Review Laptop HP Envy x360 13 dengan Chipset AMD Ryzen 7

AnakUI.comReview Laptop HP Envy x360 13, HP telah mengubah segmen yang baru-baru ini diabaikan. Alih-alih memikirkan fitur yang perlu dihilangkan dengan harga lebih murah, Laptop HP terbaru inimemikirkan aspek model Spectre andalannya yang bisa dibawanya ke Envy. Hasilnya, Laptop HP Envy x360 13 memiliki DNA yang sama dengan Spectre, termasuk sasis aluminiumnya.

Selain itu, Laptop HP Envy x360 13 menampilkan layar sentuh 13 inci yang luar biasa dan keyboard yang nyaman. HP dengan cerdik memilih CPU seri 4000 AMD yang baru, yang memberikan kinerja yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan harga ini, dan Anda bahkan mendapatkan pilihan port yang layak (maaf, tidak ada Thunderbolt 3). Apakah Anda seorang pelajar yang mencari laptop HP terbaik atau hanya menginginkan laptop 13 inci, tidak ada pilihan yang lebih baik selain Laptop HP Envy x360 13.

Review Laptop HP Envy x360 13

Laptop Envy terbaru dari HP menekankan pada portabilitas dan fleksibilitas. Kami sedang meninjau versi Laptop HP Envy x360 13 di sini dan baru-baru ini memiliki waktu langsung dengan HP Envy x360 15, mitra 15 inci.

Sekilas, Review Laptop HP Envy x360 13 (13-ag0003na) adalah notebook yang sangat tipis dan ringan untuk menyaingi Dell XPS 13. Namun, ia memiliki strategi dengan manambah spek2 keren yang tidak ada di Dell.

Seperti Acer Spin 5 dan berbagai Chromebook seperti Flip C302C dari Asus, laptop Envy ini memiliki engsel 360 derajat, karenanya disebut x360. Layar dapat didorong sepenuhnya hingga perangkat berubah menjadi semacam tablet seadanya. Dikombinasikan dengan tampilan layar sentuh, Anda dapat menggunakan laptop ini untuk membuat sketsa, mengedit dokumen, dan banyak lagi.

Spesifikasi HP Envy x360 13

Sebelum membahas lebih jauh tentang Laptop HP Envy ini, mari kita simak spesifikasi Laptop HP Envy x360 13 dari AnakUI.com dibawah ini:

Spesifikasi HP Envy x360 13

Tipe ProsesorAMD Octa Core
Processor OnboardAMD Ryzen 7 4700U Processor (2.0 GHz up to 4.1 GHz, 4M Cache)
Kapasitas Penyimpanan512 GB SSD
Memori Standar16GB RAM
Tipe GrafisAMD Radeon Graphics
Ukuran Layar13.3 Inch
Layar SentuhYa
Wireless BluetoothIntegrated
Sistem OperasiMicrosoft Windows 10 Home
Software LainnyaMicrosoft Office Home Student 2019
HargaBaru: RP 19.108.950(disc 4%) RP18.199.000

Desain dan Build

Satu hal yang pasti, dari review Laptop HP Envy x360 13 dirancang untuk kehidupan di jalan. Sasis aluminium itu sangat kompak, dengan bezel tipis yang mengelilingi layar 13,3 inci. Dengan berat hanya 1,3 kg, membawanya ke mana-mana juga bukan beban – Anda dapat menyelipkannya ke dalam tas berukuran layak dan melupakannya sampai dibutuhkan.

Tentu saja, jika Anda memasukkan perangkat ke dalam tas dan menyeretnya sepanjang hari, Anda juga menginginkan tingkat daya tahan. Untungnya, Laptop HP Envy x360 13 tidak masalah. Penutup itu sangat kokoh untuk memberikan perlindungan yang memadai untuk tampilan, sedangkan sasis lainnya sama kokohnya. Anda dapat mendorong dan menekan Laptop HP Envy x360 13 sebanyak yang Anda suka, tetapi Anda hanya akan melihat sedikit kelenturan.

desain HP Envy x360 13

Karya desain HP cerdas dan menarik. Lapisan perak gelap tentu terlihat rapi, dengan detail yang lebih halus untuk membuatnya menonjol dari yang lain. Dari permukaan berpola antara engsel hingga kisi-kisi speaker mozaik, Envy memiliki ciri khas yang menyenangkan – suatu prestasi yang luar biasa ketika banyak pesaing tampaknya puas untuk melanjutkan tampilan polos dan membosankan yang sama.

Tentu saja, x360 juga dapat berubah menjadi tablet, jika Anda memutar layar ke belakang. Ini tidak seringan atau senyaman iPad, tetapi bentuk ini bagus untuk menikmati majalah digital atau menonton film saat bepergian. Engsel ganda tampaknya sangat kuat dan andal, sementara Windows secara otomatis beralih ke mode tablet berorientasi sentuh saat Anda membalik layar.

Meskipun bentuknya ramping dan kompak, entah bagaimana HP menemukan ruang untuk dua port USB 3.1 berukuran penuh. Sayangnya, hanya ada satu konektor Type-C, meskipun ini tidak harus digunakan untuk daya. Laptop HP Envy x360 memiliki port pengisian daya standar agar sesuai dengan adaptor dan steker yang disertakan. Koneksi Tipe-C itu menawarkan dukungan DisplayPort, sementara ada juga pembaca kartu memori microSD yang praktis.

Keyboard dan Touchpad

Sayangnya, salah satu kelemahan utama dari review Laptop HP Envy x360 13 adalah keyboard dan touchpad. Meskipun sangat baik untuk penggunaan sehari-hari, HP tidak dapat menandingi saingannya seperti Dell, Acer dan Asus untuk kegunaan.

Keyboard membentang dari ujung ke ujung, jadi jaraknya pasti bagus. Setiap tombol memiliki ukuran yang bagus dan terpisah dengan nyaman dari tetangganya. Namun, papannya terasa sedikit kenyal di bagian tengah – tidak terlalu merepotkan, tetapi saya merindukan aksi tegas dari Dell XPS 13.

Keyboard dan touchpad HP Envy x360 13

Saya agak tersandung oleh kolom tambahan kunci di sepanjang tepi kanan. Kolom bonus ini menyimpan kunci khusus untuk Pg Dn, Pg Up, dan seterusnya, dengan konsekuensi yang tidak menguntungkan bahwa tombol kembali dan mundur didorong ke dalam. Hasilnya adalah ketika mengetik dengan sentuhan, saya menemukan bahwa alih-alih memulai paragraf baru, saya sering kali secara tidak sengaja melewatkan setengah dokumen saya. Fakta bahwa tombol Kembali dikompresi menjadi satu baris hanya memperburuk situasi, jadi saya harus secara teratur memaksakan diri untuk melirik keyboard.

Tentu saja, itu adalah sesuatu yang pada akhirnya akan Anda kuasai setelah menggunakan Laptop HP Envy x360 selama beberapa hari. Semua sama, itu terus terbukti menjengkelkan setiap kali saya lengah.

Untungnya, itu saja untuk kelemahan keyboard. Di tempat lain papan sepenuhnya (jika agak tidak merata) backlit, sehingga Anda dapat berang-berang dalam kegelapan, sementara setiap tombol terbukti sangat responsif terhadap ketukan panik saya.

Bertempat di sandaran tangan yang ramping adalah touchpad yang sedikit tergencet, yang terkadang juga membuat frustrasi. Itu tidak cukup sensitif atau responsif untuk gerakan halus, sementara itu juga terasa cukup lengket dibandingkan dengan saingannya. Untungnya, layar 13 inci Envy mendukung sentuhan, jadi saya lupa tentang touchpad dan menyodok layarnya. Masalah terpecahkan.

Layar

Untuk segi layar, Review Laptop HP Envy x360 13 ini menggunakan layar IPS 13,3 inci, menghasilkan visual yang jernih dan menarik, apa pun yang Anda lakukan. Resolusi Full HD berarti foto dan film dikemas dengan detail, terutama mengingat ukuran layar yang ringkas. Bahkan jika Anda menempelkan wajah Anda ke panel, Anda masih membutuhkan penglihatan yang mematikan untuk melihat setiap piksel.

Reproduksi warna tidak sepenuhnya akurat, meskipun Envy akan melakukan pekerjaan untuk mengedit foto dan tugas kreatif lainnya. 95% gamut sRGB tercakup, bersama dengan 74% Adobe RGB. Demikian pula, suhu warna default 6900k mendekati ideal 6500k, jika sedikit di sisi dingin.

Layar Laptop HP Envy x360 13

Kami telah melihat tingkat kontras yang lebih baik dari mesin Dell XPS, tetapi peringkat 840:1 masih bagus untuk penggunaan kreatif dasar, atau sekadar menikmati film saat dalam perjalanan. Namun, kecerahan layar mencapai lebih dari 300 nits, jadi Anda mungkin kesulitan untuk melihat apa yang terjadi saat menggunakan Laptop HP Envy x360 di luar ruangan pada hari yang cerah.

Berkat engsel fleksibel tersebut, Anda dapat menopang Envy dalam ‘mode tenda’. Ini adalah cara yang bagus untuk menonton pertunjukan saat bepergian, terutama saat bepergian dengan orang lain – selama Anda memiliki permukaan datar untuk meletakkan perangkat, tentu saja.

Audio

Di atas keyboard, Anda akan menemukan kisi speaker sempit yang membentang dari kiri ke kanan, mengarahkan audio langsung ke wajah Anda – seperti yang kami suka. Selain itu, Review Laptop HP Envy x360 13 dari segi audio, Anda mendapatkan dua kisi speaker di tempat biasa di bawah. Ini membantu saat Anda menonton konten dalam ‘mode tenda’, karena speaker utama tiba-tiba menunjuk ke arah yang salah.

Audio Laptop HP Envy x360 13

Duduk di samping pembicara utama adalah logo Bang & Olufsen, mengungkapkan bahwa perusahaan desainer Denmark telah memiliki andil dalam penyetelan pengaturan quad-speaker.

Terlepas dari berapa banyak input yang dimiliki B&O di sini, Laptop HP Envy x360 pasti dapat mengeluarkan beberapa suara yang layak. Pada volume puncak, saya dapat dengan senang hati menonton beberapa acara TV sambil memasak di dapur yang sibuk. Tentu saja, kualitas audio sedikit terpukul di level teratas tersebut, terutama saat mendengarkan musik rock yang gaduh. Semua instrumen cenderung menyatu menjadi dinding kebisingan yang kokoh, jadi sebaiknya Anda mencolokkan beberapa headphone atau speaker untuk goyang penuh.

Kinerja

Dikemas di dalam laptop HP ini adalah chipset AMD Ryzen 7 2700U, berjalan pada 2GHz. Hal ini didukung dengan memori DDR4 sebesar 8GB, untuk performa sehari-hari yang lancar.

Dalam pengujian benchmark kami, Envy tidak memberikan kejutan apa pun. Hasilnya sebanding dengan perangkat kelas menengah lainnya seperti Asus ZenBook UX430UA, meskipun Acer Spin 5 mengalahkannya. Spin terbukti jauh lebih kuat untuk kinerja multi-core, menawarkan skor Geekbench 13.180 dibandingkan dengan 7030 x360.

Yang mengatakan, saya menemukan bahwa laptop ini menangani penggunaan yang cukup intensif tanpa banyak berkeringat. Bahkan multi-tasking dengan beberapa aplikasi sekaligus, termasuk sesi browser Chrome dengan beberapa lusin tab terbuka, tidak menyebabkan Laptop HP Envy x360 gagap atau tersandung. Saya dapat dengan senang hati mengedit foto sambil mendengarkan Spotify, mengirim pesan kepada teman, dan menjelajahi web, beralih di antara berbagai jendela tanpa penundaan.

DeviceGeekbench single-coreGeekbench multi-corePCMark 103D Mark Ice StormCrystalDisk
Mark read
CrystalDisk
Mark write
HP Envy Envy x36033057030262646,4341327MB/s696MB/s
Dell XPS 15 2-in-1477016,055343849,5872977MB/s520MB/s

Grafik AMD Radeon Vega 10 menangani visual, menangani tugas-tugas kreatif sederhana dan game tingkat pemula tanpa masalah. Anda tidak akan dapat memainkan apa pun yang menuntut, tetapi saya menemukan bahwa judul lama seperti Serious Sam dan Skyrim sangat halus pada pengaturan detail yang lebih tinggi.

Anda mendapatkan ruang penyimpanan SSD 512GB untuk aplikasi, game, dan lainnya, dan solid state drive tersebut cukup lincah. Pengujian kami menghasilkan kecepatan baca 1327Mbps, bersama dengan kecepatan tulis 696Mbps.

Baterai

Sayangnya, untuk laptop portabel seperti ini, dari Review Laptop HP Envy x360 13 ini tidak mengesankan dalam hal daya tahan baterai. Saya menemukan bahwa itu sering mengelola hanya empat jam penggunaan campuran per pengisian daya, termasuk bekerja online sambil streaming musik dan bermain-main dengan berbagai aplikasi. Itu jauh tertinggal dari XPS 13, LG Gram dan Huawei MateBook X Pro, yang cenderung menawarkan waktu kerja lima hingga enam jam sebelum baterai mati.

Laptop HP Envy x360 hanya bertahan kurang dari lima setengah jam dalam pengujian baterai standar kami, yang melibatkan putaran penjelajahan web dan pemutaran video pada tingkat kecerahan sedang.

Kelebihan dan Kekurangan

Setelah membaca Review Laptop HP Envy x360 13 diatas, mari kita simak kelebihan dan kekurangan Laptop HP Envy x360 13 in dibawah:

Kelebihan

  1. Desain Ramping dan ringan
  2. Visual yang tajam dan menarik
  3. Performa yang dapat diandalkan
  4. Kapasitas SSD Besar
  5. Keyboard dan touchpad nyaman digunakan
  6. Port lengakap dan ada adaptor
  7. pena stylus aktif
  8. Harga Terjangkau

Kekurangan

Setelah mengetahui keliihan dari seri ini, pasti tidak luput dari kekurangan. Apa saja kekurangan dari Laptop HP Envy x360 13 ini, simak ulasan dubawah:

  • Masa pakai baterai di bawah rata-rata
  • Kegunaan campuran
  • Tidak bisa menambah RAM

Nah itulah tadi kelebihan dan kekurangan Laptop HP Envy x360 13 dari AnakUI.com

Mengapa membeli HP Envy x360 13?

Dalam hal portabilitas, Envy x360 menawarkan desain super tipis dan ringan yang juga terlihat sangat cerdas. Ini sangat cocok untuk kehidupan saat bepergian, meskipun masa pakai baterai tertinggal dari beberapa pesaing – Anda harus membawa adaptor itu untuk penggunaan sepanjang hari. Tetap saja, kinerja sehari-harinya solid dan Anda bahkan dapat menggunakan beberapa penggunaan kreatif dan permainan ringan berkat internal AMD.

Satu-satunya keluhan kami yang lain adalah kegunaan campuran, namun dukungan layar sentuh membantu di area itu.

Penutup

Terlepas dari beberapa masalah kegunaan dan masa pakai baterai yang mengecewakan, HP Envy x360 adalah laptop portabel yang menyenangkan yang menawarkan daya tarik yang layak dikelasnya.

Setelah memaca artikel tentang Review Laptop HP Envy x360 13 diatas bagaimana menurut kalian? Apakah kalian ingin membelinya?

Leave a Comment