Press Release: Seminar Korosi Metalurgi and Material’s Week 2011

Ikatan Mahasiswa Metalurgi dan Material(IMMt) FT UI kembali mengadakan rangkaian acara metallurgy dan material’s week, salah satu agenda utama dalam rangkaian acara tersebut merupakan seminar korosi metallurgy and material’s week 2011.

Tema korosi yang diangkat pada tahun ini adalah “ Permasalahan dan Penanggulangan Korosi pada Industri MIGAS di Indonesia “. Acara tersebut diselenggarakan di Patra Office Tower, Yudistira Room, Jl.Gatot Subroto, Jakarta. Acara ini berlangsung selama dua hari yaitu pada hari Selasa dan Rabu 13-14 Desember 2011.

Tema korosi yang diangkat pada seminar kali ini berdasarkan data bahwa di Indonesia, sekitar 20 triliun rupiah diperkirakan hilang percuma setiap tahunnya karena proses korosi, oleh karena itu dibutuhkan sebuah forum diskusi yang terdiri dari pemerintahan, yang dalam ini diwakili oleh BPMigas, kalangan industri, akademisi, serta mahasiswa yang bertujuan membahas permasalahan korosi di dunia migas serta bagaimana pencegahannya.

Dalam acara seminar ini, rangkaian acara terdiri dari inaugural address, keynote speech, sesi teknikal, dan diskusi panel. Selain itu acara seminar ini juga diramaikan oleh pameran exhibitor dari perusahaan yang bergerak di bidang migas. Acara ini dihadiri sekitar lebih dari 200 orang yang terdiri dari Tamu VIP dan Undangan dari berbagai Instansi dan perusahaan, serta  peserta dari kalangan industri,akademisi,dan mahasiswa.

Seminar dan exhibitor menarik perhatian  peserta sehingga banyak pertanyaan-pertanyaan di seminar dan exhibitor pameran tersebut sehingga acara ini menjadi forum untuk saling bertukar pengetahuan antar para pelaku industri migas,instansi pemerintah serta mahasiswa Indonesia .

Pada Hari pertama penyelenggaraan seminar korosi, rangkaian acara terdiri dari : laporan ketua Panitia, Sambutan oleh Prof. Dr. –Ing. Ir. Bambang Suharno (Ketua Departemen Metalurgi dan Material FTUI), Sambutan oleh Prof. Dr. Ir. Bambang Sugiarto, M. Eng. (Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia), Inaugural Speech oleh Prof. Dr. -Ing. Rudi Rubiandini (Deputi Pengendalian Operasi BPMIGAS) “Industri Migas di Indonesia : Peluang dan Tantangan”,

Keynote Addres 1 : Dr. Syamsu Alam (Presiden Direktur Pertamina EP) “Impact on Operations Reability, Cost & Environment in PT. Pertamina EP”

Keynote Address II : Ir. Mashudi (Field Operation Vice President of Total E&P Indonesie) “Corrosion Control in Total E&P Indonesie : Lesson Learnt,

Keynote Address III : Ir. Ridwan Amir (Vice President Operasi Wilayah Timur  PT Pertamina Gas) “Manajemen Korosi di Pipa Salur Utama Area Sumbagsel ; Sebuah kajian antara Kontinuitas Operasi, Perolehan Revenue dan Citra Perusahaan”, Sesi

Teknikal 1 “Permasalahan Korosi Pada Industri MIGAS”, Diskusi Panel “Permasalahan Korosi pada Teknologi Deepwater”, serta penampilan tari  dari Bengkel Kreasi Seni Teknik(BKST), serta hiburan.

Rangkaian acara seminar pada hari kedua dilanjutkan dengan agenda sebagai berikut: Keynote Address IV oleh Ranto Manullang (Revenue Development Manager PT Badak NGL) “PT Badak NGL 34 years sharing experience – Compromising with corrosion in LNG Plant”, Keynote Address V oleh  PT Perusahaan Gas Negara, Sesi Teknikal-2 “Desain dan Material pada Industri Migas”, Sesi Teknikal-3Inspeksi dan Analisa Kegagalan Korosi pada Industri Migas”, Sesi Teknikal-4Teknologi Pencegahan Korosi pada Industri Migas” , hiburan dan diakhiri dengan pembacaan kesimpulan dari acara seminar yang telah dilakukan selama 2 hari tersebut.

Pada acara seminar korosi yang diselenggaran dalam rangkaian acara metallurgy and materials week 2011 ini mendapat sambutan yang cukup baik oleh peserta, undangan dan juga tamu VIP, sehinggga diharapkan acara seminar yang tergabung dalam rangkaian acara metallurgy dan material week ditahun yang akan datang akan dapat terselenggara dengan lebih baik lagi.

Berikut ini adalah beberapa dokumentasi acara Seminar Korosi Metallurgy and Material’s Week 2011:

Leave a Comment