai, tetapi Anda mungkin merasa lebih berguna dan sesuai dalam jangka panjang dibandingkan Hive.

Nah, itulah tadi artikel Perbedaan Hive Social dan Mastodon dari kami, Beri tahu kami pilihan Anda di komentar di bawah. Jangan sampai ketinggalan artikel terkini dari AnakUI.com. Sampai Jumpa!!

Leave a Comment