Review Laptop HP Envy 13, Simak Spesifikasi Lengkapnya!

AnakUI.comReview Laptop HP Envy 13, HP Envy 13 (2021) adalah laptop terjangkau dengan kualitas kelas atas, mengemas prosesor terbaru Intel dan desain aluminium kokoh yang memuaskan. Ini juga memiliki fitur bonus dari GPU Nvidia yang terpisah, memberikannya keunggulan atas para pesaingnya dalam hal bermain game dan pembuatan konten.

Review Laptop HP Envy 13

Laptop HP Envy 13 adalah laptop yang perlu dipertimbangkan jika Anda menginginkan sesuatu yang terlihat bagus tetapi tidak membutuhkan biaya yang mahal.

Review Laptop HP Envy 13

Laptop Envy 13 mirip dengan MacBook Air. Tidak murah, bukan top-end, dan bukan komputer yang buruk untuk digunakan sehari-hari. Dan seperti yang Anda harapkan, HP Envy 13 sebenarnya harganya jauh lebih murah daripada MacBook Air.

Hanya ada satu kritik utama. Seperti generasi sebelumnya, Laptop HP Envy 13 2021 memiliki touchpad plastik, bukan kaca.

HP mungkin telah memilih untuk tetap menggunakan plastik untuk menjaga jarak kualitas yang jelas antara seri Envy dan seri Spectre yang lebih mahal. Atau, kemungkinan besar, untuk menjaga biaya tetap rendah.

Spesifikasi Laptop HP Envy 13

Sebelum lebih detail membahas tentang Review laptop HP Envy 13, mari kita simak terlebih dahulu bagaimana spesifikasi Laptop Hp Envy 13 ini dari AnakUI.com:

Tipe ProsesorIntel Core i7
Processor OnboardIntel® Core™ i7-6500U Processor (2.5 GHz, 4M Cache)
up to 3.10 GHz
Memori Standar8GB DDR3
Tipe GrafisIntel® HD Graphics 520
Ukuran Layar13.3 Inch
Resolusi Layar2560 x 1440
Tipe LayarLED Backlit
AudioIntegrated
SpeakerIntegrated
Kapasitas Penyimpanan256 GB SSD
Wireless Network TypeIntegrated
Wireless Network Protocol802.11 B/G/N
Wireless BluetoothIntegrated
Bluetooth® 4.0
KeyboardStandard Keyboard
RagamInput Device Touchpad
Antarmuka / Interface3 USB 3.0
1 HDMI
1 headphone/microphone combo
Sistem Operasi MicrosoftWindows 10
Baterai3 Cell
Daya / PowerExternal AC Adapter
45 W AC power adapter
Dimensi (PTL)32.65 x 22.6 x 1.29 cm
BeratStarting at 1.36 kg

Desain

Untuk segi desain, dari Review Laptop HP Envy 13 ini merupakan laptop ultra-portabel kelas menengah dari HP. Itu tidak memiliki engsel 360 derajat seperti Envy x360, atau desain yang cukup mencolok seperti seri Spectre.

Tetapi jika Anda mencari mesin kerja portabel, saya rasa Anda juga tidak akan ketinggalan. HP Envy 13 masih terlihat dan terasa hebat.

Semua panel bodinya terbuat dari aluminium perak, yang membuatnya tampak jauh lebih bagus daripada beberapa laptop paduan magnesium yang mungkin Anda beli dengan harga yang jauh lebih mahal. Magnesium menukar sebagian besar rasa logam dari logam untuk bobot yang lebih rendah, dan saya tidak selalu yakin itu adalah perdagangan yang layak untuk semua orang.

Desain Laptop HP Envy 13

  • Desain aluminium terasa premium dan kokoh
  • Beratnya hanya 1,3kg, sehingga mudah dibawa kemana-mana
  • Keyboard bagus, tapi trackpad terbuat dari plastik

Laptop HP Envy 13 juga tidak terlalu berat. Beratnya 1,3kg, dan penggunaan tampilan layar lebar dan batas layar kecil membuat tapaknya tetap kecil.

Ada sesuatu tentang laptop all-aluminium berkualitas seperti Laptop HP Envy 13 yang mengingatkan Anda akan kualitasnya setiap kali Anda duduk untuk mengerjakannya. Faktor kualitas build yang lebih substantif semuanya baik. juga. Layarnya kaku dan keyboard tidak membungkuk di bawah tekanan jari.

Jika saya tidak mengulas laptop untuk mencari nafkah, Anda dapat memberi tahu saya bahwa ini adalah desain laptop kelas atas HP dan saya percaya Anda. Ini tidak terlalu menarik, tetapi ini tidak membuatnya tidak menarik.

Ini memiliki lebih banyak koneksi daripada MacBook juga. Anda mendapatkan dua port USB ukuran penuh, slot microSD, jack headphone, dan satu USB-C. Ini bukan slot Thunderbolt, ini adalah USB yang lebih biasa dengan bandwidth 10Gbps, bukan 40Gbps. Tapi itu memang menawarkan dukungan DisplayPort 1.4, memungkinkan Anda menggunakannya untuk menyambungkan layar 4K 120Hz, atau dua monitor 4K pada 60Hz.

Laptop HP Envy 13, sejauh yang saya tahu, memiliki keyboard dan touchpad yang sangat mirip dengan model Envy 13 sebelumnya. Kuncinya memiliki bentuk yang lebih parah daripada kebanyakan, tetapi ini adalah keyboard yang cukup tradisional, semuanya menjadi lebih baik.

Ada banyak key travel, resistansi sedang, dan backplate kunci yang kokoh, yang membuat keyboard terasa lebih kaku. Mengetik cepat dan tingkat umpan balik ke jari Anda bagus.

Ini adalah jenis keyboard yang ingin saya lihat di laptop ultra-portabel. Anda dapat mengetik esai panjang di Laptop HP Envy 13 dengan nyaman, lebih dari pada banyak model yang jauh lebih mahal.

Keyboard memiliki lampu latar LED putih dua tingkat untuk mengetik di ruangan redup juga, dan satu ‘kunci’ tersembunyi sebenarnya adalah pemindai sidik jari.

Touchpad-nya tidak terlalu populer. HP harus menggunakan alas yang cukup pendek di Envy 13 karena tapak laptop sangat kecil, dan menawarkan lebar ekstra sebagai semacam penghiburan.

Bentuk dan ukurannya bagus untuk laptop jenis ini, tetapi permukaannya lebih plastik daripada kaca bertekstur. Meskipun ini adalah contoh padat dari jenis plastik, ia tidak memiliki kaca geser jari yang halus dan tidak mencolok.

Ini mungkin tampak sebagai masalah kecil, tetapi ini adalah sesuatu yang memengaruhi setiap interaksi yang Anda lakukan dengan Laptop HP Envy 13, tanpa mouse terpasang. Itu satu hal yang akan saya ubah di laptop ini.

Laptop HP Envy 13 memiliki dua speaker bermerek Bang & Olufsen, dan solid jika bukan yang terdepan di kelasnya. Anda mendapatkan gambar stereo yang layak dan ada sebagian besar di kisaran menengah bawah untuk menghindari suara yang terlalu tipis, tetapi bass masih sangat buruk.

Speaker ini tidak terdengar bertenaga, tetapi setidaknya memiliki sedikit kehangatan.

Layar

Anda melihat tanda-tanda pertama bahwa dari Review Laptop HP Envy 13 bukanlah laptop ultra mahal di layarnya. Tetapi bahkan ini menuntut mata yang terlatih.

Ini adalah layar 1080p 13,3 inci, tipikal untuk laptop sub-£1000. Layar 4K akan terlihat lebih tajam, tetapi peningkatannya bisa dibilang tidak sepadan untuk kebanyakan orang, mengingat resolusi yang lebih tinggi juga berpengaruh besar pada masa pakai baterai. Hanya MacBook Air yang menemukan jalan tengah yang nyaman, dengan resolusi 1600p.

Layar Laptop HP Envy 13

  • Laptop HP Envy 13 menampilkan resolusi 1080p
  • Layar cukup terang untuk penggunaan di luar ruangan
  • Kontras sangat bagus, tetapi akurasi warna tidak sempurna

Warna adalah “katakan” kelas menengah yang saya bicarakan. Laptop HP Envy 13 memiliki cakupan 100% (yah, 99,8%) dari standar warna sRGB, tetapi hanya mencapai 79,3% DCI P3 yang masuk akal dan 74,7% dari Adobe RGB.

Apa artinya ini? Ini memberi Anda ide bagus seberapa bagus akurasi warna untuk tampilan. Sementara sRGB adalah standar tradisional untuk laptop, DCI P3 yang lebih kaya dengan cepat menjadi standar untuk ponsel, laptop, dan tablet kelas atas. Warnanya lebih dalam, untuk gambar yang lebih kaya dan lebih kuat.

Namun, Anda perlu membayar lebih untuk warna gamut lebar. MacBook Air juga tidak memilikinya. Dan, secara pribadi, saya sangat puas dengan cakupan warna Envy 13. Hal ini dibantu oleh kontras yang sangat bagus (untuk layar IPS) 1675:1.

Kecerahan lebih dari cocok untuk penggunaan di luar ruangan, dengan puncak 423 nits. Saya menulis sebagian dari ulasan ini duduk di taman, kaki terlipat dengan Laptop HP Envy 13 diletakkan di atas ransel. Pin dan jarum adalah masalah, tetapi tidak melihat apa yang saya tulis, meskipun permukaannya mengkilap.

Hasil akhir yang mengkilap tidak dapat dihindari di sini karena Laptop HP Envy memiliki layar sentuh berlapis kaca.

Performa

Dari Review Laptop HP Envy 13 menduduki Laptop versi kelas menengah, dan ini menawarkan keseimbangan harga dan kinerja terbaik bagi kebanyakan orang. Ini memiliki prosesor Intel Core i5 generasi ke-11, RAM 8GB, dan SSD 512GB berkapasitas tinggi.

Intel Core i5 memiliki clock sedikit lebih lambat daripada chipset Core i7 kelas atas yang ditemukan di Dell XPS 13, serta CPU Ryzen 7 di Lenovo Yoga Slim 7. Tetapi untuk jenis pekerjaan produktivitas dasar yang tipis dan laptop ringan sangat cocok, tidak akan membuat banyak perbedaan.

Performa Envy 13

  • Chip Intel i5 melakukan pekerjaan untuk tugas produktivitas dasar
  • GPU Nvidia memungkinkan kinerja gaming tingkat pemula

Laptop HP Envy 13 menempatkan anggaran di mana orang non-teknisi dapat menghargainya dengan sangat jelas, dan itu harus dirayakan. Pertama, laptop ini memiliki chipset grafis Nvidia MX450.

Mari kita bandingkan dengan grafis Intel Xe dari prosesor utama, yang sudah jauh lebih bertenaga daripada yang Anda dapatkan di sebagian besar laptop tipis dari generasi sebelumnya. Dalam uji Time Spy 3DMark, skor Nvidia MX450 66% lebih tinggi daripada Intel Xe.

Ini juga merupakan indikasi jenis kinerja game yang dapat Anda harapkan. The Witcher 3 berjalan dengan baik pada 1080p dengan pengaturan grafis Sedang. Anda bahkan dapat menggunakan grafik ‘Tinggi’ jika Anda dapat menerima penurunan frekuensi gambar hingga 20-an.

Kami sedang melihat kinerja mengalahkan PS4 di sini, yang tampaknya mengesankan untuk laptop yang tidak dibuat khusus untuk bermain game. Performanya juga mirip dengan kartu grafis entry level Nvidia GTX 1050 ‘klasik’.

Di bawah tekanan, kipas Laptop HP Envy 13 mengeluarkan suara yang sebagian besar tidak berbahaya, udara “fffft” yang konstan daripada terdengar seolah-olah laptop akan lepas landas. Namun, tidak perlu terlalu banyak bagi para penggemar untuk terlibat. Beberapa jendela browser yang aktif dan unduhan file kadang-kadang dapat melakukannya, tetapi itu berjalan senyap ketika berurusan dengan sesuatu yang sangat ringan, seperti menulis dokumen.

Laptop HP Envy 13 tidak terlalu keras di bawah tekanan berat, tetapi Anda mungkin berharap kipas tidak dapat dinyalakan dengan mudah. Tampaknya bekerja lebih senyap saat menggunakan daya baterai, karena prosesor laptop dibatasi untuk memperpanjang pengisian daya, yang pada gilirannya mengurangi jumlah panas yang dihasilkan.

SSD cukup cepat, jika tidak canggih, dengan kecepatan baca hingga 1708MB/dtk dan tulis 967MB/dtk. Ada SSD yang jauh lebih cepat dalam tes drag race baca/tulis seperti ini, tetapi kinerjanya sangat baik dalam konteks sehari-hari.

Baterai

Dari Review Laptop HP Envy 13 ini perusahaan HP mengklaim masa pakai baterai sampai10 jam, atau 16 jam 45 menit saat streaming video. Saya menemukannya bertahan 12 jam 15 menit saat streaming video melalui YouTube, menyarankan nomor HP mengacu pada kecerahan layar yang jauh lebih rendah daripada standar 150cd/m2 kami.

Namun, ini menunjukkan angka 10 jam umum dapat dicapai jika Anda tidak memberikan Laptop HP Envy 13 sesuatu yang terlalu berat untuk dilakukan. Itu yang saya anggap stamina normal untuk laptop seperti ini. Anda akan melihat hasil yang lebih baik dari Lenovo Yoga 7 Slim, yang memiliki baterai lebih besar dan prosesor AMD Ryzen, atau MacBook Air.

Baterai laptop hp envy 13

  • Baterai bertahan selama 12 jam dalam pengujian benchmark kami
  • Chip AMD dan Apple memberikan efisiensi baterai yang lebih baik
  • Laptop HP Envy 13 memiliki baterai 51Wh, mirip dengan kapasitas Dell XPS 13 (52Wh).

MacBook saat ini tidak terkalahkan untuk masa pakai baterai di bawah tekanan yang signifikan, berkat CPU Apple M1 yang sangat efisien. Laptop HP Envy 13 akan bertahan sekitar tiga jam di bawah beban berat, yang bahkan tidak mendekati MacBook. Tetap saja, saya akan senang menggunakan Laptop HP Envy 13 sebagai PC kerja saya sehari-hari.

Kesimpulan

Laptop HP Envy 13 (2021) adalah laptop bernilai tinggi yang menampilkan kualitas rakitan terbaik dan kinerja kompeten, meskipun harganya jauh lebih murah daripada Dell XPS 13 dan Apple MacBook.

Itu tidak memiliki beberapa fitur yang lebih mahal yang ditemukan di tempat lain, seperti trackpad kaca, layar resolusi tinggi, dan desain yang dapat dikonversi, tetapi mencakup semua dasar dengan sangat baik sehingga sulit untuk mengeluh.

Sebagai bonus tambahan, ini mengemas GPU Nvidia terpisah yang lebih bertenaga daripada grafik terintegrasi yang ditemukan dengan ultrabook lain. Ini berarti Anda dapat memainkan gim-gim seperti Fortnite saat istirahat makan siang, meskipun dengan pengaturan grafis yang diperkecil.

Satu-satunya masalah utama adalah Lenovo Yoga Slim 7 dapat dibeli dengan harga yang sama dan menawarkan kinerja CPU dan masa pakai baterai yang lebih baik. Meskipun HP masih lebih unggul dalam hal penggerutuan GPU.

Bagaimana menurut kalian setelah membaca artikel tentang Review Laptop HP Envy 13  dari anakUI.com? Apa kalain berminat ingin membelinya?

FAQ

Apakah HP Envy 13 memiliki layar sentuh?

HP Envy 13 memiliki layar sentuh kapasitif standar, meskipun merupakan desain laptop yang cukup konvensional.

Apakah ini laptop hybrid?

Laptop ini tidak memiliki engsel 360 derajat. Gerakan engselnya sebenarnya cukup membatasi bahkan menurut standar laptop biasa. Lihat HP Envy x360 untuk versi hybrid.

Apakah HP Envy 13 mendukung stylus?

HP Envy 13 tidak mendukung salah satu stylus aktif HP. Anda dapat menggunakan stylus pasif, tetapi tidak akan memiliki sensitivitas tekanan yang Anda dapatkan dengan stylus khusus. Envy x360 lebih baik untuk seni digital, karena mendukung stylus pintar.

Bisakah Anda menggunakan HP Envy 13 di luar ruangan?

HP Envy 13 memiliki layar yang cukup terang, praktis untuk digunakan di luar ruangan, namun permukaan layar yang glossy berarti Anda masih akan melihat pantulan.

Bisakah Envy 13 memainkan Fortnite?

Laptop ini sebenarnya adalah salah satu model ramping dan ringan yang lebih baik untuk bermain game karena memiliki grafis Nvidia MX450. Fortnite berjalan dengan baik, meskipun Anda harus bermain-main dengan pengaturan grafis untuk mendapatkan hasil performa terbaik.

 

1 thought on “Review Laptop HP Envy 13, Simak Spesifikasi Lengkapnya!”

Leave a Comment