The 4th Bogor Art Festival

Bogor Art Festival adalah acara festival kebudayaan terbesar di Institut Pertanian Bogor yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB. Tahun ini, Bogor Art Festival memasuki tahun keempatnya semenjak tahun 2010.

Selama tiga tahun perjalanan Bogor Art Festival semenjak tahun 2010 hingga tahun 2013, acara ini terbilang sukses di mata mahasiswa IPB dan masyarakat Bogor. Terbukti dengan banyaknya artis – artis nasional dan parade kebudayaan yang setiap tahunnya selalu memeriahkan acara Bogor Art Festival. Beberapa artis nasional yang pernah mengisi acara Bogor Art Festival adalah Adera, RAN, Danang & Darto, Abdul & The Coffee Theory, SOULJAH dan Rio Febrian. Serta tak lupa adanya acara parade budaya seni seperti parade busana tradisional, parade musik tradisional kontemporer dan bahkan JFC (Jember Fashion Carnival) yang sudah bertaraf internasional pernah menjadi salah satu pengisi acara Bogor Art Festival.

advertisement

Acara Bogor Art Festival merupakan sebagai salah satu bentuk penghargaan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB kepada Kota Bogor tempat dimana kampus IPB bernaung. Diharapkan dengan adanya acara Bogor Art Festival ini bisa mengangkat keragaman budaya dan seni yang dimiliki oleh Kota Bogor. Acara ini juga sekaligus menjadi ajang perkenalan potensi Kota Bogor di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Memasuki tahun keempatnya, The 4th Bogor Art Festival atau yang biasa disingkat BAFest mengusung tema “Pesona Harmoni Pasundan dalam Keeksklusifan Budaya Bogor”. Tema tersebut diangkat dengan latar belakang Kota Bogor yang berada di tanah parahyangan sunda.

Akan ada yang berbeda di serangkaian acara The 4th Bogor Art Festival, yaitu adanya acara Grand Launching The 4th Bogor Art Festival sebagai acara pembuka dari semua rangkaian acara The 4th Bogor Art Festival. Acara tersebut akan dilaksanakan di salah satu tempat wisata di Bogor, yaitu kawasan car free day Kota Bogor pada hari Minggu tanggal 12 Oktober 2014. Acara ini juga akan turut mengundang Walikota Bogor dan icon Kota Bogor yaitu Mojang Jajaka. Tujuan dari acara tersebut adalah untuk mempromosikan The 4th Bogor Art Festival kepada masyarakat Kota Bogor untuk ikut berpatisipasi di acara The 4th Bogor Art Festival.

advertisement

Selain acara Grand Launching, The 4th Bogor Art Festival memiliki empat rangkaian acara lainnya seperti National Art and Culture Competition, Charity, Bogor UMKM Expo dan akan ditutup oleh acara The Magnificent Grand Closing Stage.

National Art and Culture Competition akan dilaksanakan pada tanggal 16 November 2014 bertempat di Kampus IPB Dramaga Bogor. Lomba bertaraf nasional ini terdiri dari tiga macam lomba yaitu National Choir Competition, National Dance Creation dan National Photography Competition. Sasaran peserta ketiga lomba tersebut adalah siswa SMA/sederajat dan mahasiswa D3/S1. Tujuan dari adanya lomba tersebut adalah sebagai wadah para generasi muda untuk mensalurkan bakat dan minat mereka di bidang kesenian dan kebudayaan. Selain itu, diharapkan juga bisa menjadi wadah untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan dan kesenian Indonesia.

Charity merupakan rangkaian acara bentuk kepedulian The 4th Bogor Art Festival kepada cagar kebudayaan, maupun tempat – tempat bersejarah di kota Bogor. Rencananya charity kali ini akan ditujukkan untuk Museum Perjuangan yang berlokasi di dekat Pasar Mawar Bogor.

advertisement

Bogor UMKM Expo dan The Magnificent Grand Closing Stage akan dilaksanakan di tanggal dan tempat yang sama yaitu pada tanggal 22 November 2014 di Gedung Graha Widya Wisuda IPB Dramaga Bogor.

Bogor UMKM Expo akan dilaksanakan sejak pagi  hingga sore. Stan – stan expo di acara tersebut akan diisi oleh para wirausaha dari berbagai bidang seperti garmen, teknologi, kerajinan tangan, kuliner dll. Tujuan dari acara Bogor UMKM Expo adalah untuk mengangkat sisi ekonomi kreatif Kota Bogor dan menjadi ajang para wirausaha Kota Bogor untuk memperkenalkan hasil karya dan produksinya.

The Magnificent Grand Closing Stage sebagai acara penutup dari serangkaian acara The 4th Bogor Art Festival akan dilaksanakan di malam harinya. Acara penutupan ini akan diisi oleh parade kebudayaan dan artis – artis nasional yang akan memeriahkan dan menghibur para pengunjung.

advertisement