Masa Iya Apoteker Bisa Jadi Entrepreneur? Cari Tahu Caranya di Sini!


0

Pharmaceutical Seminar atau yang biasa disebut PHASE adalah kegiatan yang terdiri dari Seminar dan Workshop yang dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut. PHASE diselenggarakan oleh setiap angkatan apoteker Universitas Indonesia dengan tujuan untuk menambah informasi dan wawasan masyarakat terhadap farmasi dan perkembangannya. Pada kesempatan kali ini Apoteker UI Angkatan LXXIX dalam PHASE 79 mengangkat tema Pharmapreneur: The Spirit of Pharmacist Transformation.

poster-phase_500kb_fix

Era globalisasi dalam lingkungan perdagangan bebas antar negara membawa dampak ganda yaitu satu sisi membuka kesempatan kerja sama seluas luasnya antar negara dan disisi lain menimbulkan persaingan ketat dan tajam. Peningkatan daya saing dan keunggulan kompetitif yang didukung SDM yang handal menjadi syarat mutlak dalam memenangkan persaingan tersebut. Salah satu hal penting yang dibutuhkan di Indonesia saat ini adalah penggerak motor roda perekonomian, salah satunya adalah kalangan wirausahawan yang memiliki prinsip berani mengambil risiko yang telah diperhitungkan dengan mempertimbangkan barbagai variabel mulai dari kecenderungan yang akan terjadi sampai pada perhitungan keuntungannya atas sebuah investasi.

Kelompok wirausahawan di Indonesia jumlahnya masih sangatlah kecil jika dibandingkan dengan negara lain yaitu hanya sekitar 0,18% dari jumlah penduduk Indonesia, sedangkan wirausahawan yang ada di Amerika Serikat mencapai 11%, China 6%, dan Inggris 4% dari jumlah keseluruhan masing-masing penduduknya. Selain itu, masih sangat jarang kita ketahui wirausahawan yang berasal dari latar belakang dunia farmasi. Padahal segala produk farmasi merupakan the most needed product, dimana hampir seluruh masyarakat menggunakan produk tersebut, baik dalam bentuk jasa maupun barang.

Masalah umum yang sering dihadapi apoteker adalah ketiadaan modal untuk melakukan usaha sendiri. Hal ini mengakibatkan apoteker memilih bekerja sama dengan pemilik modal dan akhirnya bertekuk lutut di hadapan kekuasaan dan arogansi mereka serta nyaman menjadi pegawai dengan bayaran sesuai terminologi Upah Minimum Regional (UMR). Realita juga mengungkapkan masih banyak apoteker yang tak lebih hanya seorang pramuniaga toko bernama apotek. Hal ini mengakibatkan profil dan performa apotek tidak lebih dari tempat transaksi jual beli obat yang dikendalikan sepenuhnya oleh Pemilik Sarana Apotek (PSA).

Dari sinilah urgensi membangun jiwa kewirausahaan dan meningkatkan kemampuan apoteker melakukan praktik mandiri dalam kewirausahaan sangat diperlukan. Karena jika seorang apoteker tidak berani untuk membangun mimpinya, maka orang lain akan memperkerjakan apoteker untuk membangun mimpi mereka.

Kegiatan PHASE dibagi dalam 2 hari dengan total 12 SKP* IAI. Hari pertama ada 4 Seminar dengan pembicara-pembicara yang menarik dan hebat di bidangnya masing-masing. Beliau-beliau ini akan membagi ilmu suksesnya mengelola usahanya agar kita mampu menghadapi MEA. Hari kedua akan dilaksanakan Workshop oleh fasilitator yang telah ahli di bidangnya yang tidak akan segan-segan membagi ilmu mereka kepada anda. Jadi, bagi anda yang berjiwa wirausaha atau yang ingin tahu bagaimana cara para wirausahawan ini sukses jangan ragu lagi segera daftarkan diri anda di nomor 0898-1393-775 atau 0812-9596-5192.

Jangan lupa untuk follow twitter kami @phase_79 dan facebook kami Phase Universitas Indonesia untuk mendapatkan informasi terbaru dan kejutan-kejutan menarik.

 

Informasi lebih lanjut:

CP : 085210741707 atau 081295965192

E-mail : phase79@outlook.com

Website : www.phase-ui.com

 

*dalam konfirmasi


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply