Review PS5, Masa Depan Game Konsol Saat Ini

anakui.com – PS5 adalah lompatan generasi yang sangat besar dari PS4. PS5 juga merupakan lompatan generasi sejati, menawarkan waktu pemuatan yang sangat cepat dan pengontrol baru yang revolusioner yang dapat mengubah nuansa bermain game.

Spesifikasi PS5

Spesifikasi
CPU: 3.5GHz, 8-core AMD Zen 2
GPU: 10,3 teraflop RDNA 2 GPU
RAM: 16GB GDDR6
Penyimpanan: SSD 825GB khusus
Ekspansi: Slot SSD NVMe M.2
Disk drive: Pemutar Blu-ray 4K
Ukuran: 15,4 x 10,2 x 4,1 inci
Berat: 9,9 pound

Kelebihan

  • + SSD super cepat
  • + Pengontrol DualSense yang sangat unik
  • + Visual 4K yang cantik
  • + Antarmuka cepat dan bersih
  • + Kompatibilitas mundur yang mengesankan

Kekurangan

  • – Desain besar dan berat
  • – Pengontrol mungkin terasa terlalu besar bagi beberapa pengguna.
  • – Beberapa eksklusif yang harus dimiliki (untuk saat ini)

PS5 merayakan hari jadinya yang kedua dan lebih populer dari sebelumnya. Tidak mengherankan, karena ini adalah mesin game fantastis yang menawarkan lompatan generasi sejati atas PS4. PS5 tidak hanya menawarkan game 4K, tetapi juga menghadirkan haptics ultra canggih, SSD cepat, dan audio 3D yang imersif.

Semua ini digabungkan untuk menyediakan konsol yang benar-benar lengkap untuk game generasi berikutnya atau generasi saat ini.

Ada sedikit keberatan karena desainnya yang memecah belah, karena konsolnya terlalu besar untuk menarik semua orang. Tetap saja, ini adalah konsol menarik yang layak dilacak untuk pengisian ulang PS5.

Harga dan Tempat Membeli

PS5 dirilis pada 12 November 2020 di AS, diikuti oleh 19 November di Inggris Raya dan sebagian besar dunia. PS5 standar dengan drive 4K-Blu-ray adalah dan Edisi Digital PS5 adalah Rp. 7 jutaan. Jika tidak keberatan tanpa disk, pilih yang lebih murah Rp. 6 jutaan.

Perlu dicatat bahwa PS5 sangat sulit untuk dibeli. Stok ritel bergerak masuk dan keluar dengan cepat, jadi tandai panduan pengisian ulang PS5 kami dan lihat tautan toko ritel di bawah ini. Kami tahu kami masih memiliki beberapa tahun lagi, tetapi inilah 8 hal yang kami inginkan dari PS6.

Desain PS5

Sudah dibahas sampai mati, tetapi PS5 benar-benar mesin yang sangat besar. Konsol Sony 15,4 x 10,2 x 4,1 inci mengerdilkan hampir semua sistem game yang dirilis dalam dekade terakhir, termasuk PS4 Slim dan PS4 Pro. Ini juga jauh lebih besar daripada saingan generasi baru Xbox Series X dan membuat Xbox Series S terlihat seperti mainan anak-anak.

Sasis besar ini memungkinkan PS5 mengemas kinerja yang layak sambil tetap tenang dan senyap di sebagian besar waktu (lebih lanjut nanti), tetapi ukuran PlayStation baru bisa menjadi masalah bagi mereka yang memiliki ruang hiburan lebih kecil.

Jika tidak berencana meletakkan PS5 di lantai, sobat memerlukan meja kecil khusus jika berencana untuk berdiri tegak. Kami dapat memasukkan PS5 secara horizontal ke dalam pusat hiburan, tetapi hampir tidak. Jadi, sebelum menyiapkan PS5 di rumah, sobat pasti ingin mengukur ruang yang tersedia.

Berbicara tentang orientasi, PS5 menyertakan dudukan yang dapat dilepas yang memungkinkan memposisikan konsol besar secara vertikal atau horizontal. Dudukan disekrup ke dasar konsol dalam mode vertikal (PS5 menyertakan sekrup, tetapi tidak ada alat untuk mengencangkan sekrup), dan dalam mode horizontal, dudukan dipasang ke area port belakang PS5.

Alangkah baiknya jika PS5 menyertakan alat untuk melepaskan alasnya, tetapi mudah dipasang dan dilepas menggunakan koin. Sistem berdiri dengan aman dalam mode vertikal dengan alas terpasang, tetapi menurut kamj alasnya jauh lebih rewel dalam orientasi horizontal.

Butuh beberapa kali percobaan sebelum terbentang dengan aman di tanah. Kami akhirnya mengamankan PS5 secara horizontal di pusat hiburan, tetapi merasa malu dengan fakta bahwa konsol tersebut meluncur dengan sangat mudah kecuali jika diposisikan dengan benar.

Terlepas dari itu, kami kemungkinan besar akan menyimpannya dalam orientasi horizontal untuk sebagian besar waktu menggunakan PS5. Itu hanya karena khawatir sasis yang terlalu besar akan secara tidak sengaja terbalik saat duduk di meja.

Estetika PS5 yang menarik dan futuristik telah menjadi bahan perdebatan sejak diluncurkan, dan masih memiliki perasaan campur aduk tentangnya. Panel samping putih runcing dan bagian besar asimetris yang ditambahkan oleh drive Blu-ray membuat konsol terlihat tidak sedap dipandang dan seperti modem kabel besar saat berdiri tegak.

Namun, kami agak menyukai tampilannya yang diletakkan secara horizontal di bawah TV, di mana lekukan dan tepiannya tampak lebih bersinar (meskipun memang terlihat seperti miniatur Barclays Center). Kami juga menyukai lampu status LED yang menarik di kedua sisi interior.

Lampu ini lebih halus dan lebih berbeda dari lampu status PS4. Dan ikon pengontrol PlayStation kecil yang tersembunyi di dalam panel bagian dalam adalah sentuhan ekstra yang bagus. Suka atau tidak suka, PS5 adalah sistem yang memperhatikan detail dan tidak seperti konsol yang pernah kami lihat sebelumnya.

Mulai 13 Desember 2021 lalu, sobat juga dapat berinvestasi di sampul PS5 resmi, dan pelat muka konsol akan berubah warna. Mereka tidak akan mengubah keseluruhan desain sistem, tetapi setidaknya Anda tidak akan terjebak dengan skema warna putih polos.

Plus, satu orang telah membuat PS5 Slim tidak resmi yang terlihat cukup bagus, dengan beberapa peringatan.

Port dan Ekspansi

PS5 memiliki rangkaian port yang cukup standar dan dilengkapi dengan beberapa fasilitas modern. Port USB Tipe-A Berkecepatan Tinggi dan port SuperSpeed ​​USB Tipe-C ada di bagian depan. Kami sangat senang melihat konsol yang menampilkan konektivitas USB-C untuk menyambungkan aksesori dan drive penyimpanan terbaru.

Di bagian belakang terdapat dua port SuperSpeed ​​​​USB-A, jack Ethernet, port HDMI 2.1, dan adaptor AC. (Lihat TV game terbaik kami untuk rekomendasi TV kami dengan HDMI 2.1.) PS5 membuang port audio optik PS4.

Ini sangat disayangkan bagi mereka yang menggunakan perangkat audio kelas atas dengan koneksi optik. Namun, beberapa perusahaan sudah menawarkan splitter optik ke HDMI, seperti Astro dengan headset Astro A20.

Untuk memperluas penyimpanan SSD 825GB bawaan PS5, ada slot ekspansi PCIe 4.0 M.2 yang dapat diakses dengan membuka konsol. Tidak semua SSD didukung, dan sobat memerlukan SSD yang memenuhi persyaratan Sony yang cukup ketat, seperti Western Digital SN850, Samsung 980 Pro, atau Nextorage M.2 NVMe SSD produksi Sony yang akan datang .

Saat diluncurkan, slot ekspansi dikunci, tetapi pembaruan perangkat lunak PS5 terbaru membukanya, memungkinkan pengguna menambahkan SSD tambahan untuk penyimpanan yang lebih besar. Meskipun fitur ini masih dalam versi beta, kami menguji sendiri prosesnya dan mendapatkan beberapa hasil yang bagus.

Slot ekspansi SSD konsol memberi PS5 kesempatan lain di Xbox Series X. Menambahkan penyimpanan internal tambahan ke konsol Microsoft memerlukan pembelian kartu SSD berpemilik yang mahal, tetapi solusi ekspansi SSD Sony memungkinkan memilih dari berbagai pihak ketiga. Model dengan titik harga.

PS5 juga berfungsi dengan hard drive eksternal standar, tetapi hanya digunakan untuk memindahkan game digital PS4 atau menyimpan file.

Antarmuka PS5

Antarmuka PS5 adalah evolusi perangkat lunak PS4 yang bersih, menarik, dan cepat. Memulai dan keluar dari game dan menavigasi menu terasa begitu instan sehingga menu PS4 terasa relatif lamban dan berantakan.

Dan meskipun ada beberapa fitur yang kami harap ditambahkan ke antarmuka PS5, mereka memperkenalkan beberapa cara baru yang menarik untuk mendapatkan apa yang dimainkan dengan lebih cepat. Tetap saja, ada banyak fitur tersembunyi PS5 yang harus dicoba.

Layar beranda akan terlihat familier bagi pemilik PS4, dengan deretan ubin horizontal yang menampilkan game terbaru. Saat menyorot sebuah game, seni judul tersebut mengambil alih seluruh layar beranda dan musik diputar di latar belakang untuk estetika yang bersih.

Ada tab penelusuran praktis yang menampilkan berita dan pembaruan, dan tab pustaka game yang memungkinkan mengunduh koleksi judul PS4 secara instan. Seperti PS4, PS5 memungkinkan merekam video dan tangkapan layar, atau mengalirkannya ke YouTube atau Twitch dengan ketukan cepat pada tombol Buat.

Kami suka tampilan bersih keseluruhan dari perangkat lunak PS5, tetapi berharap ada opsi untuk mengatur game ke dalam folder seperti di PS4. Sangat menyenangkan melihat latar belakang diterapkan pada game yang telah disoroti, tetapi kami terkejut tidak ada opsi untuk menyetel wallpaper khusus.

(Setidaknya ada trik sederhana untuk memberikan tampilan retro pada PS5 yang menggantikan logo dengan logo ikonik merah, kuning, hijau, dan biru yang terlihat pada versi konsol sebelumnya.)

Pengguna lama PS4 sekarang dapat mengetuk tombol PlayStation untuk membebaskan memori otot. Karena Pusat Kontrol muncul di bagian bawah layar tempat  dapat beralih antar aplikasi, melihat teman, memeriksa notifikasi, memantau masa pakai baterai pengontrol, dan banyak lagi untuk mengocoknya. .

Lebih baik lagi, sobat dapat menyesuaikan Pusat Kontrol untuk mengakses fitur dengan cepat seperti pengaturan jaringan, opsi aksesibilitas, dan kontrol siaran. Ini merupakan peningkatan besar dari Menu Cepat PS4, yang mengambil bagian layar yang jauh lebih besar dan cepat serta tidak dapat disesuaikan.

Perangkat lunak yang jernih dan bersih memang bagus, tetapi antarmuka PS5 benar-benar hidup saat mulai bermain game. Saat memainkan game PS5, mengetuk tombol PlayStation akan menampilkan menu aktivitas yang menampilkan informasi seperti kemajuan misi saat ini, sekumpulan trofi untuk diikuti, atau daftar aktivitas dalam game yang akan segera dimulai. .

Misalnya, sobat dapat terjun ke serangkaian misi sampingan dan tantangan langsung dari menu aktivitas di Spider-Man: Miles Morales tanpa harus benar-benar mencarinya di dalam game, menghemat waktu berkeliling.

Sobat juga dapat mengakses menu aktivitas langsung dari pustaka game sebelum memulai game. Ini berarti dapat melompat langsung ke level tertentu di ruang bermain Astro tanpa harus mengutak-atik menu.

Sebagai seseorang yang tidak selalu memiliki banyak waktu luang, kemampuan untuk melompat ke bagian tertentu dari permainan di level sistem tidak hanya diapresiasi, tetapi juga sangat inovatif. Ini mungkin tampak seperti konsesi kecil bagi sebagian orang.

Tetapi menu aktivitas pada akhirnya dapat mengubah cara kami bermain game, dan kami benar-benar ingin melihat bagaimana pengembang menggunakannya di tahun-tahun mendatang.

Pada tingkat perangkat lunak, keluhan terbesar saya tentang PS5 tampaknya tidak seperti Xbox Series X dan S, konsol Sony tidak dapat menjeda banyak judul sekaligus. Fitur Resume Cepat Xbox memungkinkan untuk melompat dengan mulus di antara enam game dan melanjutkan tepat di mana sobat tinggalkan di masing-masing game, sedangkan di PS5 sobat harus memulai ulang setiap game dari awal.

Yang lebih membuat frustrasi adalah konsol tidak memperingatkan saat game lama dimatikan untuk memberi jalan bagi yang baru, yang dapat menyebabkan hilangnya progres yang belum disimpan. Waktu pemuatan PS5 sangat cepat sehingga kurangnya Quick Resume bukanlah masalah besar, tetapi sayang sekali konsol Sony tidak memiliki jawaban untuk salah satu fitur Seri X yang paling nyaman.

Mulai Februari 2022, pengguna akan dapat mencoba perangkat lunak beta PS5 baru, yang akan meningkatkan fungsi obrolan, navigasi, dan perintah suara.

Pengontrol DualSense

Pengontrol DualSense PS5 mungkin menjadi hal terbaik berikutnya untuk konsol baru Sony. Umpan balik haptic gamepad, pemicu adaptif, dan speaker internal bekerja sama dengan luar biasa untuk menghadirkan tingkat perendaman taktil yang belum pernah dialami sebelumnya saat bermain game.

DualSense terutama bersinar di Astro’s Playroom, judul pra-instal gratis yang dibuat khusus untuk menunjukkan apa yang dapat dilakukan pengontrol baru Sony. Dalam platformer 3D yang cantik ini, sobat dapat merasakan dan mendengar dampak halus butiran pasir saat berjalan melewati badai, dan merasakan sensasi meluncur mulus saat berseluncur di atas es, hanya untuk beberapa nama.

Semuanya, mulai dari menarik tali hingga meluncur di atas jetpack menciptakan umpan balik gaya pada tingkat yang sangat detail. Ini adalah hal yang harus benar-benar Anda rasakan untuk percaya. Jika sudah memikirkan pertarungan PS5 DualSense vs. DualShock 4, pengontrol baru ini adalah yang terbaik dalam hal inovasi.

Pemicu adaptif sangat mengesankan karena dapat menjadi lebih sulit untuk dioperasikan tergantung pada situasi dalam game. Misalnya, saat mengontrol karakter dalam pakaian berpegas, pemicunya memberikan lebih banyak perlawanan, secara akurat mereplikasi perasaan menekan dan melepaskan pegas.

Gim ini juga dapat memanfaatkan mikrofon bawaan DualSense, karena ruang bermain Astro memerlukan tiupan pengontrol untuk menggerakkan platform es.

Sackboy: A Big Adventure memanfaatkan pengontrol Sony secara mengesankan, karena kami tiba-tiba merasakan hambatan saat berjalan di rerumputan tinggi berkat pola haptik yang stabil. Selama cutscene, kami merasakan getaran bergerak melalui bagian tertentu dari pengontrol, dan saya menikmati ketukan lembut kaki Sackboy saat dia melayang di udara. Dan dalam pertarungan berbasis pedang Godfall, saya merasakan ketegangan pemicu untuk menambah bobot perasaan serangan berat yang menebas musuh.

Saat memainkan Spider-Man: Miles Morales, kami merasakan getaran halus namun sangat halus selama cutscene karena pengontrolnya sangat cocok dengan suara dentingan kacamata atau hentakan Badak di kejauhan melalui umpan balik taktil. Kami juga menghargai sedikit perlawanan saat saya mengayunkan jaring melalui Manhattan dengan pelatuknya, dan dengungan listrik lembut yang diputar dari speaker setiap kali mengisi daya serangan Venom Miles.

Pengontrol baru Sony memiliki mikrofon internal sehingga dapat mengobrol dengan teman saat tidak memiliki headset game. Dan itu benar-benar bekerja dalam keadaan darurat. Kami melakukan obrolan suara lengkap dengan kolega yang menggunakan DualSense dan dapat mendengar satu sama lain dengan baik melalui speaker bawaan pengontrol.

Sobat mungkin ingin menggunakan headset khusus untuk mendengarkan game dan audio obrolan selama pertandingan kompetitif Call of Duty, tetapi fakta bahwa dapat berbicara dengan teman tanpa headset di PS5 adalah kejutan besar.

DualSense sudah menunjukkan beberapa potensi luar biasa, tetapi hanya sebagus game yang memanfaatkannya. Sementara game seperti Ruang Bermain Astro, Spider-Man, Godfall, dan Sackboy melakukan beberapa hal menarik dengan gamepad Sony, kami bertanya-tanya berapa banyak pengembang yang memanfaatkan sepenuhnya kemampuan unik DualSense karena semakin banyak game PS5 yang hadir. .

Selain haptics tingkat lanjut, DualSense berfungsi sebaik pengontrol standar. Ini jauh lebih besar dari gamepad DualShock 4, dan dalam hal rasa dan ergonomis, ini adalah desain yang mengeluarkan satu halaman dari pengontrol nirkabel Xbox.

Meskipun cengkeraman tebal DualSense memuaskan untuk dipegang, saya berharap ini sedikit lebih kompak, tetapi saya merasa tangan saya kaku saat memainkan game aksi yang lebih intens seperti Godfall dan Devil May Cry 5.

Kabar baiknya adalah tombol dan pemicu DualSense terasa hebat selama bermain game sehari-hari. Saya tidak mengalami kesulitan melakukan kombo khas Mortal Kombat 11 saya berkat D-pad pengontrol yang halus dan tombol wajah yang cepat.

Saat menjatuhkan Pemberontak di Battlefront II, thumbsticks dan trigger responsif dan akurat. Touchpad kali ini jauh lebih besar dan kami suka bahwa lightbar bawaan membungkus di sekitar tengah daripada menutupi bagian atas seperti yang terjadi pada DualShock 4.

Kinerja dan Waktu Muat

Dengan prosesor AMD Zen 2 8-core yang bertenaga, performa grafis 10,3 teraflops, dan SSD khusus yang sangat cepat, PS5 menjanjikan performa terbaik yang pernah ada dari konsol game.

Sementara kami hanya memainkan beberapa judul yang dirancang untuk memanfaatkan kekuatan PS5, kami sudah terkesan dengan apa yang dapat dipompa konsol Sony dalam hal kesetiaan, frekuensi gambar, dan yang terpenting, kecepatan muat.

Ini tidak mengherankan, tetapi game yang berjalan di konsol baru Sony terlihat fantastis. Spider-Man: Miles Morales lebih terlihat seperti game PC kelas atas daripada judul PlayStation, karena ia menatap kosong pada warna merah dan ungu mencolok dari Spider-Man dan musuhnya yang memantul dari layar dalam 4K.

Berkat dukungan konsol untuk ray tracing, gedung pencakar langit Manhattan secara realistis saling memantulkan, seperti serangkaian genangan air di Times Square yang ramai. Miles Morales versi PS5 memiliki mode kinerja khusus yang mematikan efek seperti ray tracing dan menggunakan 4K yang ditingkatkan untuk frekuensi gambar yang lebih tinggi.

Ketika beralih ke mode ini dan berlari melintasi kota dengan kecepatan 60 frame per detik sambil tetap menikmati visual yang indah, rasanya seperti mengalami sesuatu yang tidak mungkin terjadi di konsol generasi sebelumnya. Ini membuatnya sangat sulit untuk kembali ke Miles Morales versi PS4.

Ini sering tersedak kurang dari 30 frame per detik. Pengalaman ini kemungkinan akan meningkat di masa mendatang, dengan Sony mengonfirmasi dukungan VRR (variable refresh rate support) untuk PS5 sekitar tahun 2022.

Namun, meskipun visual yang dilacak dengan sinar dan mode kinerja 60fps sangat bagus, SSD secepat kilat PS5-lah yang benar-benar membuat konsol Sony terasa seperti generasi berikutnya.

Saat mem-boot game seperti Spider-Man: Miles Morales, hanya ada sedikit waktu henti antara memilih judul di layar beranda dan memukuli orang jahat di jalanan. Butuh sekitar 20 detik untuk melalui proses yang sama dan memainkan versi PS4.

Ruang bermain Astro seketika saat dapat melompat dari area hub utama game ke sejumlah level yang mengasyikkan tanpa layar pemuatan yang terlihat. SSD PS5 yang mempesona juga memungkinkan melompat ke bagian tertentu dari game melalui menu aktivitas, dan akan melakukan beberapa pekerjaan yang sangat kreatif dalam judul yang akan datang seperti tampilan Ratchet & Clank: Rift Apart yang melompat-dimensi.

Kita harus melihat bagaimana lebih banyak judul yang memanfaatkan SSD, tetapi ini sudah terasa seperti salah satu lompatan terbesar dalam game konsol dalam beberapa waktu. Dalam hal peningkatan waktu muat untuk game PS4, kami melihat peningkatan paling dramatis saat memainkan The Last of Us Part II.

Game aksi-petualangan Naughty Dog diluncurkan lebih dari dua kali lebih cepat di PS5 daripada di PS4, membutuhkan waktu hampir 30 detik lebih sedikit untuk memasuki pertemuan yang dapat dimainkan dari menu utama.

Kami melihat peningkatan yang sama signifikannya dengan Star Wars Battlefront II membutuhkan waktu sekitar 33 detik untuk boot di PS5 dibandingkan dengan hanya satu menit di PS4. Perbedaan waktu muat tidak terlalu mencolok saat menguji judul seperti God of War dan Mortal Kombat 11, tetapi setiap game yang saya uji memuat paling cepat di PS5.

Kompatibilitas Mundur

PS5 akan bekerja dengan hampir semua game PS4, yang merupakan langkah besar dari kurangnya kompatibilitas mundur Sony generasi terakhir. Kami telah menguji hampir selusin game PS4 di PS5, termasuk The Last of Us Part II, God of War, Mortal Kombat 11, Tetris Effect, dan Resident Evil 2, dan hampir semuanya memuat lebih cepat dan bekerja lebih baik daripada sebelumnya.

Itu berjalan dengan baik. PS4. Game PS4 digital dan berbasis disk bekerja dengan sempurna di PS5 saya, dan film saya yang sebenarnya bekerja dengan baik di drive Blu-ray 4K sistem.

PS5 memungkinkan game untuk memanfaatkan semua peningkatan PS4 Pro yang ditawarkan game, sehingga game dengan mode resolusi atau frame rate yang lebih tinggi akan mendapatkan keuntungan paling banyak dari konsol baru Sony.

Sebagai seseorang yang berasal dari PS4 yang dirilis, kemampuan untuk akhirnya menikmati mod frame rate tinggi God of War atau memainkan Efek Tetris dalam 4K terasa cukup sepadan dengan harga tiket masuknya sendiri (peningkatan waktu muat yang disebutkan di atas tentu saja tidak buruk juga .).

PS5 dirancang untuk bekerja dengan sebagian besar aksesori pihak pertama dan berlisensi resmi PS4, dan kami tidak memiliki masalah untuk membawa perlengkapan terbaru kami yang sudah ada. Memasangkan DualShock 4 ke PS5 semudah menghubungkannya melalui kabel USB, dan headset yang ada bekerja dengan baik dengan jack audio 3.5mm DualSense.

Pengontrol kabel pihak ketiga seperti Hori Fightpad dan Victrix Pro FS Fight Stick juga bekerja dengan sempurna hanya dengan menekan satu tombol di Mortal Kombat. DualShock 4 hanya berfungsi dengan game PS4 yang kompatibel dengan versi sebelumnya, jadi tidak dapat menggunakannya dengan judul eksklusif PS5.

Baru-baru ini, aplikasi paten baru yang diajukan oleh desainer PlayStation mengisyaratkan bahwa suatu hari PS5 akan dapat menjalankan game PS1, PS2, dan PS3, memberi lebih banyak alasan untuk menggunakan PS5.

Susunan Game PS5

Jajaran peluncuran PS5 telah dimulai dengan baik. Game peluncuran utama konsol ini adalah Spider-Man: Miles Morales, sekuel yang penuh warna dan menyenangkan dari Marvel’s Spider-Man 2018, menampilkan grafik ray-tracing dan mode kinerja 60fps opsional.

Sackboy: A Big Adventure adalah platformer 3D yang sederhana namun menarik dengan banyak penyesuaian karakter, tetapi Ruang Bermain Astro, paket game gratis yang menawarkan pengontrol DualSense, mungkin lebih baik.

Tidak ada konsol yang merilis game penting sejak Nintendo Wii pada tahun 2007, dan platformer baru Sony dipenuhi dengan barang koleksi yang menyenangkan dan telur Paskah untuk penggemar berat PlayStation.

Jika tindakan dewasa lebih penting bagi sobat, Godfall adalah RPG aksi yang menyenangkan dan indah yang terasa seperti perkawinan antara pertempuran hebat God of War 2018 dan sistem penjarahan mendalam Destiny.

Ingin sesuatu yang lebih gaya? Devil May Cry 5 Edisi Khusus adalah versi yang disempurnakan dari slash-up 2019 yang luar biasa yang menampilkan mode ray tracing dan performa 120fps.

Salah satu peluncuran eksklusif terbesar untuk PS5 adalah Demon’s Souls, sebuah remake yang menakjubkan secara visual dari aksi/RPG kesayangan tahun 2009 dengan nama yang sama. Kami baru saja mulai menguji pandangan baru Bluepoint tentang favorit kultus, jadi pantau terus untuk tayangan lainnya.

Masalahnya, sobat tidak membutuhkan PS5 untuk memainkan game-game ini. Spider-Man: Miles Morales dan Sackboy: A Big Adventure juga tersedia di PS4, seperti banyak game pihak ketiga besar yang hadir bersamaan dengan perilisannya.

Ini termasuk Assassin’s Creed Valhalla, Mortal Kombat 11 Ultimate, The Pathless, Dirt 5, dan NBA 2K21. Semua game ini tersedia untuk PS4, tetapi Anda memerlukan PS5 untuk menikmati fitur-fitur seperti gameplay 4K yang sebenarnya dan frekuensi gambar 60fps opsional.

Selain itu, Fortnite telah dioptimalkan untuk PS5 saat diluncurkan, dan judul seperti Madden NFL 21 dan Watch Dogs Legion akan menawarkan peningkatan PS5 gratis bagi mereka yang memiliki versi PS4.

Ke depan, kita dapat mengharapkan eksklusif PS5 utama seperti Ratchet & Clank: Rift Apart, God of War Ragnarok, dan Horizon Forbidden West (yang terakhir memiliki versi PS4) akan dirilis pada tahun 2021 dan seterusnya.

Sobat tidak perlu PS5 untuk memainkan beberapa game baru terbesar dari Sony dan pihak ketiga, tetapi Anda dapat menikmati versi yang jauh lebih baik di sistem baru. Dan jangan lupa bahwa sebagian besar perpustakaan PS4 disertakan. Penyempurnaan visual dan performa utama untuk judul tertentu telah selesai.

Aplikasi

PS5 dapat mengakses hampir semua aplikasi hiburan yang diperlukan, termasuk Disney Plus, Netflix, YouTube, Prime Video, dan Apple TV Plus, yang baru di ekosistem PlayStation. Semua aplikasi ini bekerja secara identik dengan rekan PS4 mereka dalam pengujian, yang tidak buruk.

Baik menonton Chappelle’s Show di Netflix atau berita gulat di YouTube, setiap aplikasi yang kami uji dimuat dengan cepat dan dapat dialirkan dengan andal. Tetapi yang lebih penting, aplikasi streaming PS5 lebih mudah diakses berkat tab media yang nyaman yang hanya berjarak satu tombol dari layar beranda.

Ini adalah peningkatan yang bagus dari PS4 yang mengubur semua aplikasi streaming di menu TV & Video yang memuat lambat.

Tindakan Pencegahan dan Catatan: Jailbreak PS4 secara teoritis dapat bekerja pada PS5 yang dapat membuka PS5 ke semua jenis perangkat lunak dan aplikasi homebrew. Namun, disarankan untuk menghindarinya karena dapat menyebabkan masalah. Itu adalah sesuatu yang tidak ingin Anda lakukan ketika stok PS5 masih sangat sulit ditemukan.

Panas dan Kebisingan

Berkat kipas internal yang besar dan ventilasi besar di dalam sasis, PS5 tetap dingin dan senyap saat menggunakannya. Kami hampir tidak memperhatikan suara yang datang dari konsol, meskipun menghabiskan waktu berjam-jam menjelajahi Astro’s Playroom atau mengikat para penipu di Spider-Man.

Kami memang memperhatikan beberapa momen kebisingan yang jarang terjadi saat menjalankan Star Wars Battlefront II, dan saat pertama kali memasukkan Blu-ray ke dalam sistem, kami dapat mendengar disk berputar cukup keras. T

etapi dibandingkan dengan suara seperti mesin jet yang dibuat PS4 saat hanya mengunduh game, PS5 sangat sunyi.

Audio 3D

Mesin Tempest PS5 dapat menghadirkan audio 3D ke game yang didukung, sehingga sobat dapat mendengar game dengan arah yang lebih baik daripada yang dapat disediakan oleh stereo standar.

Audio 3D PS5 dirancang untuk bekerja dengan sebagian besar headphone dan headset yang ada, tetapi headset nirkabel Pulse 3D Sony yang baru dioptimalkan untuk teknologi tersebut. Sejauh ini, kami telah menguji audio 3D pada headset Astro A20, dan meskipun efeknya sebagian besar tidak kentara, efeknya menjanjikan.

Trik audio PS5 paling terkenal di Astro’s Playroom. Karena dapat mendengar hujan dengan jelas dari atas dan dapat menunjukkan dengan tepat suara tornado yang mendesing di antara telinga kiri dan kanan saat menembak karakter ke atas.

Juga mudah untuk mengetahui dari mana asal mobil, pesawat, dan musuh saat berayun di Spider-Man: Miles Morales, tetapi kami tidak melihat banyak perbedaan dengan efek hidup atau mati.

Seperti banyak fitur PS5, pada akhirnya bergantung pada pengembang untuk memanfaatkan teknologi audio 3D konsol secara maksimal. Kami sangat ingin mencoba lebih banyak game dengan dukungan audio 3D dan mencoba headset Pulse 3D untuk pengalaman penuh.

Kesimpulan

PS5 adalah lompatan nyata dalam permainan konsol, memberikan kinerja 4K yang spektakuler, waktu muat yang sangat cepat, dan pengontrol yang benar-benar mengubah permainan yang membuat permainan lebih imersif dan taktil daripada sebelumnya.

Sobat dapat memainkan hampir semua game PS4, dan banyak yang akan berjalan dan memuat lebih baik dari sebelumnya. Namun, ada beberapa alasan untuk menunggu sebelum menekan tombol beli.

Jika dapat menemukan konsol baru Sony. Pemilik PS4 masih dapat menikmati rilis besar seperti Spider-Man: Miles Morales dan Assassin’s Creed Valhalla, sehingga jajaran peluncuran PS5 hanya memiliki sedikit eksklusif yang penting.

Ukuran konsol yang sangat besar dapat menjadi masalah bagi pengguna dengan ruang terbatas, dan pengontrol DualSense sendiri mungkin agak besar untuk pengguna dengan tangan yang lebih kecil.

Seperti kebanyakan rilis konsol, PS5 hanya akan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu dengan game dan fitur eksklusif baru bagi mereka yang memilih untuk menunggu.

Xbox Series X seharga Rp. 7 jutaan dari Microsoft, yang menawarkan sedikit lebih banyak kekuatan dan bekerja dengan game Xbox generasi keempat, juga patut dipertimbangkan.

Tetapi jika mengambil PS5 hari ini, sobat akan mendapatkan pengalaman generasi berikutnya yang sebenarnya dengan haptics canggih, grafik indah, dan hampir tidak ada gesekan dengan game favorit. PS5 akan segera kehilangan beberapa fitur Penghargaan yang jarang digunakan.

Leave a Comment