Rahasia Membuat Presentasi Skripsi yang Baik dan Benar, Gimana Caranya?


0

Membuat Presentasi Skripsi, Gimana Caranya? Skripsi merupakan persyaratan untuk kelulusan untuk mayoritas jurusan yang ada. Seperti yang kamu tahu, skripsi berisikan hasil observasi atau penelitian dari sebuah topik yang sudah kalian tentukan sebelumnya. Mengerjakan skripsi tidak akan terlepas dari yang namanya sidang skripsi.

Sidang skripsi adalah kegiatan terakhir yang harus dilakukan untuk menentukan apakah skripsi kamu lulus atau tidak. Di sini kamu harus mempresentasikan hasil observasi atau penelitian kamu yang telah kamu buat dalam skripsi kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dengan dosen penguji. Oleh karena itu, keberhasilan dari sidang skripsi merupakan hal yang penting dalam menentukan kelulusan kamu.

Salah satu elemen yang penting pada sidang skripsi adalah presentasi yang dipersiapkan

Hal ini karena dengan menyajikan presentasi yang baik kamu bisa membuat dosen penguji dan dosen pembimbing kamu mengerti dengan baik apa topik yang kamu bawa untuk skripsi kamu dan juga bagaimana hasil dari penelitian atau observasi dari skripsi kamu. Tentunya ini akan membuat kamu terlihat benar-benar siap dan juga menguasai skripsi yang telah kamu buat, sehingga akan mempermudah proses sidang skripsi kamu. Oleh karena itu, buat kamu para pejuang skripsi berikut adalah tips bagaimana membuat presentasi skripsi yang baik.

Sebelum membuat presentasinya, pastinya kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja isi dari presentasi tersebut. Karena presentasi ini berisi tentang skripsi kamu, jadi pastinya prensetasi ini berisikan tentang skripsi kamu secara keseluruhan mulai dari pendahuluan hingga kesimpulan dan saran. Namun, kamu harus cerdas untuk mengatur bagaimana caranya untuk membuat skripsi kamu yang super banyak dikemas menjadi sebuah presentasi yang ringkas, padat dan jelas.  Di sini kita akan membahas satu persatu.

BACA JUGA: Bingung Gimana Cara Memilih Topik Skripsi yang Bagus? Begini Nih Caranya!

Poin-poin penting di setiap bab

Sumber: ipringsolutions.com

Mulai dari bab 1 yakni pendahuluan, hal yang penting adalah dalam presentasi kamu adalah kamu membuat orang mengerti dari presentasi tersebut apa latar belakang kamu mengangkat topik tersebut hingga tujuan yang kamu harapkan setelah dilakukan penelitian atau observasi tersebut .

Untuk bab 2, hal yang perlu kamu letakkan pada presentasi kamu adalah rangkuman apa yang telah dilakukan oleh orang-orang sebelumnya mengenai penelitian tersebut dan bagaimana hasilnya serta apa yang bisa dilakukan untuk selanjutnya. Hal ini untuk memperkuat argumen kamu untuk mengangkat topik skripsi kamu. Setelah itu kamu jelaskan mengenai proses atau hal-hal yang butuh untuk dijelaskan agar orang mengerti penelitian yang kamu lakukan.

Untuk bab 3, ini akan lebih mudah untuk mempresentasikan dengan singkat, kamu tinggal memberikan diagram alir penelitian kamu dengan tujuan dosen penguji dan pembimbing kamu mengerti proses apa saja yang kamu lakukan.

Untuk bab 4 yang merupakan hasil penelitian, kamu harus menunjukan seluruh hasil penelitian kamu dan juga beri penjelasan singkat mengenai bagaimana pembahasan di setiap hasilnya.

Sementara untuk bab terakhir akan lebih mudah untuk membuatnya menjadi ringkas karena berupa kesimpulan dan saran. Dengan mengetahui poin-poin penting ini, kamu bisa membuat presentasimu menjadi lebih ringkas namun tetap tersampaikan secara keseluruhan.

BACA JUGA: Untuk Kamu Yang Sedang Skripsian, Jangan Menyerah!

Hal Penting Lainnya

Selain mengetahui poin-poin penting yang harus kamu sampaikan dalam setiap babnya, hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah dalam pembuatan presentasi tersebut pastikan harus proporsional antara tulisan dengan gambar yang disediakan. Jangan terlalu banyak memberikan tulisan pada presentasi kamu karena akan membuat audience menjadi bosan melihatnya dan bisa menyebabkan mereka menjadi tidak memahami presentasi kamu.

Yang penting, kamu menuliskan poin-poin penting disana dan sisanya kamu bisa menjelaskannya secara lisan. Perhatikan penggunaan mulai dari gambar, jenis tulisan hingga ukuran tulisannya agar presentasi kamu terlihat baik.

Itu dia beberapa tips mengenai bagaimana membuat presentasi skripsi. Jangan lupa dipraktekan ya!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Matary Puspita Gatot
Orang-orang biasa memanggilku Tary. Aku lulusan Teknik Metalurgi dan Material angkatan 2015. Selain menulis, aku tertarik mempelajari hal-hal baru dan tertarik pada dunia beauty dan entertainment.