Review Razer Kraken X, Headset dengan Suara & Desain Bagus

anakui.com – Jika membutuhkan headset gaming terjangkau yang terdengar cukup bagus dan berfungsi dengan semua yang dimiliki, Razer Kraken X adalah rekomendasi yang mudah.

Jika hanya memiliki Rp. 750 ribu untuk membeli headset gaming dan menginginkan sesuatu yang kecil dan nyaman, dapatkan Razer Kraken X. Jika musik juga perlu terdengar bagus, hindari.

Spesifikasi Razer Kraken X

Spesifikasi
Kompatibilitas: PC, PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S, Nintendo Switch
Driver: 40mm
Respons frekuensi: 12Hz - 28kHz
Nirkabel: tidak
Berat: 8,8 ons

Kelebihan

  • + Desain bergaya
  • + Kenyamanan pas
  • + Suara dalam game yang bagus

Kekurangan

  • – Mic Jahat
  • – Pertunjukan musik di bawah standar
  • – Suara surround tidak jauh berbeda dengan stereo

Headset gaming dalam kisaran Rp. 1 jutaan cenderung menggabungkan kualitas suara yang bagus dengan desain yang menarik. Tetapi headset dalam kisaran Rp. 750 ribu hingga Rp. 900 ribu sepertinya selalu mengorbankan sesuatu.

Razer Kraken X tidak terkecuali dengan aturan ini, dengan performa musik di bawah standar dan mikrofon yang tidak nyaman. Tetapi mengingat seberapa baik headset bekerja, harga yang ditawarkan masuk akal. Perangkat terdengar hebat dalam game yang berfokus pada pekerjaan treble dan suara.

Ini juga sangat nyaman dipakai selama berjam-jam, dan cukup ringan sehingga sobat akan lupa betapa kerasnya headset Razer lainnya, seperti Kraken Tournament Edition.

Jika membutuhkan headset gaming terjangkau yang terdengar cukup bagus dan berfungsi dengan semua yang dimiliki, kami dapat dengan mudah merekomendasikan yang ini, meskipun belum yakin.

Harga dan Ketersediaan

Razer Kraken X berharga Rp. 750 ribu. Sekarang turun menjadi Rp. 600 ribuan tetapi kehabisan stok. Sebagai gantinya, periksa Amazon untuk mendapatkan Kraken X di MSRP. Sobat mungkin juga ingin melihat halaman Kode Promo Razer untuk diskon terbaru Razer.

Desain Razer Kraken X

Kecuali satu kesalahan yang mengganggu, Kraken X bisa dibilang headset Razer paling tampan yang pernah diproduksi. Tidak seperti ManO’War yang sangat besar dan desain Kraken sebelumnya, Kraken X terlihat jauh lebih tradisional dan tidak terlalu konyol. Headset berukuran 7,5 x 6,5 inci dan beratnya hanya 8,8 ons.

Ini tersedia dengan sasis plastik serba hitam yang menampilkan desain sarang lebah halus dan logo Razer di penutup telinga. Ada ikat kepala empuk di bagian atas dan lekukan di samping untuk menyesuaikan kecocokan. Semuanya menyenangkan, sungguh-sungguh, dan elegan.

Kemudian kami beralih ke penutup telinga kiri tempat sebagian besar tambahan berada. Ada tombol bisu mikrofon dan tombol volume. Keduanya bagus. Namun, volume dial sedikit lebih tipis dan lebih rendah dari yang diinginkan. Tapi begitu masuk ke mikrofon, salah satu masalah terbesar headset muncul.

Headset kelas atas cenderung memiliki mikrofon yang dapat dilepas atau ditarik. Headset kelas bawah sering kali memiliki mikrofon boom yang dapat didorong ke atas dan tidak terlihat saat tidak digunakan. Kraken X memiliki mikrofon fleksibel yang tidak akan jatuh, atau terlipat.

Ini pada dasarnya akan berada di suatu tempat di penglihatan tepi setiap kali menggunakannya. Jadi kecuali melipatnya menjadi bentuk yang sangat spesifik, itu bisa sangat mengganggu. Dari semua solusi yang mungkin untuk teka-teki mikrofon, Razer telah memilih yang paling tidak intuitif.

Selain itu, Kraken X sangat serbaguna. Ini pada dasarnya terhubung ke semuanya melalui satu kabel audio 3,5mm.

Namun, headset ini juga dilengkapi dengan splitter bagi mereka yang ingin memisahkan input mic/audio untuk desktop gaming. Kabel bawaan agak pendek. Jangkauan lebih panjang dengan kabel splitter. (Setiap kabel memiliki panjang 4,3 kaki.) Ukur kebutuhan jarak sesuai kebutuhan.

Kenyamanan

Berkat ukuran, berat, dan penutup telinganya, Kraken X adalah salah satu headset Razer paling nyaman yang pernah dibuat. Ikat kepala kulit imitasi dan penutup telinga yang empuk sangat lembut dan mudah dipasang di telinga, bahkan saat memakai kacamata.

Rekan kami yang lain menguji Kraken X selama beberapa jam dan dengan sepenuh hati setuju dengan penilaian kami. Dia mengatakan headphone itu sangat nyaman dan dia berhasil memakainya hampir sepanjang waktu di tempat kerja tanpa harus melepasnya.

Performa Gaming

Kraken X kompatibel dengan PC game, PS4, Xbox One, Switch, dan hp (apa pun dengan jack headphone), dan game ini terdengar hebat di semua platform. Kami menghabiskan sebagian besar waktu saya dengan Kraken X untuk mencoba berbagai game PC termasuk Overwatch, StarCraft: Remastered, World of Warcraft, dan Baldur’s Gate: Enhanced Edition.

Headset unggul dalam pekerjaan suara seperti karakter menyindir Gerbang Baldur dan musik seperti ketukan latar belakang drive di StarCraft. Ketahuilah bahwa headset ini agak ringan pada bass. Suara terarah Overwatch berhasil, tetapi tembak-menembak terkadang tidak memiliki daya tarik tertentu.

Demikian pula, Kraken X menghadirkan suara berkualitas tinggi pada platform portabel baik saat menjelajahi hutan Tales of Vesperia: Edisi Definitif di Switch atau ruang bawah tanah Dragon Quest III di Android.

Suaranya tidak sedalam atau bernuansa seperti yang didapatkan dari headset yang lebih mahal. Tetapi Kraken X lebih bertenaga daripada saingannya seperti HyperX Cloud Stinger dan Roccat Renga Boost.

Fitur Razer Kraken X

Kraken X terhubung melalui jack 3.5mm daripada USB, jadi tidak banyak fitur perangkat lunak untuk dibicarakan. Saat membeli Kraken X baru, sobat mendapatkan akses ke perangkat lunak suara surround eksklusif Razer yang dapat digunakan untuk mengaktifkan suara surround digital 7.1.

Ini cukup sederhana untuk disiapkan, tetapi harus menginstal perangkat lunak terpisah dari Razer Synapse yang mengontrol semua periferal Razer yang lain sangat merepotkan. Selain itu, dalam pengujian, tidak ada perbedaan signifikan antara performa surround dan stereo.

Ini cukup banyak meninggalkan mic dan lumayan, tapi tidak bagus. Ketika merekam suara, kata-kata terdengar cukup jelas dengan sedikit bulu halus dan umpan balik.

Namun, banyak suara latar juga terdengar keras dan jelas, termasuk percakapan rekan kerja yang jauh dari meja. Mikrofon ini bagus untuk multipemain biasa, tetapi kami tidak akan mempercayainya lebih dari itu.

Performa Musik

Mikrofon yang menonjol mencegah Kraken X digunakan sebagai headset musik sehari-hari. Kami menguji Kraken X dengan musik dari The Old Crow Medicine Show, Flogging Molly, The Rolling Stones, dan G.F. Lihat seberapa baik Handel menangani genre yang berbeda, dan jika tidak terlalu baik.

Pertama-tama, fokus pada treble bagus untuk bermain game, tetapi tidak membantu untuk musik. Vokal disampaikan dengan cukup jelas, tetapi bass hampir tidak ada. Ini terutama berlaku untuk lagu-lagu funk dan klasik yang paling dibutuhkan.

Pemandangan suaranya datar dan tidak seimbang, membuat musiknya terasa agak tidak hidup. Kraken X bekerja dalam keadaan darurat. Musik tidak terdengar berlumpur atau jauh, seperti pada banyak headset serupa, tapi itu tidak bagus.

Kesimpulan

Kraken X tidaklah sempurna, dengan performa musiknya yang tidak mengesankan dan mikrofon yang tidak dapat dilepas. Tapi ini adalah headset yang sangat solid yang menghadirkan suara dalam game yang luar biasa dan kenyamanan selama berjam-jam. Desainnya menarik dan jauh lebih terkendali daripada periferal audio Razer lainnya.

Untuk harga yang hampir sama, Roccat Renga Boost sedikit lebih baik, dan Corsair HS50 setidaknya layak untuk dilihat. Jika tidak, Kraken X adalah salah satu headset gaming terbaik di harganya dan anggota klub headset Xbox Series X terbaik. Mudah-mudahan, ini juga menjadi pertanda bahwa kategori tersebut dapat meningkat lebih jauh lagi di masa mendatang.

Leave a Comment