PRESS RELEASE INDONESIA INTERNATIONAL MODEL UNITED NATIONS 2013

Indonesia Model United Nations (IMUN), sebagai konferensi simulasi sidang PBB terbesar di Indonesia, bertujuan untuk mengumpulkan ratusan mahasiswa berbakat dari berbagai universitas, baik dalam negeri maupun luar negeri. Para delegasi yang berpartisipasi akan terlibat dalam perdebatan mengenai berbagai isu internasional yang dihadapi masyarakat global, sehingga dapat mempraktikkan diplomasi multilateral secara nyata.

advertisement

Salah satu rangkaian kegiatan IndonesiaMUN dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2013. IndonesiaMUN mengadakan sebuah workshop yang bertempat FISIP, Universitas Indonesia. Workshop ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan mengenai MUN, di mana hal tersebut merupakan kunci akan kesadaran yang tinggi terhadap isu-isu global, serta dalam mengembangkan pengetahuan pemuda-pemudi penerus bangsa. Acara yang dihadiri oleh 50 partisipan ini, dibagi dalam dua sesi yakni sesi seminar dan sesi pelatihan MUN.

Selain workshop, IndonesiaMUN juga mengunjungi SMA Labschool Jakarta sebagai salah satu sekolah tujuan dalam kegiatan roadshow. Kunjungan yang bertujuan untuk menarik siswa-siswi tingkat SMA sebagai delegat LSM (NGO Parallel Summit) ini diadakan pada tanggal 29 Juli 2013 dan dihadiri oleh 15 anggota dari MUN Club Labschool Jakarta. Para siswa-siswi tersebut terlihat antusias menyambut tim IndonesiaMUN yang berkunjung dan memberikan presentasi mengenai paham ideal, substansi, dan rangkaian kegiatan IndonesiaMUN 2013.

Puncak acara IndonesiaMUN, sebuah konferensi simulasi sidang PBB, akan diadakan pada tanggal 5-9 November 2013 di Universitas Indonesia, Depok. Pendaftaran sebagai delegasi dibuka dalam dua tahap registrasi. Registrasi Tahap 1 dimulai pada tanggal 1 Mei 2013 – 24 Juni 2013, dan mendapatkan sebanyak 169 delegat. Pada saat ini, Registrasi Tahap 2 yang dimulai pada tanggal 10 Juli 2013 masih terbuka, dan sejauh ini mendapatkan sebanyak 272 delegat dari universitas-universitas yang ada di Indonesia.

advertisement

*****



advertisement