Pengertian Rasa Ragu Dan Cara Menghilangkannya

anakui.com – Rasa Ragu , Kita semua mengalami perasaan ragu-ragu dari waktu ke waktu, entah itu memulai pekerjaan baru, mengikuti ujian, atau berolahraga. Itu sangat normal.

Definisi keraguan diri adalah mengalami ketidakpastian tentang satu atau lebih aspek dari diri sendiri.

Kritik diri pada tingkat rendah dapat menjadi sumber motivasi yang baik. Itu dapat menginspirasi Anda untuk bekerja lebih keras dan mengasah keterampilan Anda untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Namun, terlalu banyak keraguan dan ketakutan dapat menghalangi Anda untuk tampil baik dan mencapai potensi penuh Anda.

Keraguan bisa diatasi, meski butuh waktu. kami siap membantu. Kami memberi Anda beberapa tips yang Anda butuhkan untuk merangkul diri sejati Anda .

Pengertian Rasa Ragu

Keraguan diri adalah kurangnya kepercayaan pada diri sendiri dan kemampuan seseorang. Itu adalah pola pikir yang menghalangi kesuksesan dan kepercayaan pada diri sendiri. Kerendahan hati adalah kualitas yang sehat untuk dimiliki, tetapi jika digunakan dengan biaya sendiri, itu tidak lagi bermanfaat.

William Shakespeare berkata, “Keraguan kita adalah pengkhianat, dan dengan takut mencoba, kita kehilangan kebaikan yang bisa kita peroleh.” Pada dasarnya itu berarti keraguan membuat kita menyerah.

penyebab keraguan diri

Ada banyak hal Rasa Ragu yang bisa membuat seseorang meragukan diri sendiri. Hal yang paling berguna adalah mempelajari cara mengatasi keraguan diri Anda, tetapi memahami penyebabnya bisa sangat membantu.

Berikut adalah beberapa faktor umum yang menyebabkan keraguan diri. Pertimbangkan kemungkinan penjelasan ini untuk membantu Anda berhenti menyalahkan diri sendiri karena ragu.

Bagi kebanyakan orang, mencoba menunjukkan dengan tepat mengapa mereka memiliki Rasa Ragu kurang penting daripada mengatasinya.

1. Orang Tua Narsis / sombong

Seringkali kita takut mengulangi kesalahan orang tua kita dan akibatnya kita bisa terlalu berhati-hati dalam mengambil keputusan tertentu.

Tetapi jika orang tua Anda narsis atau sombong, Anda bisa menjadi sangat goyah.

Tergantung pada karakteristik orang tua mereka, mereka mungkin menjadi terlalu rendah hati atau kurang percaya diri. Anda mungkin mempertanyakan tindakan Anda sendiri. Ini membuatnya sulit untuk menerima pujian.

2. “Pendekatan sersan”

Menunjukkan “cinta yang kuat” pada diri sendiri dapat menjadi motivator yang efektif karena hal itu mendorong Anda untuk bekerja lebih keras di lain waktu.

Tetapi berulang kali mengkritik diri sendiri jauh lebih berbahaya daripada kebaikan.

Jika perilaku Rasa Ragu ini berlanjut, ini dapat menyebabkan sabotase diri yang terlalu banyak bekerja dan ketakutan menjadi malas atau “mulus”.

3. Pengalaman Masa Lalu

Ada benarnya pepatah “masa lalu bisa menghantui kita”. Pengalaman kita membentuk siapa kita dan bagaimana kita melihat orang lain dan dunia.

Banyak dari kita berjuang untuk melepaskan Rasa Ragu . Kegagalan dan kemunduran masa lalu dapat membuat kita kewalahan dengan keraguan diri.

4. Takut Gagal dan Takut Sukses

Rasa takut gagal dan mengecewakan orang lain sama nyatanya dengan rasa takut tidak mampu meniru kesuksesan masa lalu.

Jika Anda penuh dengan Rasa Ragu , Anda mungkin berpikir bahwa keberuntungan, bukan bakat, telah sampai sejauh ini.

Tanda Anda Meragukan Diri Sendiri / Mempunyai Rasa Ragu

Tanda-tanda umum Anda menghadapi keraguan diri dalam kehidupan pribadi atau profesional Anda meliputi:

1. Tidak menerima pujian dari orang lain dan tidak menghargai dirinya sendiri.

2. Terus-menerus mencari kelegaan

3. Harga diri rendah

4. Merasa tidak mampu

Tips Menghilangkan Rasa Ragu

1. Latih welas asih

Keraguan diri berarti menahan diri. Itu berasal dari rasa takut membuat kesalahan, dan kesalahan adalah cara kita tumbuh dan berkembang. Lihatlah ke cermin dan ucapkan tiga afirmasi positif saat Anda memulai hari.

2. Lihat kembali prestasi masa lalu.

Introspeksi adalah alat yang fantastis. Itu mengingatkan kita bahwa kita dapat melakukan apa yang ingin kita capai. Tetapi hidup di masa lalu dapat membawa Anda keluar dari saat ini. Tidak memikirkan yang buruk dan berfokus pada belajar dari apa yang terjadi dan menggunakan pelajaran yang dipetik dari masa itu untuk memperbaiki masa kini adalah hal yang sangat penting.

3. Jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain

Keraguan diri juga bisa muncul saat Anda menilai diri sendiri terhadap keluarga, teman sebaya, atau selebritas. Kehidupan setiap orang berbeda, dan hanya karena orang lain unggul bukan berarti Anda tidak memiliki kekuatan. Alih-alih membandingkan diri Anda dengan orang lain, fokuslah pada diri sendiri. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk tetap bahagia dan mewujudkan impian Anda.

4. Habiskan waktu dengan orang-orang yang suportif

Berada di sekitar orang yang merendahkan kita adalah salah satu hal terburuk bagi kesehatan mental kita. Beberapa orang tidak akan mendukung Anda, tetapi yang lain pasti akan mendukung Anda. Habiskan waktu bersama orang-orang yang membuat Anda merasa baik. Mereka dapat mengangkat Anda ketika Anda berjuang untuk menghibur diri sendiri.

5. Ingat, Anda adalah kritikus batin terbesar Anda

Tidak ada yang menuntut standar yang lebih tinggi dari diri kita sendiri. Anda tidak akan menyalahkan ibu Anda karena tidak terpilih untuk pekerjaan itu, atau saudara perempuan Anda karena tidak mendapat nilai tertinggi di esai sekolahnya. Meminta maaf kepada diri sendiri adalah salah satu langkah terpenting untuk menyembuhkan dan melangkah maju.

6. Cari bantuan profesional

Tidak apa-apa untuk meminta bantuan. Apalagi jika keraguan diri adalah hambatan yang terus-menerus Anda hadapi. Membicarakan perasaan dan ketidakamanan kita dapat meringankan beban dan membuat orang lain didengarkan.

7. Mulailah membuat jurnal

Cobalah untuk menuliskan hal-hal yang Anda syukuri dan hal-hal yang Anda banggakan setiap hari. Jurnal dapat mencakup semuanya, mulai dari mendapatkan promosi di tempat kerja atau mengingat untuk mencuci piring. Semakin sering Anda berlatih mencintai diri sendiri, semakin mudah jadinya.

8. Anda skeptis terhadap pikiran Anda

Anda tidak seperti yang Anda pikirkan. Tanyakan seberapa akurat atau membantu mereka. Pemikiran negatif adalah kebiasaan mental yang menghabiskan kita lebih dari yang diperlukan. Kebiasaan juga bisa dibatalkan. Dibutuhkan kesabaran dan dedikasi.

BetterUp adalah perusahaan transformasi manusia yang mengadvokasi pertumbuhan pribadi, hubungan sosial, dan kesehatan mental. Kami menekankan pergeseran pemikiran secara sadar dari pemikiran reaktif ke pemikiran aktif untuk membuka area peluang.

Dibutuhkan upaya untuk meningkatkan, tetapi itu sepadan. Kami di sini untuk membimbing dan memberdayakan Anda untuk menjadi orang terbaik yang Anda bisa.

Akhir Kata .

Artikel diatas membahas tentang Rasa Ragu , keraguan , semoga artikel ini membantu , terimakasih .

Leave a Comment