Review Laptop Dell XPS 15: Laptop Ringan Layar OLED

AnakUI.comReview Laptop Dell XPS 15, Laptop luar biasa yang menawarkan layar OLED cerah yang dikelilingi oleh desain menarik. Laptop ini merupakan Laptop editing terbaik versi kami. Di dalamnya, ia menampilkan prosesor Intel Core i7 Generasi ke-12 dan grafis GeForce RTX 3050 Ti, duo yang menghadirkan kinerja perangkat lunak dan multimedia yang solid serta sedikit kecakapan grafis 3D. Desain serba logam tahan lama dan permukaan keyboard serat karbon tahan lama dan menarik. Para profesional yang inovatif akan menghargai gaya yang lebih tinggi dan kekuatan grafis, dan para eksekutif yang mencari laptop bervolume tinggi dapat memilih opsi RTX untuk menurunkan harga dan tetap mendapatkan mesin kerja yang ramping dan tahan lama dengan tampilan yang benar-benar mengesankan.

Review Laptop Dell XPS 15

Review Laptop Dell XPS 15 dar segi harganya yang mulai dari $1.449 untuk kombo yang mencakup CPU Core i5 Generasi ke-12, RAM 8GB, grafis Intel UHD, SSD 512GB, dan layar OLED non-Full HD. dengan sentuhan. Mekanisme pengujian kami meliputi pemutakhiran CPU, RAM, GPU, dan layar yang menaikkan harganya menjadi $2.299. Di luar mode pengujian kami, Anda dapat memilih chip Core i9 generasi ke-12, RAM hingga 64GB, dan SSD 2TB. Dengan harga yang sama, Anda dapat mengganti layar OLED 3,5K dengan panel 4K non-OLED. Kecuali jika Anda memiliki kebutuhan khusus untuk resolusi 4K, saya sangat menyarankan untuk menggunakan opsi OLED yang kami uji; Itu bagus.

Review Laptop Dell XPS 15

Spesifikasi Laptop Dell XPS 15

Mekanisme  Review Laptop Dell XPS 15 9520 kami dikirimkan seharga $2.299 langsung dari Dell dan menampilkan spesifikasi berikut:

CPUCore i7-12700H
Memory16GB
GraphicsNvidia GeForce RTX 3050 Ti @ 45 Watt TGP
Storage512GB PCIe NVMe M.2 SSD
Display15.6 inch,16:10, 3456 x 2160 resolution OLED
Webcam720p
Connectivity: Left side2 x USB-C (with Thunderbolt 4). Right side: USB-C 3.2 Gen 2 (with DisplayPort), SD card reader, combo audio jack.
NetworkingWi-Fi 6E, Bluetooth 5.2
BiometricsIR facial recognition, fingerprint reader
Battery capacity86 Watt-hours
Dimensions13.56 x 9.06 x 0.73 inches
Measured weight4.23 pounds (laptop), 0.84 pounds (AC adapter)

Kelebihan

  1. Layar OLED Premium
  2. Sasisnya kokoh dan cantik
  3. Audio yang menggelegar
  4. Keyboard dan touchpad lapang

Kekurangan

  • 15,6 <16 inci
  • Masa pakai baterai yang mengecewakan
  • Webcam ketinggalan zaman
  • Port terbatas

Dell XPS 15 terbaru menawarkan layar OLED 15,6 inci untuk editing video atau siapa pun yang mengedepamkan rasio kontras yang tak tertandingi.

Display

Dell XPS 15 9520 adalah laptop luar biasa yang tentunya terlihat bagus. Sasis serba logam terasa kokoh dan menghasilkan kombinasi permukaan aluminium dan serat karbon yang menarik. Panel atas dan bawah terbuat dari aluminium perak, dan dek keyboard menambahkan kontras yang mencolok pada sasis serat karbon hitam.

Bezel tipis membingkai layar untuk membuat paket ramping 15,6 inci. Review Laptop Dell XPS 15 ini berbobot 4,23 pon, yang sedikit kurang dari mode 16:10 16 inci yang telah kita lihat baru-baru ini seperti Asus VivoBook Pro 16X OLED, MSI Summit E-16 Flip seberat 4,35 pon, dan HP Spectre seberat 4,45 pon x360 16. Mungkin cukup berat untuk bepergian setiap hari, tapi siapa yang pergi ke kantor setiap hari? Untuk situasi kerja campuran di mana Anda berada di rumah beberapa hari dan di kantor pada hari lainnya, XPS 15 9520 bukanlah beban.

Keyboard Laptop Dell XPS 15

Namun, ada sedikit beban untuk membuka tutupnya. Di antara bibir kecil di tepi tutup dan engsel yang kokoh, tutupnya sulit diangkat dengan satu jari. Saya menemukan itu menjadi masalah dua tangan. Saya berharap Dell menyertakan tepi terlipat di tepi depan tutupnya untuk memberi saya pegangan yang lebih baik untuk mengangkat tutupnya.

Layar

Layar adalah bintang pertunjukan dan menampilkan dua komponen layar favorit kami: panel OLED dan rasio aspek 16:10. Dengan layar OLED, Anda mendapatkan rasio kontras yang kuat dengan warna hitam pekat. Layar XPS 15 9520 sangat bagus. Ini menampilkan apa yang dikatakan Dell adalah 3.5K. Ini adalah 3456 x 2160 piksel. Itu hanya di bawah resolusi 4K tetapi terlihat sangat tajam pada layar 15,6 inci.

Warna cerah dan akurat, dan detail dapat dilihat di bagian gambar yang paling terang dan paling gelap. Dan rasio layar 16:10 memberi Anda lebih banyak ruang vertikal daripada tampilan layar lebar 16:9 sehingga Anda dapat memuat lebih banyak layar dan menggulir lebih sedikit dokumen dan halaman web yang panjang. Saya mungkin setuju untuk membawa sekitar satu ons ekstra atau lebih jika Dell memilih panel 16 inci daripada unit 15,6 inci, tetapi layarnya masih terasa cukup luas untuk tugas kreatif dan multitasking khas Windows.

Dell menawarkan dua opsi tampilan non-OLED dengan resolusi FHD+ atau UHD+. Keduanya menawarkan kecerahan 500 nits yang mengesankan untuk memberi peringkat unit peninjau OLED kami pada 400 nits, tetapi unit uji kami sangat mencolok. Ini sebenarnya diukur tepat di atas tempatnya. Saya tidak akan menukar rasio kontras OLED yang kuat dengan panel yang agak mencolok.

Speaker

Sisi “A” dari keluaran AV mungkin tidak semenarik sisi “V”, tetapi suara Review Laptop Dell XPS 15 jelas di atas rata-rata. Dell telah mengemas empat speaker ke dalam XPS 15 9520. Ada sepasang tweeter 2,5 watt dan sepasang tweeter 1,5 watt untuk total output delapan watt. Kuartet ini mengemas lebih banyak pukulan daripada speaker stereo laptop biasa. Suaranya lebih energik dengan beberapa pemisahan antara tinggi dan menengah, ada sesuatu seperti respons bass, yang jarang terjadi di laptop.

Webcam 1080p menjadi populer di laptop sejak Zoom dan rapat video lainnya populer, tetapi sayangnya Dell telah melengkapi XPS 15 9520 dengan kamera 720p. Gambar berbintik terdistorsi oleh noise dan overexposure di bagian gambar yang paling jelas.

Keyboard

Review Laptop Dell XPS 15 9520 menampilkan keyboard ukuran penuh tanpa tombol angka. Tanpa harus menekan tombol angka, keyboard ini menawarkan ruang untuk memiliki tombol lebar dan eksklusif di setiap sisi untuk Shift, Enter, Backspace, dan Tab. Ketinggian tombol panah atas dan bawah adalah setengah tingginya, tetapi merupakan salah satu tombol ukuran penuh. Saya langsung merasa nyaman mengetik di keyboard. Tombolnya senyap, responsif, dan menampilkan lampu latar dua tingkat. Permukaan keyboard kokoh tanpa kelenturan, bahkan di bawah ujung jari pengetik yang bergemuruh.

Tombol-tombol itu sendiri terasa halus dengan perjalanan yang dangkal. Saya lebih suka respons yang lebih tajam saat mengetik tetapi saya menikmati keyboard yang kokoh yang juga tidak memiliki sedikit kelenturan. Saya suka keyboard dengan lampu latar tiga tingkat; Ini memungkinkan saya untuk menjaga cahaya pada tingkat yang tepat di beberapa lingkungan yang gelap.

Touchpad

Touchpad raksasa sangat menyenangkan untuk digunakan. Lapisan matte memungkinkan pengendaraan yang mulus, dan respons klik ditundukkan untuk jumlah perjalanan yang akurat. Di antara touchpad besar dan layar sentuh, Anda memiliki dua opsi hebat untuk menavigasi Windows.

Anda juga memiliki dua opsi mudah untuk masuk ke Windows. Meskipun saya berharap webcam memiliki resolusi yang lebih tinggi, ini adalah kamera inframerah yang memungkinkan Anda menggunakan pengenalan wajah untuk masuk dengan aman tanpa harus memasukkan kata sandi. Tombol daya berfungsi sebagai pembaca sidik jari, memberi Anda opsi login kedua yang aman.

Port

kontak yang jarang. Di sebelah kiri adalah dua port USB-C dengan dukungan Thunderbolt 4. Di sebelah kanan adalah satu port USB-C 3.2 Gen 2 dengan dukungan DisplayPort dan Pengiriman Daya, slot kartu SD, dan jack audio kombo. Itu saja, kecuali jika Anda menghitung adaptor yang dikirimkan Dell di dalam kotak. Ini menggantikan salah satu port USB-C dengan port USB Type-A dan port HDMI. Bagian dari biaya untuk memiliki desain yang ramping , Review Laptop Dell XPS 15 hanya setebal 0,73 inci, menghilangkan port USB-A dan HDMI. Penempatan sakelar dipertimbangkan, tetapi dapat hilang atau salah tempat dan variasi kombinasi port pada perangkat tidak dapat direplikasi.

Performa

Dell XPS 15 9520 memiliki fitur prosesor Intel Core i7-12700H, RAM 16 GB, grafis RTX 3050 Ti, dan SSD 512 GB. Core i7-12700H adalah anggota dari chip mobile Intel Alder Lake-H seri 45W. Core i7-12700H menghadirkan arsitektur hybrid baru Intel dengan kinerja dan efisiensi penting. Ini memiliki enam poin kinerja, delapan poin efisiensi, dan total 20 utas pemrosesan.

Untuk melihat performa XPS 15 9520, kami membandingkan skor tolok ukurnya dengan laptop edit video terbaik lainnya seperti Asus VivoBook Pro 16X OLED, Acer Swift X, HP Spectre x360 16, Microsoft Surface Netbook Studio, MSI Summit E -16 Flip, dan XPS 17 9710 memiliki Dell . Kami menyertakan sepasang laptop gaming MSI Katana yang menampilkan grafis RTX kelas bawah dan CPU Core i7-12700H yang serupa dengan XPS 15 9520.

Parameter pertama kami adalah PCMark 10, yang mengukur kinerja pada tugas komputasi sehari-hari termasuk pekerjaan produktivitas kantor, penelusuran web, dan obrolan video. Kedua notebook MSI Katana menduduki peringkat teratas, tetapi XPS 15 9520 termasuk di antara laptop yang berakhir dengan skor lebih dari 6.000, menunjukkan bahwa mereka memiliki ketahanan yang lebih dari cukup untuk menjalankan program produktivitas dasar.

Tolok Ukur

Tolok ukur HandBrake kami menguji bagaimana Review Laptop Dell XPS 15 ini dapat menangani beban CPU yang berat dalam jangka waktu yang lama.dalam hal ini, mengonversi file MKV 30 GB menjadi gaya yang cocok untuk tablet Android dengan encoder video gratis. XPS 15 9520 mendekati akhir paket, kemungkinan karena ini adalah mode terpendek dalam grup. Dalam jangka panjang, Anda akan menyerah pada netbook yang lebih besar dengan batas termal yang semakin sedikit.

CPU

Selanjutnya adalah Cinebench, pengujian intensif CPU lainnya tetapi menghasilkan loop 2D yang rumit dalam hitungan detik. Selama pengujian yang lebih singkat ini, XPS 15 9520 mengungguli, menempati peringkat kedua setelah MSI Katana GF66.

Ini bukan laptop gaming, tetapi karena memiliki grafis RTX, kami memilih untuk melihat performanya dengan grafis 3D dan game dua parameter kami. Dalam tolok ukur Time Spy 3DMark, itu berakhir di dekat akhir paket dan merupakan salah satu dari tiga mekanisme di sini yang tidak melewati angka 4.000. Konon, jumlahnya sekitar 4.000 dan itu tidak membuatnya malu.

Tes terbaik untuk game 3D dibandingkan dengan benchmark 3D sintetik adalah game 3D, jadi kami membuat dua benchmark game 3D, Rise of the Tomb Raider dan Metro Exodus. Itu rata-rata 60fps yang dapat dijalankan pada game Rise of the Tomb Raider yang berjalan pada 1080p pada preset Sangat Tinggi game tersebut. Pada Metro Exodus yang lebih menuntut, kecepatannya hanya mencapai 16fps, tetapi tidak ada netbook yang kami uji dengan grafis RTX 3050 atau 3050 Ti yang berhasil mencapai hampir 60fps di Metro Exodus dengan pengaturan ini. Dell XPS 17 berbasis RTX 3060 tidak dapat mencapai 1/2 dari 60 fps dalam pengujian.

Untuk Review Laptop Dell XPS 15 dari segi baterainya, kami memutar video 4K menggunakan perangkat lunak Windows 11 Movies dan TV, dengan netbook disetel ke gaya Pesawat dan earbud aktif. Kecerahan luar biasa untuk menonton film di kantor dengan lampu neon. Summit E-16 Flip kekurangan satu menit jus hanya dalam waktu kurang dari 6 jam, yang di bawah rata-rata. Menjalankan tampilan beresolusi lebih tinggi mengorbankan masa pakai baterai dan itulah yang Anda dapatkan di sini dengan XPS 15 9520.

OLED Premium

Review Laptop Dell XPS 15 9520 menawarkan beberapa hal bagus untuk pembuat konten dengan casingnya yang kokoh dan cantik, layar OLED yang menarik, dan performa kompetitif dengan grafis silikon Intel terbaru dan GeForce RTX. Ini mungkin agak terlalu berat untuk perjalanan biasa, tetapi pekerja kantoran yang mencari mesin produktivitas dengan desain canggih dan tampilan luas akan menemukan sesuatu yang disukai di XPS 15 9520. Namun, perlu diingat bahwa Anda mungkin tidak melakukannya perjalanan sehari, seperti yang saya harapkan Dell lakukan. Panel meningkatkan layar menjadi 0,16 inci 16:10.

Grafik RTX 3050 Ti membantu dengan kemampuan multimedianya tetapi penggunaannya terbatas untuk game 3D. Jika Anda ingin menggabungkan laptop kerja dan laptop gaming ke dalam satu perangkat, Anda harus mencari di tempat lain. Anda mungkin dapat menemukan laptop lain dengan GPU RTX berkualitas dengan harga lebih murah dari mode pengujian berbasis RTX 3050 Ti kami, tetapi Anda harus mengambil risiko panel OLED dan menerima resolusi layar kurang dari 3,5K resolusi yang disediakan oleh XPS 15 9520 kami.

Kesimpulan

Nah itulah tadi pembahasan kita tentang Review Laptop Dell XPS 15 yang perlu kalian ketahui sebelum membelinya. Setelah membacanya jangan lupa share ke sosmed kalian ya, agar teman saudara kalian juga tahu, Terimakasih!!

Leave a Comment