Pharmacy Weekend 2010 (Pharweek 2010)


0

I.1. Latar Belakang

Diabetes merupakan penyakit akibat ketidakmampuan sistem tubuh dalam mengolah glukosa sehingga menimbulkan gangguan hingga kerusakan pada sistem tubuh serta beresiko komplikasi. Penyakit ini merupakan salah satu perhatian WHO (World Health Organization) sebagai badan kesehatan dunia, karena tingginya angka penderita diabetes di dunia. Oleh karena itu, berbagai upaya dilakukan dalam pencegahan penyakit ini, salah satunya peringatan hari diabetes sedunia “World Diabetes Day” pada 14 November.

Farmasi sebagai bagian dari ilmu kesehatan dunia, tidak luput dari upaya pengembangan keilmuannya dalam menyelesaikan masalah-masalah kesehatan seperti diabetes. Pengembangan ilmu farmasi terkait diabetes sangat luas, mulai dari pengembangan secara molekular, komunitas, hingga, teknologi farmasi.

Himpunan Mahasiswa Departemen Farmasi Universitas Indonesia memandang sudah selayaknya untuk berperan aktif dalam pengembangan ilmu farmasi untuk menyelesaikan masalah diabetes ini. Hal inilah yang melatarbelakangi Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Farmasi Universitas Indonesia mengadakan kegiatan “Pharmacy Weekend 2010” yang bertemakan “Pharmacy for Solving the Diabetes”.

I.2. Tujuan

Tujuan kegiatan “Pharmacy Weekend 2010” adalah:

  1. Meningkatkan pengetahuan ilmu farmasi berkaitan dengan diabetes pada masyarakat farmasi pada khususnya dan seluruh komponen masyarakat pada umumnya melalui seminar.
  2. Meningkatkan rasa peduli pada masyarakat farmasi untuk berperan aktif dalam olah pikir ilmu farmasi berkaitan dengan diabetes melalui lomba poster ilmiah dan esay ilmiah.
  3. Meningkatkan pengetahuan aplikasi ilmu farmasi pada masyarakat farmasi melalui workshop.
  4. Mengabdikan diri pada masyarakat melalui pemberian pengetahuan tentang diabetes melalui sosialisasi dan kampanye.

I.3. Hasil yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan dari kegiatan “Pharmacy Weekend 2010” adalah:

  1. Meningkatnya pengetahuan peserta seminar tentang ilmu farmasi sebagai salah satu disiplin ilmu yang mampu menyelesaikan masalah diabetes.
  2. Meningkatnya rasa peduli peserta lomba poster ilmiah dan esay ilmiah untuk berperan aktif menyelesaikan masalah diabetes berdasarkan ilmu farmasi.
  3. Meningkatnya pengetahuan peserta workshop tentang aplikasi ilmu farmasi pada masyarakat.
  4. Meningkatnya pengetahuan masyarakat peserta kegiatan sosialisasi dan kampanye tentang diabetes.

II.1. Ringkasan Kegiatan

Kegiatan “Pharmacy Weekend 2010” dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut dengan empat rangkaian acara, 5-7 Agustus 2010. Rangkaian acara adalah seminar internasional, lomba poster ilmiah dan esay ilmiah, workshop, sosialisasi, dan kampanye.

Tabel Deskripsi Kegiatan

NO NAMA KEGIATAN BENTUK KEGIATAN PESERTA TEMPAT DAN WAKTU
1. International Seminar Pemberian materi dari narasumber kepada peserta dan dilanjutkan diskusi antara narasumber dan peserta Masyarakat Farmasi, Masyarakat Kesehatan, dan Masyarakat Umum Gedung Sabha Widya, Wisma Makara Universitas Indonesia, 5 Agustus 2010, 09.30-13.00 WIB
2. Poster Competition Perlombaan poster ilmiah oleh peserta lomba yang dinilai oleh dewan juri untuk juara lomba dan peserta seminar untuk poster terfavorit Mahasiswa Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia Gedung Sabha Widya, Wisma Makara Universitas Indonesia, 5 Agustus 2010, 13.00 – 14.00
3. Essay Competition Perlombaan esay ilmiah oleh peserta lomba yang dinilai oleh dewan juri Mahasiswa Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia Wisma Makara Universitas Indonesia, 5 Agustus 2010
4. Patient Counseling Workshop Pemberian materi oleh tim pemateri dan pelaksanaan simulasi oleh peserta di bawah bimbingan narasumber Masyarakat Farmasi Departemen Farmasi Universitas Indonesia, 6 Agustus 2010, 09.00-11.00 WIB
5. Bioavailability and Bioequivalence Workshop Pemberian materi oleh tim pemateri dan pelaksanaan simulasi oleh peserta di bawah bimbingan narasumber Masyarakat Farmasi Departemen Farmasi Universitas Indonesia, 6 Agustus 2010, 09.00 – 15.30 WIB
6. Community Service Sosialisasi diabetes kepada masyarakat dan pelaksanaan tes gula darah gratis Civitas Akademika Farmasi UI Kelurahan Kukusan, Depok, 7 Agustus 2010, 10.00-13.00
7. Campaign Kampanye diabetes kepada masyarakat Mahasiswa Farmasi UI Kelurahan Kukusan, Depok,, 7 Agustus 2010, 10.00-13.00

II.2. Uraian Kegiatan

Uraian kegiatan “Pharmacy Weekend 2010” adalah:

1. International Seminar

International Seminar adalah seminar bertaraf internasional; narasumber dengan kompetensi yang diakui internasional; peserta dari beberapa negara; serta materi seminar yang diakui internasional. Peserta berasal dari Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Australia; dengan target 300 orang, Indonesia 70% dan luar Indonesia 30%.

Seminar ini dibuat dalam konsep panelis dimana acara akan dipandu oleh satu orang moderator. Dalam seminar ini, akan dibahas 3 topik yang berhubungan dengan peran farmasis dalam upaya penanganan diabetes. Topik kegiatan dan pembicara dalam seminar ini adalah:

a. Pharmacogenomial: A Molecular Side for Solving the Diabetes.

Narasumber topik ini adalah Dr Joseph Tucci, B.Pharm B.Sc Hons, PhD. Beliau merupakan seorang ahli farmakogenomial berkewarganegaraan Australia. Saat ini, beliau mengajar sebagai dosen senior dan tergabung dalam anggota badan penasihat sekolah farmasi di La Trobe University, Victoria, Australia. Dalam seminar ini, narasumber membahas pengembangan ilmu Farmakogenomial dalam upaya menyelesaikan penyakit diabetes.

b. Pharmaceutical Therapeutic: An Appropriate Therapeutic and Counseling for Diabetic Patient.

Narasumber topik ini adalah Dra. Retnosari Andrajati M.S., Ph.D., Apt. Beliau merupakan seorang ahli farmakoterapi berkewarganegaraan Indonesia. Saat ini, beliau mengajar sebagai dosen senior dan tergabung dalam anggota tim farmakologi Departemen Farmasi, Universitas Indonesia. Dalam seminar ini, narasumber membahas pola pelayanan dan pola terapi yang tepat pada pasien diabetes oleh farmasis.

c. Technology of Pharmaceutical: developing of insulin inhalation.

Narasumber topik ini adalah Paul Heng Wan Sia, B.Sc Ph.D. Beliau merupakan ahli teknologi farmasetika berkewarganegaraan Singapura. Saat ini, beliau mengajar sebagai dosen senior dalam beberapa mata kuliah di bidang teknologi farmasi di Departemen Farmasi, National University of Singapore dan tergabung dalam tim riset di GEANUS Pharmaceutical Processing Research Laboratory, Singapura. Narasumber membahas pengembangan teknologi inhalasi insulin yang dapat memudahkan terapi pada pasien diabetes. Narasumber memberikan materi dengan durasi 30 menit, dan dilanjutkan diskusi selama 30 menit dipimpin oleh moderator.

2. Poster Competition

Poster Competition adalah lomba poster ilmiah dengan  peserta mahasiswa perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Isi poster ilmiah mengikuti format yang ditentukan panitia lomba dan sesuai dengan tema kegiatan “Pharmacy for Soving the Diabetes”.

Perlombaan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama berupa seleksi dari semua poster yang dikirim dalam format .pdf menjadi sepuluh besar poster terbaik menurut penilaian dewan juri. Tahap kedua berupa pertunjukkan poster oleh peserta lomba berupa presentasi singkat dan diseleksi menjadi tiga poster terbaik menurut penilaian dewan juri dan satu poster favorit menurut peserta seminar yang mendapatkan hak untuk memberikan penilaian kepada sepuluh besar poster terbaik.

Dewan juri adalah dosen mata kuliah Metodologi Penelitian Departemen Farmasi UI, yaitu Prof. Dr. Atiek Soemiati Koesngadi, M.Si., Dr. Arry Yanuar, M.S. serta R.R. Chrysna Winandha K., mahasiswi Farmasi angkatan 2007 yang terpilih menjadi juara 1 Mahasiswa Berprestasi Fakultas MIPA tahun 2010.

3. Essay Competition

Essay Competition adalah lomba esay ilmiah dengan peserta mahasiswa perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Isi esay ilmiah mengikuti format yang ditentukan panitia lomba dan sesuai dengan tema kegiatan “Pharmacy for Solving the Diabetes”.

Perlombaan dilaksanakan dengan seleksi tiga esay terbaik menurut penilaian dewan juri terhadap esay yang dikirim dalam format .pdf. Esay-esay tersebut dipublikasikan pada diktat lomba dan website HMD Farmasi UI. Dewan juri adalah dosen mata kuliah Metodologi Penelitian Departemen Farmasi UI, yaitu Prof. Dr. Atiek Soemiati Koesngadi, M.Si., Dr. Arry Yanuar, M.S. serta R.R. Chrysna Winandha K., mahasiswi Farmasi angkatan 2007 yang terpilih menjadi juara 1 Mahasiswa Berprestasi Fakultas MIPA tahun 2010.

4. Patient Counseling Workshop

Patient Counseling Workshop adalah workshop tentang pola pelayanan yang tepat kepada pasien oleh farmasis. Tim Pemateri adalah tim Farmasi Klinis Departemen Farmasi Universitas Indonesia yang diketuai oleh Dra. Retnosari Andrajati M.S., Ph.D., Apt. Peserta berasal dari seluruh Indonesia; dengan target 30 orang.

Workshop diadakan dalam dua tahap. Tahap pertama merupakan penjelasan singkat tentang pola pelayanan yang tepat kepada pasien oleh farmasis, selama 30 menit. Tahap kedua merupakan studi kasus simulasi pelayanan pasien oleh farmasis yang dilakukan oleh tiga kelompok peserta yang dipilih secara acak dan kemudian dievaluasi secara langsung oleh peserta lainnya, selama 90 menit.

5. Bioavailability and Bioequivalence Workshop

Bioavailability and Bioequivalence Workshop adalah workshop tentang penentuan bioavailabilitas dan bioekuivalensi suatu zat aktif yang sesuai standar nasional.

Tim Pemateri adalah Kepala dan Staf Laboratorium Bioavailabilitas dan Bioekuvalensi Departemen Farmasi Universitas Indonesia yang diketuai oleh Dr. Yahdiana Harahap, M.S.. Peserta berasal dari seluruh Indonesia; dengan target 30 orang Jabodetabek 70% dan luar Jabodetabek 30%.

6. Community Service

Community Service adalah kegiatan pengabdian masyarakat oleh Civitas Akademika Farmasi UI yang dilaksanakan di daerah Kelurahan Kukusan, Depok. Dalam acara ini, diadakan dua kegiatan, yaitu penyuluhan dan pos pelayanan.

Dalam kegiatan pertama, yaitu penyuluhan yang terdiri dari dua sesi. Sesi pertama adalah edukasi mengenai cara memperoleh, menyimpan dan menggunakan obat yang benar yang dibawakan oleh Dr. Iskandarsyah, M.Si, dosen senior bidang Farmasetika Departemen Farmasi Universitas Indonesia. Sesi kedua adalah edukasi mengenai diabetes mellitus yang dibawakan oleh mahasiswa Departemen Farmasi Universitas Indonesia dibawah pengawasan Dra. Azizahwati, M.Si., dosen senior bidang Biokimia dan Diagnostik Klinik, Departemen Farmasi Universitas Indonesia.

Di kegiatan kedua terdiri dari dua pos pelayanan. Pos pertama merupakan tempat tes gula darah gratis yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Departemen Farmasi UI. Pos kedua merupakan tempat konsultasi mengenai hasil pemeriksaan gula darah yang telah dilaksanakan. Dalam pos tersebut, masyarakat dapat mengkonsultasikan pola makan, pola hidup dan medikasinya berdasarkan nilai gula darahnya. Pos konsultasi akan diisi oleh dosen dan mahasiswa spesialisasi farmakoterapi. Peserta kegiatan adalah komunitas penduduk sekitar UI; dengan target 100 orang.

7. Campaign

Campaign adalah kegiatan kampanye mengenai diabetes oleh mahasiswa Departemen Farmasi UI.

Kegiatan dilaksanakan dengan cara penyebaran leaflet ke rumah komunitas penduduk sekitar UI, serta presentasi singkat mengenai dua topik yaitu cara memperoleh, menyimpan dan menggunakan obat yang benar serta diabetes dan upaya pencegahannya.

II.3. Harga Tiket

Seminar Internasional:

Domestic : IDR 150.000,00

Foreign : USD 25,00

Poster Competition:

Rp. 50.000,00

Essay Competition:

Rp. 50.000,00

Patient Counseling Workshop:

Rp. 150.000,00

Bioavailability and Bioequivalence Workshop:

Rp. 200.000,00

II.4. Contact Person

  1. Putri 0858 8304 2754
  2. Nanda 0852 7044 4123

Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply