Review Astro A03 In-Ear Monitor, Earbud Gaming Murah & Kokoh

anakui.com – Astro A03 adalah satu set earbud gaming yang kokoh dan terjangkau untuk hampir semua sistem. Astro A03 In-Ear Monitor menghadirkan suara Astro yang khas ke satu set earbud gaming yang bergaya.

Spesifikasi Astro A03 In-Ear Monitor

Spesifikasi
Kompatibilitas: PC, PS5, Xbox Series X/S, Switch, Seluler
Driver: 9mm
Respons frekuensi: 20Hz - 20kHz
Nirkabel: tidak

Kelebihan

  • + Suara permainan yang bagus
  • + Skema warna tebal
  • + Kompatibel dengan hampir semua hal
  • + Harga wajar

Kekurangan

  • – Tidak lengkap
  • –  Performa musik kecil

Astro A03 In-Ear Monitor adalah pengingat yang menyenangkan bahwa meskipun belum ada earbud gaming yang sempurna di pasaran, ada banyak earbud hebat di luar sana.

Meskipun headset gaming ukuran penuh paling disukai, earbud gaming ideal untuk pemain yang tidak ingin berurusan dengan perangkat keras besar di rumah atau (terutama) saat bepergian. A03 tidak radikal dari sudut pandang desain, tetapi kedengarannya bagus dan tidak terlalu mahal.

Tentu saja, A03 masih mengalami sejumlah masalah earbud yang umum. Seberapa cocoknya sangat bergantung pada bentuk telinga, dan jack audio 3,5mm sekarang kurang berguna dibandingkan beberapa tahun yang lalu. A03 juga tidak menangani musik sebaik yang diharapkan.

Namun, dengan harga Rp. 750 ribuan, ini mungkin bukan salah satu headset gaming terbaik untuk semua orang. Tetapi ini adalah headset yang bagus, dan secara elegan memisahkan perangkat game dari aksesori sehari-hari. Baca ulasan monitor in-ear Astro A03 lengkap kami untuk mempelajari lebih lanjut.

Desain Astro A03 In-Ear Monitor

Astro A03 terlihat seperti banyak earbud lain di pasaran. Panjang kabelnya hampir 4 kaki, sehingga dapat dengan mudah menyambungkannya ke laptop, perangkat seluler, atau pengontrol konsol apa pun. Earbudnya sendiri memiliki kilau metalik yang bagus dengan logo Astro yang bagus di bagian luar.

Sobat dapat memilih dari tiga ukuran tip yang berbeda untuk setiap earbud. Di kabel earbud kiri terdapat panel kontrol dengan tiga tombol: volume naik, bisu, dan volume turun. Ini adalah desain yang bersih, dan terutama sobat bisa mendapatkannya dalam warna biru dan merah yang bergaya atau putih dan ungu yang lebih lembut.

Jika memiliki satu keluhan tentang A03, itu adalah desainnya yang sudah agak ketinggalan zaman seiring dengan perangkat yang lebih baru. Sayangnya, jack headphone agak ketinggalan jaman di smartphone kelas atas, dan USB-C sekarang menjadi pilihan di sebagian besar desktop dan laptop gaming.

Tentu saja, A03 mungkin tidak berfungsi dengan pengontrol konsol jika memiliki koneksi USB-C, tetapi penyertaan adaptor mungkin membantu.

Kenyamanan

Mengevaluasi kenyamanan earbud selalu menjadi tantangan, tidak terkecuali Astro A03. Tidak seperti kebanyakan headset gaming, yang meluncur di atas telinga terlepas dari bentuknya, earbud sangat bergantung pada geometri unik telinga. Earbud pada umumnya tidak cocok dengan kami, begitu pula A03.

Ujung yang berukuran sedang terasa seperti akan rontok berulang kali, tetapi yang kecil rontok dan yang besar sama sekali tidak masuk ke telinga. Kami terpecah antara satu ukuran yang tidak pas dan dua ukuran yang tidak pas sama sekali. Keluhan ini tidak unik untuk A03, tetapi tetap perlu diperhatikan.

Jadi kami tidak bisa memakai A03 terlalu lama. Telinga kiri, khususnya, tidak pas, yang membuatnya menjadi pengalaman yang hampir menyakitkan setelah sesi permainan singkat.

Kami tidak akan mengatakan kecocokannya adalah pelanggar karena mengerti telinga tidak terlalu sensitif terhadap earbud. Tetapi A03 tidak akan menjadi pilihan yang nyaman bagi banyak gamer.

Performa Astro A03 In-Ear Monitor

Pertama, kabar baik. Astro A03 benar-benar terdengar bagus untuk bermain game, apa pun platformnya. Kami menguji A03 dengan PC, PS5, Xbox Series X, Nintendo Switch (mode genggam), dan hp Android untuk memastikan kinerja yang konsisten.

A03 menangani setiap game dengan indah, menyeimbangkan treble yang renyah dengan bass yang sangat kaya. Ini karena setiap earbud berisi dua driver. Ini jarang terjadi pada earbud murah, tetapi tidak jarang pada model yang lebih mahal.

Kami sangat terkesan dengan bagaimana A03 menangani efek suara atmosfer yang menakutkan di Demon’s Souls di PS5 dan tembakan serta ledakan yang dalam dan menggema di Gears of War: Ultimate Edition di Xbox Series X.

Mainkan Empires III: Definitive Edition di PC atau bergabunglah dalam Tales of Crestoria di Android dan game ini terdengar kaya dan beresonansi. Itulah mengapa agak aneh bahwa A03 tidak memiliki performa musik yang bagus.

Bahkan dengan dual driver, bassnya tidak mengesankan saat endengarkan lagu Flogging Molly, Old Crow Medicine Show, The Rolling Stones, dan G.F. Handel. Musik memiliki soundscape yang datar dan tidak bersuara yang sangat kontras dengan cara earbud menangani game.

Fitur Astro A03 In-Ear Monitor

Karena Astro A03 beroperasi melalui koneksi audio 3,5mm, ia memiliki fitur khusus yang relatif sedikit. Tidak ada perangkat lunak, mode suara surround, atau opsi pemerataan. Sobat dapat menyambungkannya dan mendengarkan dan mencabutnya setelah selesai. Itu saja.

Salah satu fitur menarik dari A03 adalah panel kontrol di kabel earbud kiri. Kontrol volume dan bisu berfungsi pada PC Windows dan perangkat seluler, tetapi tidak pada konsol, jadi hanya setengah berguna.

Tidak dapat melihat tombol saat menggunakan earbud juga menjadi masalah, tetapi karena tombolnya besar dan berbeda, tidak seburuk beberapa model pesaing. Mikrofonnya juga bagus, memberikan kualitas audio yang hampir setara dengan panggilan telepon pada umumnya. Cukup bagus untuk bermain online atau percakapan santai.

Kesimpulan

Dalam ulasan Monitor In-Ear Astro A03 kami, kami membahas bagaimana set earbud gaming ini menghadirkan suara gaming yang luar biasa dengan harga yang terjangkau.

Namun, mungkin sulit untuk mendapatkan kenyamanan yang pas, setidaknya tergantung pada bentuk telinga, dan penampilan musiknya anehnya di bawah standar. Tetap saja, earbud gaming biasanya merupakan tas campuran, dan senang melihat Astro menghadirkan produk dengan performa dan desain yang solid secara seragam.

Jika menginginkan suara game yang bagus tetapi tidak ingin periferal besar menutupi seluruh kepala, A03 dapat menyelesaikan pekerjaan dengan bobot yang sangat ringan. Itu juga dapat dengan mudah disimpan di saku berkat tas jinjing yang disertakan di dalam kotak.

Kami lebih suka A03 daripada Razer Hammerhead atau HyperX Cloud Earbuds untuk kualitas suara, tetapi semuanya berada dalam kisaran harga yang sama dan semuanya memiliki pro dan kontra. Apa pun yang dipilih, sobat dapat yakin bahwa setidaknya tidak akan membebani atau menghabiskan banyak biaya.

Leave a Comment