Review Corsair One i300, PC Gaming Desain Elegan

anakui.com – Corsair One i300 adalah sistem yang cantik, bertenaga, dan mahal. Corsair One i300 adalah PC gaming dengan desain mencolok dan banyak komponen bertenaga. Namun, perkirakan untuk membayar premi untuk pengalaman itu.

Spesifikasi Corsair One i300

Spesifikasi
VR Siap: Ya
Prosesor: Intel Core i9-12900K
Grafik: hingga Nvidia GeForce RTX 3080 Ti
RAM: hingga 64GB
Penyimpanan: SSD 2TB

Kelebihan

  • + Desain luar biasa dan kompak
  • + Komponen Kuat
  • + Banyak port
  • + Operasi tenang

Kekurangan

  • – Sangat mahal
  • – Upgrade terbatas dan rumit

Corsair One i300 menunjukkan bahwa sobat sering mendapatkan apa yang dibayarkan di PC gaming terbaik. Mesin cantik ini akan memberi setidaknya Rp. 60 jutaan, dan jika menginginkan perangkat keras terbaik, sobat harus membayar lebih.

Namun sebagai imbalannya, sobat mendapatkan sasis ringkas dengan desain mencolok, banyak port, dan perangkat keras yang cukup kuat untuk menjalankan game terbaru dan terhebat pada pengaturan setinggi mungkin. Dengan desain minimalis dan komponen terbaik, One i300 ideal untuk bekerja dan bermain.

Satu-satunya kelemahan penting selain dari harga adalah bahwa mengupgrade mesin itu merepotkan, dan pilihan untuk melakukannya cukup terbatas. Meskipun demikian, perangkat keras kelas atas harus memberi mesin daya yang cukup untuk bertahan lama.

Harga dan Ketersediaan

Corsair One i300 akan dikenakan biaya tidak peduli bagaimana sobat mengonfigurasinya, tetapi ada beberapa opsi yang sesuai dengan kebutuhan. Bagaimanapun, mesin ini hadir dengan CPU Intel Core i9-12900K, SSD 2TB, dan Windows 11 Pro.

Komputer dengan GPU Nvidia GeForce RTX 3080 dan RAM 32 GB berharga Rp. 60 jutaan. Sistem dengan GPU Nvidia GeForce RTX 3080 Ti dan RAM 64 GB berharga Rp. 75 jutaan. Sobat juga bisa mendapatkan 3080 Ti dan 32GB RAM seharga Rp. 70 jutaan. Sobat dapat membeli mesin langsung dari Corsair dan menghemat sedikit harga dengan kode kupon Corsair.

Desain Corsair One i300

Saat mengulas Corsair One i200, pendahulu Corsair One i300, kami memuji rangkanya yang kecil dan bobotnya yang ringan. Dengan ukuran 15,0 x 7,0 x 7,9 inci dan berat 17,3 pound, ini adalah salah satu PC gaming pra-rakit terkecil yang dapat dibeli. Apalagi dengan GPU yang besar dan bertenaga di dalamnya.

Dapat dikatakan bahwa harga premium One i300 setidaknya sebagian karena konstruksinya yang elegan. Secara estetika, One i300 lebih unggul dari kebanyakan PC gaming lain yang cenderung kotak hitam polos atau desain pamer yang berlebihan.

Mesin ini menampilkan logo Corsair One yang bersahaja, dua strip LED yang menyala di bagian depan, dan ventilasi segitiga di kedua sisi yang berfungsi ganda sebagai ventilasi. One i300 adalah PC game yang cukup cantik untuk diletakkan di atas meja dan cukup ringan untuk tidak merusak apa pun.

Port dan Upgrade

Dalam hal port, Corsair One i300 sangat pemaaf. Bagian depan memiliki jack audio 3,5mm, dua port USB-A dan port USB-C. Tetapi bagian belakangnya dikemas dengan port: 6 port USB-A, 2 port USB-C, 1 port Ethernet, 3 Port Display, 1 port HDMI, dan port daya. Ini juga memiliki jack audio 3,5mm (masuk, keluar dan mikrofon).

Namun, apa yang ditawarkan One i300 di port kurang dalam kemampuan upgrade. Membuka mesin yang sangat padat, seperti yang dibayangkan, merupakan proses yang sedikit. Sobat harus membuka bagian atas mesin, melepas kipas, membalikkan PC, dan membuka tutup panel.

Bahkan setelah melakukannya, sobat tidak dapat memodifikasi selain SSD. Apa yang didapatkan mungkin akan bertahan sampai sobat membeli PC baru.

Performa Gaming

Corsair One i300 benar-benar cantik dalam performa gaming. Ini dapat mendukung kecepatan bingkai yang sangat tinggi pada layar 1080p atau QHD. Masih tidak mungkin turun di bawah 60 bingkai per detik pada layar 4K.

Begini cara mesin menumpuk hingga dua desktop game lainnya yang baru-baru ini dievaluasi oleh kami Origin PC Millennium (2022) dan Alienware Aurora R13 (untuk ditinjau). Secara umum, Corsair One i300 mengungguli pesaing dalam segala hal.

Ini tidak mengherankan karena ini adalah mesin yang sedikit lebih bertenaga, tetapi ini adalah kabar baik bagi para gamer yang memiliki layar 4K dan ingin mendorong pengaturan game mereka secara maksimal. Frame rate dalam game 4K tidak pernah turun di bawah 60 fps.

Itu adalah metrik yang patut ditiru yang bahkan PS5 dan Xbox Series X tidak bisa cocok secara konsisten. Secara kualitatif, One i300 berjalan seperti mimpi. Kami menguji sistem dengan Age of Empires IV, Doom Eternal, Cyberpunk 2077, dan Final Fantasy XIV pada layar 4K pada pengaturan grafis maksimum.

Setiap game mencapai titik terendah sekitar 59 fps, meskipun terkadang turun di bawah 60 fps. Ini masalah yang cukup bagus.

Kinerja Keseluruhan

Jika ingin menggunakan Corsair One i300 untuk bekerja, sobat akan senang mengetahui bahwa ini adalah pusat produktivitas. Dalam pengujian Geekbench 5.4 kami, tolok ukur buatan yang mengukur kinerja keseluruhan sistem, One i300 bekerja dengan baik, tetapi Milenium memiliki sedikit celah.

Demikian pula, One i300 dapat dengan mudah menyalin file dan menyandikan video. Kami telah menggunakan One i300 sebagai komputer kerja  selama beberapa hari dan sama sekali tidak ada yang perlu dikeluhkan.

Tidak peduli berapa banyak tab yang dibuka, berapa banyak video yang ditonton, berapa banyak musik yang distreaming, atau berapa banyak program yang dibuka, sistem tidak pernah melambat atau gagap. Ini juga sangat sunyi, yang merupakan bonus yang sangat membantu saat melakukan tugas-tugas yang menuntut.

Untungnya One i300 ringan, bahkan dengan perangkat lunak opsional. Satu-satunya hal yang perlu diperhatikan adalah Corsair Utility Engine (iCUE), yang memantau vital sistem dan mengontrol pencahayaan LED yang stylish.

Jika memiliki perlengkapan Corsair lainnya, sobat pasti sudah terbiasa dengan iCUE, dan iCUE adalah salah satu program manajemen periferal yang lebih baik di luar sana.

Kesimpulan

Ketika meninjau Corsair One i200 beberapa waktu yang lalu, kami menyukai tampilan sistemnya, tetapi merasa sedikit lebih ragu tentang jenis komponen yang didapatnya untuk harganya.

Corsair One i300 masih akan membuat sobat sedikit mundur, tetapi komponennya juga akan membuat game tetap berjalan dalam kondisi bagus selama bertahun-tahun yang akan datang.

One i300 tidak berada dalam kisaran harga semua orang, tetapi patut dipertimbangkan jika mampu membelinya. Kalau tidak, pilih Aurora R13 dan hemat uang bahkan jika membutuhkan ruang lantai.

Leave a Comment