PNMHII XXV


0

PNMHII XXV

 

PNMHII atau Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia merupakan forum diskusi mahasiswa jurusan Ilmu Hubungan Internasional yang setiap tahunnya melibatkan lebih dari 30 Universitas se-Indonesia. Pada tahun 2013 ini, PNMHII akan kembali diadakan & bertempat di Jakarta, dengan Universitas Indonesia sebagai tuan rumah. PNMHII yang diadakan di tahun 2013 ini akan menjadi PNMHII yang ke 25 kalinya diselenggarakan oleh para mahasiswa Hubungan Internasional di berbagai penjuru Indonesia. Dengan ini, PNMHII menjadi satu dari sedikit pertemuan nasional mahasiswa suatu jurusan yang telah berdiri selama 25 tahun dimana di dalam pertemuan ini para mahasiswa akan terus memperkuat silaturahmi-nya dan bertukar pikiran dalam rangka pertukaran ilmu antara mahasiswa Hubungan Internasional.

Lebih jauh daripada itu, PNMHII bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap negara ini, dengan semangat kepemudaan mahasiswa. Sebagai para pemuda penerus bangsa, peran yang paling utama untuk dilakukan adalah membuka mata terhadap permasalahan sosial yang terjadi di dalam lingkungan sekitar dan berani menyuarakan masalah tersebut agar semakin banyak masyarakat yang sadar akan adanya permasalahan tersebut dan bersama-sama menemukan solusi.

Pada tahun ini PNMHII mengangkat tema besar “Upholding Our Pledge: Nationalism in Indonesian Foreign Policy”.  Tema ini diangkat dengan tujuan agar mahasiswa Hubungan Internasional dapat kembali menyelami makna dari nasionalisme serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya nasionalisme dalam Kebijakan Luar Negeri Indonesia. Terdapat tiga koridor utama yang akan mendukung terlaksananya tujuan diskusi dalam PNMHII yaitu koridor national integrity, national prosperity dan national identity. Ketiga koridor ini akan diejawantahkan dalam mata acara pada PNMHII yaitu Diskusi Ilmiah, Joint Statement Forum, Short Diplomatic Course, Sidang Forum, maupun dalam acara hiburan seperti opening ceremony, city tour, dan closing ceremony.

Sebagai tujuan utama dari diskusi yang diadakan, diharapkan solusi pun dapat muncul dengan pembahasan bagaimana pemuda di Indonesia menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut.

Tujuan :

1) Mewadahi pertukaran ilmu pengetahuan yang terkait dengan studi Ilmu Hubungan Internasional antar mahasiswa HI se-Indonesia.

2) Mewadahi pertukaran informasi dan perjalinan tali silaturahmi antar-seluruh mahasiswa HI se-Indonesia.

3) Mempersiapkan peserta sebagai pemimpin masa depan yang akan berkontribusi terhadap revitalisasi Politik Luar Negeri Indonesia.

 

Acara :

Pembukaan : Mengapa nasionalisme dan bagaimana memaknai nasionalisme dalam politik luar negeri Indonesia

Diskusi Ilmiah : Diskusi Ilmiah merupakan salah satu rangkaian acara dalam PNMHII yang memberikan kesempatan bagi setiap perwakilan universitas untuk mengidentifikasi suatu permasalahan dan melihatnya secara sistematis menggunakan kerangka teori dan algortima berpikir tertentu yang dituangkan dalam bentuk makalah. Pada mata acara Diskusi Ilmiah tahun ini, setiap peserta Diskusi Ilmiah akan mendapatkan kesempatan untuk berbagi gagasan dalam tulisannya beserta peserta-peserta lain dalam suatu diskusi intensif yang ada dalam “Focus Group Discussion” (FGD) yang akan difasilitasi oleh dosen pemandu dalam masing-masing bidang tersebut.

Joint Statement Forum : Joint Statement Forum (JSF) merupakan suatu mata cara dalam PNMHII yang difungsikan untuk menjadi mekanisme koordinasi dalam proses memecahkan suatu masalah dan menghasilkan kesepakatan bersama atas hal tersebut. Dalam PNMHII tahun ini, peserta JSF akan merumuskan apa-apa saja yang penting dalam gestur perubahan kontur situasi domestik dan internasional pada masing-masing segmentasi bidang untuk kemudian merumuskan draft awal pandangan peserta terhadap perlu (atau tidak perlu)nya revitalisasi politik luar negeri Indonesia yang berefleksi pada nasionalisme.

Short Diplomatic Course : Short Diplomatic Course dalam PNMHII XXV akan berupa simulasi sidang internasional dimana para delegasi dari masing- masing Universitas akan berperan mewakili suatu negara tertentu dan membawa kepentingan nasional serta karakter kebijakan luar negeri negara tersebut. Tahun ini, SDC akan mensimulasikan Komite-3 Majelis Umum PBB atau Social and Humanitarian, and Cultural Affairs Committe). Topik pada SDC ini adalah Sociopolitical recognition for minority rights” dan hasil yang diharapkan adalah dokumen dengan format Resolusi PBB.

City Tour

Penutupan

 

Waktu dan Tempat :

Hari dan tanggal: Minggu-Jumat, 24-29 November 2013

Waktu: 06.00 s.d. 21.30 WIB

Tempat:

  1. Perpustakaan Pusat UI dan FISIP UI
  2. Apartemen Cilandak
  3. Tempat rekreasi

Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

0 Comments

Leave a Reply