Perhatikan 8 Tips Keselamatan Berkendara Malam Hari

anakui.com – Berkendara Malam Hari memiliki tingkat potensi kecelakaan lebih tinggi karena pengelihatan tidak bisa bekerja maksimal dalam kegelapan. Beberapa factor lain juga dapat menambah risiko kecelakaan.

Kenali 8 tips Resiko Berkendara Malam Hari

  1. Hindari Pengaruh Alkohol

Mengemudi saat mabok beresiko fatal dalam perjalanan. Tingkat kecelakaan akibat pengaruh alkohol sangat tinggi. Maka jangan pernah Berkendara Malam Hari dalam kondisi mabok, pada jam berapapun saja.

  1. Memerangi Kelelahan

Kecelakaan akibat mengantuk kemungkinan besar terjadi di malam hari, jadi waspadalah pada jam-jam itu. Jadi istirahatlan yang cukup, sesekali menepi dan rehat, atau minum kafein. Bisa juga dengan menyalakan radio (lirih), berbicara, bernyanyi, atau sewaktu-waktu turunkan jendela supaya mendapat udara segar.

  1. Bersihkan Kaca

Kaca depan dan kaca lampu yang kotor bisa mengamburkan cahaya, meningkatkan efek silau dan mengurangi visibilitas anda serta menyilaukan pengemudi di lawan arah. Jadi bersihkan keduanya secara teratur.

  1. Hindari Jalur Dua Arah

Jalur dua arah mungkin termasuk pilihan beresiko untuk perjalanan malam hari karena lampu kendaraan lain berpotens membuat silau pangelihatan. Maka pilih rute satu arah jika memungkinkan.

  1. Kurangi Kecepatan

Potensi kecelakaan akibat ngebut lebih rentan di malam hari karena jarka pandang yang lebih rendah dan waktu reaksi lebih singkat. Maka sesuaikan kecepatan kendaran untuk memperhitungkan visibilitasnya.

  1. Miringkan Lampu Depan dengan Benar

Jika balok terlalu miring ke bawah dapat menghilangkan sebagian penerangan yang anda perlukan. Jika dimiringkan terlalu tinggi dapat membutakan pengemudi yang melaju. Maka periksa dan posisikan kemiringan lampu anda dengan benar.

  1. Perhatikan Satwa Liar

Kecelakaan akibat tambarakan dengan stwa liar lebih sering terjadi di malam hari. memposisikan sinar lebih tinggi dapat membantu anda melihat mata hewan di depan. Maka perlambat kendaraan, berhenti atau ambil arah lain.

  1. Periksa Mata Anda

Periksakan penglihatan secara teratur karena gangguang pengelitan dapat terjadi karena banyak factor, termasuk usia, kesehatan atau kondisi insidental lainnya.

Leave a Comment