Press Release Telusur Pesona Indonesia: Taman Nasional Gunung Merbabu

Mapala UI Siap Telusuri Taman Nasional Gunung Merbabu

Depok, 13 Agustus 2014. Unit Kegiatan Mahasiswa Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) akan mengadakan penelusuran ke Taman Nasional Gunung Merbabu, Jawa Tengah pada tanggal 19 Agustus 2014 – 24 Agustus 2014. Kegiatan yang bertajuk Telusur Pesona Indonesia dan termasuk ke dalam Program Kerja Badan Pengurus Mapala UI 2013-2014 ini merupakan ekspedisi yang dilakukan ke 50 taman nasional di Indonesia dalam rangka menyambut ulang tahun ke-50 tahun Mapala UI.

Taman Nasional Gunung Merbabu merupakan taman nasional yang mencakup kawasan hutan di Gunung Merbabu. Secara administratif, taman nasional ini termasuk ke dalam wilayah 3 (tiga) kabupaten yaitu Kabupaten Boyolali, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Keanekaragaman hayati di TN Gunung Merbabu cukup beragam. Elang Jawa, Elang Hitam, alap-alap sapi, kijang, monyet ekor-panjang, macan tutul terdapat di sini. Bentang alam dan potensi wisata yang ada di kawasan TN Gunung Merbabu akan dieksplorasi oleh Mapala UI.

Tim yang akan berangkat menuju T.N. Gunung Merbabu berjumlah 12 orang yang terdiri dari 10 orang anggota Mapala UI dan 3 orang non-Mapala UI. Tim telusur TN Gunung Merbabu adalah Anzil Sifa Fauziah, M-927-UI (Penyiaran 2012), Daniel Parlindungan M-892-UI (Arkeologi 2010) , Fajrin Ashari Zihni, M-941-UI (Ilmu Perpustakaan 2013), Irwin Amarullah Gumelar, M-907-UI (Kriminologi 2012), Khairunnisa Thanrilla, M-932-UI (Sastra Cina, 2012), Nadhil Ahmad, M-912-UI (Hukum 2012), Nur Faadhilah, M-918-UI (Antropologi, 2013), Sajida Alvi, M-936-UI (Sastra Inggris, 2012), Muhammad Al-Mujabudawat, M-829-UI (Arkeologi, 2008), Wahyu Adityo Prodjo, M-875-UI (Ilmu Perpustakaan, 2008), Shafiera Rachmania Rahman (Psikologi 2010), dan Nugi Vibisono.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat untuk mengakses informasi mengenai taman nasional. Selain itu taman nasional dapat menjadi lebih populer di masyarakat karena taman nasional dapat dijadikan sebahai wadah pendidikan, penelitian, dan pariwisata” kata Muhammad Arifin, Penanggung Jawab Telusur Pesona Indonesia Wilayah Pulau Jawa. Selain itu, dia menambahkan Telusur Pesona Indonesia merupakan bentuk dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu pendakian Gunung Merbabu, pendokumentasian potensi wisata, dan pendataan faktor pendukung berupa aksesibilitas, kontak, fasilitas, dan penginapan. Hasil keluaran dari kegiatan yang dilakukan oleh 12 orang ini adalah informasi wisata dalam bentuk foto, video, dan tulisan yang akan diunggah ke website yang terintegrasi. “Untuk memenuhi data-data tersebut, setiap anggota Mapala UI akan menyusuri taman nasional tersebut dari Desa Cunthel, Salatiga dan turun di Desa Selo, Boyolali. Pencarian informasinya nanti dilakukan secara langsung” ungkap mahasiswa jurusan Antropologi angkatan 2012 di Pusgiwa UI.

Sebelumnya dalam Telusur Pesona Indonesia, Mapala UI telah mengantongi lima taman nasional di Indonesia yang telah ditelusuri. TN Bukit Barisan Selatan menjadi pembuka kegiatan Telusur Pesona Indonesia pada Agustus tahun lalu, kemudian diikuti secara berturut-turut yaitu TN Gunung Gede dan Pangrango, TN Halimun Salak, TN Alas Purwo, dan TN Lore Lindu.

Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI)merupakan organisasi tingkat universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1964 di bawah naungan Universitas Indonesia yang bergerak di bidang kegiatan luar ruangan, sosial, maupun lingkungan. Ide pembentukan organisasi yang menjadi pelopor pencinta alam di tingkat universitas ini dicetuskan oleh Soe Hok Gie (M-007-UI), seorang aktivis mahasiswa yang bersinar di era 60-an.

 

Kontak Person

Humas Mapala UI

Wahyu Adityo Prodjo/M-875-UI

085691885262

@wahyuuap/inisayadanhidupsaya.wordpress.com

wahyuadityoprodjo@gmail.com

 

Leave a Comment