[PRESS RELEASE TELUSUR PESONA INDONESIA] Menyambut 50 Tahun Mapala Universitas Indonesia

Depok, 8 Agustus 2014. Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-50 Mapala UI akan melakukan Telusur Pesona Indonesia (TPI). TPI merupakan kegiatan yang terdiri dari ekspedisi ke 50 taman nasional di Indonesia yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi mengenai sebuah taman nasional melalui sebuah situs internet yang terintegrasi. Harapannya, taman nasional dapat menjadi lebih populer di masyarakat karena taman nasional dapat dijadikan sebagai wadah pendidikan, penelitian, dan pariwisata. TPI dilakukan oleh anggota Mapala UI dan telah dimulai pada Januari 2014 di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi. Program TPI rencananya ditargetkan selesai pada tahun Agustus 2016.

 

Lahir dan tumbuh di NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) tentunya menjadi sebuah anugerah bagi seorang warga negara Indonesia. Wilayah yang luas dan terpisah menjadi pulau-pulau dengan kontur yang sangat beragam memberinya status sebagai negara dengan luas wilayah terluas keempat di dunia dan negara kepulauan terbesar di dunia. Hal tersebut tentunya telah disadari, sehingga pemerintah RI, membuat berbagai taman nasional di Indonesia yang bertujuan untuk melindungi wilayah, flora, maupun fauna yang berada dalam kawasan taman nasional. Ide pembuatan taman nasional sendiri pertama kali dikenalkan oleh William Wordsworth dari Inggris pada tahun 1810.

 

Saat ini Indonesia telah memiliki 50 taman nasional dengan Taman Nasional Ujung Kulon, Banten sebagai taman nasional yang pertama kali diresmikan di Indonesia. Selain itu, taman nasional di Indonesia juga memiliki tingkat keanekaragaman flora dan fauna yang tinggi dan memiliki daya tarik pariwisata yang tinggi. “Suasana taman nasional masih sangat alami tapi aksesibilitas tergolong cukup sulit sehingga wisata ke taman-taman nasional kurang populer bagi masyarakat Indonesia dan tentunya berdampak pada sedikitnya pengunjung yang ingin datang ke taman nasional” kata Ridwan Hakim, Ketua Mapala UI Periode 2013-2014.

 

Dalam situs internet yang menjadi tujuan akhir TPI akan berisi berbagai informasi seperti profil, aksesibilitas, fasilitas, kontak, aktivitas menarik yang dapat dilakukan, dll. namun masih dibutuhkan data-data sebagai konten situs tersebut. Untuk memenuhi data-data tersebut, setiap anggota Mapala UI (terutama anggota aktif) akan menyusuri taman nasional-taman nasional tersebut dan mencari informasinya secara langsung.

 

Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI)merupakan organisasi tingkat universitas yang berdiri pada tahun 1964 dan bergerak di bidang kegiatan luar ruangan, sosial, maupun lingkungan. Ide pembentukan organisasi yang menjadi pelopor pencinta alam di tingkat kampus ini dicetuskan oleh Soe Hok Gie (M-007-UI), seorang aktivis mahasiswa terkemuka. Jenuh dengan situasi yang penuh intrik dan konflik politik di kalangan mahasiswa saat itu, Soe Hok Gie mengusulkan untuk membentuk suatu organisasi yang bisa menjadi wadah berkumpulnya berbagai kelompok mahasiswa.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Muhamad Arifin (M-922-UI)                        

PIC TPI Chapter Jawa

Phone  : 081297431358

e-mail  : ggmuhamadarifin@gmail.com

 

Irene Swastiwi Viandari Kharti (M-920-UI)

Humas Mapala UI

Phone  : 081288200276

e-mail  : ireneswastiwi@gmail.com

 

 

Salam,

Humas Mapala UI

Irene Swastiwi Viandari Kharti (M-920-UI)

Leave a Comment