Perhimak UI (Perhimpunan Mahasiswa Kebumen Universitas Indonesia) merupakan salah satu paguyuban terbesar di UI. Sesuai namanya, paguyuban yang berdiri pada tanggal 14 Februari 2005, merupakan tempat berkumpulnya mahasiswa-mahasiswa UI yang berasal dari Kebumen. Tidak hanya puas menjadi tempat perkumpulan, tempat pulang, serta tempat bercengkerama dengan teman-teman satu daerah, Perhimak UI juga merupakan wadah untuk mengembangkan minat dan bakat anggota-anggotanya, melatih jiwa kepemimpinan, berorganisasi, dan juga melatih jiwa kepedulian sosial. Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga Kebuman, Perhimak UI memiliki program pengabdian masyarakat yang salah satunya dijalankan dalam bentuk rangkaian kegiatan dengan nama UI GTK (UI Goes To Kebumen).

UI GTK merupakan sebuah rangkaian acara yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan seputar UI dan dunia kampus kepada siswa-siswi SMA atau sederajat di daerah Kebumen khususnya bagi kelas XII yang akan segera menjejak dunia perkuliahan. Rangakaian acara ini telah dilaksanakan sebanyak sepuluh kali, dan pada tahun 2015 ini akan dilaksanakan kembali untuk yang kesebelas kalinya dan menyandang nama UI GTK XI dengan slogannya Reach Our Dream.

Poster UI GTK XI

advertisement

Rangkaian acara dalam UI GTK XI dimulai dari Road To School atau yang biasa disingkat dengan RTS. Kegiatan ini dilakukan dengan mendatangi sekolah-sekolah SMA atau sederajat yang ada di daerah Kebumen untuk selanjutnya memberikan sosialisasi mengenai UI kepada siswa-siswinya. Rangkaian acara dilanjutkan dengan Try Out pada tanggal 18 Januari 2015 sebagai bentuk pelatihan bagi siswa-siswi dalam menghadapi soal-soal masuk perguruan tinggi, khususnya UI. Puncak dari seluruh rangkaian acara UI GTK XI yaitu bedah kampus. Kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 2015 tersebut memiliki motif untuk memberikan pengetahuan sebanyak mungkin mengenai UI serta jurusan-jurusan yang ada untuk disesuaikan dengan minat dan bakat para siswa yang tidak lama lagi akan memasuki jenjang perkuliahan. Sebagai puncak acara dan penutup dari seluruh rangkaian kegiatan UI GTK XI, bedah kampus dengan rangkaian berupa seminar orang tua, motivation training, stand fakultas serta hiburan yang disajikan oleh anggota PERHIMAK UI.

Seminar orang tua yang dilaksanakan bersamaan dengan bedah kampus tersebut bertujuan untuk untuk memberikan pengetahuan kepada orang tua atau wali mengenai dunia perkuliahan dan UI. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada orang tua mengenai dunia perkuliahan dan persiapan yang perlu dilakukan sehingga diharapkan dapat menyelaraskan antara keinginan anak dan orang tua.

Seluruh rangkaian acara UI GTK XI agaknya pantas untuk mendapatkan apresiasi karena kegiatan tersebut merupakan kegiatan non profit dan murni dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian warga Perhimak UI. Dengan biaya sebesar 8000 rupiah untuk Try Out dan 10.000 rupiah untuk bedah kampus dirasa cukup ekonomis, sehingga tidak memberatkan siswa/siswi yang ingin mengikuti acara ini. Untuk seminar orang tua kami bebaskan biayanya demi memberikan pencerahan kepada orang tua yang berasal dari daerah kebumen untuk turut mensuport putra-putrinya untuk berkuliah, khususnya di UI. Untuk memenuhi kebutuhan biaya kami mendapat bantuan dari beberapa sumber dana untuk acara ini yang berasal dari IWAKK WALET MAS, ILUNI PERHIMAK UI, serta warga PERHIMAK UI itu sendiri. Acara ini merupakan salah satu wujud kepedulian kami terhadap Kebumen diantara program pengabdian masyarakat kami yang lain, karena Perhimak UI Peduli: Wujudkan Mimpi Bersama UI GTK XI.

advertisement

 



advertisement