Review Laptop Dell XPS 17: Spesifikasi dan Performa Gahar

AnakUI.comReview Laptop Dell XPS 17, Apakah Anda mencari Laptop yang bisa melakukan semuanya? Apakah Anda berada di kantor atau bepergian ke seluruh negeri? Dell XPS 17 mungkin menjadi laptop berikutnya. Laptop editing terbaik ini merupakan perangkat serbaguna yang menyenangkan untuk penggunaan sehari-hari dan menghadirkan performa menyeluruh yang solid. Penyajiannya juga indah dan kehidupan Patirai sangat mengesankan. Meskipun keyboard tidak menulis apa pun tentang rumah, kami menyukai sisi positifnya jauh lebih banyak daripada yang negatif. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

Review Laptop Dell XPS 17

Basis Dell XPS 17 memiliki prosesor Intel Core i5-12500H dengan grafis terintegrasi, RAM 8GB, penimpanan 512GB, dan layar 1920 x 1200. Sampel ulasan saya memiliki beberapa peningkatan, termasuk Intel Core i7-12700H prosesor grafis seluler Nvidia RTX 3060 dan layar sentuh 4K.

Penetapan harga kelas atas Dell tidak perlu dipikirkan lagi, dan mesin yang secara signifikan lebih cepat dalam contoh ulasan saya menambah harga $1.000. Ini bukan laptop $ 2.799 yang terjangkau, tentu saja, tetapi harga Dell secara keseluruhan terlihat kompetitif di segmen ini. MacBook Pro 16 dengan perlengkapan serupa mulai dari $3.099, sedangkan Razer Blade 17 yang serupa mulai dari $2.799 (tetapi memiliki setengah RAM).

spesifikasi Laptop Dell XPS 17

Spesifikasi Dell XPS 17 9720

CPUIntel Core i7-12700H
Memory32GB
Graphics/GPUNvidia RTX 3060
Display3,840 x 2,400 IPS Touchscreen
Storage1TB SSD
Webcam720p with IR camera, dual-array microphone
Connectivity4x Thunderbolt 4 with DisplayPort Alt Mode and Power Delivery, 1x SDcard reader, 1x 3.5mm combo audio jack
NetworkingWi-Fi 6, Bluetooth 5.2
BiometricsFingerprint reader, IR camera
Battery capacity97 watt-hours
Dimensions14.74 x 9.76 x .77 inches
Weight5.34

Kelebihan

  1. Performa solid untuk harganya
  2. Layar besar, cerah, dan penuh warna
  3. Menawarkan empat port Thunderbolt 4
  4. Masa pakai baterai yang lama

Kekurangan

  • Berat dan tebal
  • Papan ketik biasa-biasa saja
  • Tidak memiliki USB-A, HDMI, atau Ethernet
  • RTX 3060 adalah GPU tercepat yang tersedia

Desain dan Build

Review Laptop Dell XPS 17 ini berukuran 17 inci dengan tampilan 16:10. Ini adalah sepotong kaca yang sangat besar yang mendominasi seluruh Bengalaman. Dell menggunakan bezel tipis untuk menjaga Laptop sekecil mungkin mengingat layar yang ditampilkan, dan usaha itu berhasil. XPS 17 lebih ringkas daripada LG Gr 17 (walaupun Laptop LG lebih ringan), Razer Blade 17, atau HP Envy 17.

Ada versi kuno dari Dell XPS 17. Sebagian besar adalah ukuran laptop yang tipis — dengan lebar sekitar 15 inci dan kedalaman 10 inci, monster ini terasa lebih besar daripada laptop yang biasanya saya anggap besar, seperti HP Spectre 16 dan Dell XPS 15 dan MacBook Pro 16, jauh lebih kecil dari XPS 17.

Sangat mudah untuk mengabaikan ukuran XPS 17 saat laptop digantung di atas meja. Dell XPS 13, 15, dan 17 semuanya memiliki komponen umum yang sama dan menggunakan bahan yang serupa, sehingga terlihat sama dari kejauhan. Ini membantu XPS 17 mencapai Gaia sebagai orang Kenya yang kurus terlepas dari ukurannya.

Kualitas pembuatannya juga luar biasa. Ada sedikit fleksibilitas yang dapat ditemukan di penutup layar, sasis, dan dek keyboard. Ketangguhan ini bisa menjadikan XPS 17 senjata improvisasi yang bagus di saat kiamat zombie.

Keyboard

Ada keuntungan yang lebih fungsional dari Review Laptop Dell XPS 17 ini yang berisi blok ruang internal. Sandaran tangan Laptop yang besar memberikan ruang jelajah yang luas ke segala arah. Sebagian besar pemilik tidak akan menemukan obelisk apa pun yang mereka temukan sebagai tempat yang nyaman untuk menulis.

Dell bersandar dengan keyboard rata tengah yang tidak memiliki tombol angka. Memilih untuk menghilangkan numpad, yang biasa terjadi pada banyak laptop 17 inci, membuat keyboard tetap berada di tengah permukaan laptop dan di atas touchpad. Ini adalah desain yang sangat nyaman.

Keyboardnya sendiri kurang mengesankan. Kunci dari perasaan itu dangkal dan diakhiri dengan pekerjaan yang tidak jelas. Hal ini diimbangi dengan material keycap berkualitas tinggi dan key travel yang mulus. Ini adalah pengalaman kelas menengah yang dapat diterima yang tertinggal dari alternatif seperti LG Gr 16 dan MacBook Pro 16. Bahkan Acer Swift 3 16 inci, laptop yang jauh lebih murah, lebih menyenangkan.

Di sisi lain, kualitas touchpad adalah nilai giveaway. Permukaan touchpad sangat besar, dengan lebar enam inci dan kedalaman hampir empat inci, dan ini adalah touchpad terbesar yang pernah saya gunakan di mesin Windows tahun ini. Rasanya responsif dan menawarkan banyak ruang untuk menggunakan gerakan multi-sentuh WIndows. Telapak tangan saya sering mendarat di tepi touchpad, karena ukurannya, tetapi input yang tidak disengaja tidak menjadi masalah.

Tampilan dan Suara

Tampilan Review Laptop Dell XPS 17 memiliki layar non-sentuh 17 inci dengan resolusi 1920 x 1200 piksel, tetapi contoh ulasan saya telah ditingkatkan menjadi layar sentuh 3840 x 2400 IPS. Itu tidak bisa menandingi Liquid Retina XDR atau OLED Apple, tetapi pasti memiliki kekuatannya.

Kecerahan maksimum cukup tinggi pada 550 nits, yang lebih tinggi dari 500 nits yang dijanjikan Dell. Ini sangat tinggi sehingga penggunaan di luar ruangan menjadi mungkin meskipun lapisan layarnya sangat mengkilap. Namun, kecerahan tinggi hadir dengan tingkat hitam yang tinggi, dan streaming film dan acara dapat terlihat pudar dalam pemandangan gelap.

Performa warna sangat bagus. Ini mengukur cakupan 100 persen gamut warna sRGB dan Adobe RGB, serta 98 persen DCI-P3. Sederhananya, XPS 17 dapat menampilkan berbagai macam warna—seluas laptop mana pun yang dijual saat ini. Kesamaan warnanya juga bagus, sehingga konten terlihat persis seperti yang diinginkan pembuatnya.

Ketajaman benar-benar kedudukan tertinggi. Resolusi 3840 x 2400 pada layar 17 inci diterjemahkan menjadi 266 piksel per inci, yang sama bagusnya dengan laptop seukuran ini. Kepadatan piksel yang ekstrim menghasilkan ketajaman dalam game 3D, kejernihan cemerlang dalam konten siaran 4K, dan tepi tajam di sekeliling bentuk halus.

Gamer harus melakukannya, XPS 17 tidak memiliki Nvidia G-Sync, dan layarnya memiliki kecepatan refresh 60Hz yang lumayan. Pengorbanan ini dilakukan untuk mengaktifkan grafis yang dapat dialihkan, sebuah keputusan yang meningkatkan masa pakai baterai.

Meskipun layarnya cerah, dari Review Laptop Dell XPS 17 kami untuk speakernya kurang bagus. Volume maksimal keras tetapi suara memiliki kualitas keras dan gemerlap yang tidak menyenangkan saat volume dinaikkan. Dialog muncul dengan jelas, seperti halnya ketukan bass yang cepat, tetapi ekskursi yang rumit dapat terdengar kacau. Namun, speaker dapat diterima untuk panggilan video dan podcast.

Webcam, Mikrofon, dan Biometrik

Profesional yang bekerja dari rumah akan kecewa dengan webcam Dell XPS 17. Ini adalah kamera 720p dasar yang hanya menawarkan kualitas video yang dapat diterima dan kesulitan dalam situasi cahaya redup. Tidak apa-apa untuk sebagian besar panggilan video, tetapi tidak akan berfungsi jika Anda berharap untuk mengesankan nada dering default atau panggilan untuk intervensi.

Hal yang sama dapat dikatakan tentang rangkaian mikrofon ganda. Sebagian besar dual-mic array saat ini lumayan, dan XPS 17 tidak terkecuali, itu tidak menonjol. Kualitas suara dapat digunakan tetapi memiliki kualitas yang jauh dan hampa.

Setidaknya ada kabar baik dalam biometrik. XPS 17 memiliki pembaca sidik jari yang terpasang di keyboard dan mendukung login pengenalan wajah Windows Hello melalui kamera IR. Kedua perangkat standar dan berfungsi dengan baik, meskipun menurut saya pengenalan wajah lebih cepat dan lebih dapat diandalkan daripada pembaca sidik jari.

Koneksi

Dell XPS 17 Thunderbolt 4 memeluk dirinya sendiri dalam pelukan yang besar, hangat, dan tidak jelas. Kami membicarakan empat port Thunderbolt 4, semua varian dukungan DisplayPort, dan Power Delivery. Keempat port Thunderbolt 4 juga kompatibel dengan USB4. Pilihan hebat ini berarti Anda dapat mengisi daya Laptop menggunakan port apa pun yang tersedia dan menyambungkan beberapa monitor DisplayPort.

Namun, peringatan singkat: Konfigurasi Review Laptop Dell XPS 17 yang saya bahas dapat menarik beban lebih dari 100 watt, yang lebih dari watt yang besar dari sebagian besar pengisi daya dan periferal yang dapat memasok daya melalui Thunderbolt 4 atau USB4. Pemilik pasti ingin menggunakan pengisi daya yang disertakan dengan Laptop.

Meskipun XPS 17 kompatibel dengan Thunderbolt 4, port lain tidak terpengaruh. Tidak ada USB Tipe-A, tidak ada HDMI, tidak ada DisplayPort standar, dan tidak ada Ethernet. Anda memerlukan paket adaptor untuk menggunakan koneksi ini. Namun, ada jack kombo audio 3,5 mm.

Ada pilihan koneksi yang tidak biasa tersedia: pembaca kartu SD ukuran penuh. Fotografer dan videografer akan menghargai penyertaannya.

Konektivitas nirkabel termasuk Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.2. Sangat disayangkan melihat Wi-Fi 6E, standar nirkabel terbaru, tidak didukung. Perwakilan Dell mengatakan ini karena desain antena. Meski begitu, saya mengukur kecepatan nirkabel yang setara dengan Gigabit Ethernet dalam jarak pendek—cukup cepat sehingga saya tidak melewatkan port Ethernet fisik.

Performa

Dell XPS 17 yang saya uji memiliki prosesor Intel Core i7-12700H dengan kombinasi empat belas core: enam core performa tinggi dan delapan core efisien. Ini dipasangkan dengan 32GB RAM dan 1TB PCIe NVMe kompak state drive.

Saya akan berkendara dengan PCMark 10, yang merupakan benchmark sistem lengkap yang sangat bergantung pada kinerja atau performance. Ini mencapai hitungan 7.134 pada Review Laptop Dell XPS 17, jauh di belakang laptop lain dalam grup kompetitif ini. Tetap saja, perbedaannya kecil, dan mungkin sudah bisa diduga mengingat XPS 17 sedikit lebih kecil dari kebanyakan laptop 17 inci.

Cinebench R20 memberikan skor yang lebih kuat untuk Dell XPS 17. Ini mencetak sedikit kemenangan atas Gigabyte Aorus 17 dan Razer Blade 17. Asus ROG Zephyrus G14 yang ditenagai Ryzen terlihat jelas dalam pengujian ini, tetapi untuk bersikap adil, itu bisa turun ke ukurannya yang lebih kecil. (Kami belum menguji Ryzen 6900HS di laptop 17 inci.)

Sekali lagi, Dell XPS 17 tertinggal sedikit di belakang paket pada uji pengkodean video Handbrake kami. Ini adalah pengujian yang panjang, membutuhkan lebih dari 13 menit bahkan pada mesin tercepat, sehingga menyoroti perbedaan kinerja termal. XPS 17 jelas berjuang untuk mempertahankan kinerja bintang dari waktu ke waktu, setidaknya jika dibandingkan dengan pembangkit tenaga 17 inci lainnya.

Sekarang ke grafik, di mana Review Laptop Dell XPS 17 berada pada posisi yang sangat tidak menguntungkan dibandingkan dengan jajaran kompetitif. Dell tidak menawarkan grafik yang lebih cepat daripada RTX 3060, sementara PC menggunakan RTX 3080 Ti. Seperti yang diharapkan, XPS 17 tidak dapat mengikuti benchmark 3DMark Time Spy.

Shadow of the Tomb Raider kembali berada di belakang XPS 17 – meskipun dalam praktiknya ini bukanlah hasil yang buruk. XPS 17 mempertahankan kecepatan bingkai jauh di atas 60fps dalam game ini meskipun GPU-nya kurang bertenaga.

Tolok ukur Metro Exodus yang lebih stabil menempatkan Dell XPS 17 pada 30fps. Ini sekali lagi menunjukkan batas RTX 3060, tapi menurut saya ini adalah hasil yang bagus untuk XPS 17. Laptop ini mampu bermain game pada 30 FPS kompak dengan pengaturan Performa Ultra yang paling masuk akal.

Pembeli harus ingat bahwa perangkat keras grafis XPS 17 yang kurang mumpuni hadir dengan label harga yang lebih rendah. Razer Blade 17 atau Gigabyte Aorus 17 dapat mengalahkan XPS 17 saat dikonfigurasi dengan perangkat keras yang lebih cepat, tetapi Razer Blade 17 yang kami produksi adalah $3.999 saat diuji sedangkan Gigabyte Aorus 17 saat diuji adalah $3.299. Anda membayar untuk apa yang Anda dapatkan.

Dell XPS 17 memberikan kinerja yang baik secara keseluruhan. Pertanyaan yang harus diajukan pembeli adalah: Apakah XPS 17 — dan grafisnya, khususnya — cukup cepat untuk saya? Jawabannya, bagi kebanyakan orang, adalah “ya”. Namun, gamer dan profesional yang menggunakan aplikasi dengan akun dukungan GPU sebaiknya mencari alternatif yang menawarkan hardware grafis lebih cepat.

Daya tahan baterai

Ukuran dari Review Laptop Dell XPS 17 menjadikannya teman perjalanan yang tangguh. Sebagian besar tas yang dirancang untuk menampung laptop 15 inci akan salah, tetapi tidak semuanya, dan bobot Laptop yang lima pon tidak mudah untuk diabaikan.

Sebagian dari bobot ini disebabkan oleh baterai 97Wh yang sangat besar. Itu mendekati batas 99 watt-jam yang diberlakukan oleh peraturan FAA untuk perangkat yang dapat dibawa oleh pelancong dalam penerbangan (yang lebih besar dilarang).

Dell menggunakan grafis yang dapat dialihkan untuk mematikan perangkat keras grafis Nvidia (jika dilengkapi) saat tidak diperlukan. Perangkat keras grafis terintegrasi Intel digunakan sebagai gantinya. Ini memberikan masa pakai baterai yang sangat baik pada tugas-tugas dasar sehari-hari.

Dell XPS 17 bertahan lebih lama daripada beberapa laptop kecil yang menggunakan konfigurasi perangkat keras yang lebih haus daya, seperti layar OLED, dan dengan mudah bertahan lebih lama dari alternatif yang memiliki grafik diskrit tetapi tidak memiliki grafik yang dapat diganti.

Ada tangkapan. Tolok ukur ini tidak bermitra dengan perangkat keras grafis diskrit Nvidia dan distandarisasi ke kecerahan puncak 200 nits. Menjalankan aplikasi rendering 3D atau game 3D akan sangat mengurangi masa pakai baterai Anda.

Namun, masa pakai baterai XPS 17 adalah skenario kasus terbaik untuk laptop Windows berukuran besar. Notebook ini dapat menangani pengetikan, koreksi, dan panggilan video selama delapan jam sehari yang sibuk.

kesimpulan

Ada satu kata yang paling menggambarkan Dell XPS 17: seimbang.

Pekerja keras Dell yang baik tidak membuat rekor pada waktu tertentu tetapi memberikan hasil yang kompak di seluruh papan. Ini menawarkan konektivitas berwawasan ke depan, layar besar, kinerja CPU dan GPU yang solid, dan masa pakai baterai yang baik. Dan itu melakukan semua ini dengan harga yang wajar. Hal ini menjadikan Dell XPS 17 pembelian yang bagus jika Anda menginginkan satu mesin yang melakukan segalanya dan tidak keberatan membawa ransel besar saat bepergian. dari Review Laptop Dell XPS 17 dapat menangani tugas apa pun yang Anda lakukan di rumah atau saat bepergian.

Leave a Comment