Review Laptop HP ZBook Firefly G9 (14 inci)

AnakUI.comReview Laptop HP ZBook Firefly G9, Ada banyak laptop hp terbaru bertenaga yang bisa Anda beli dengan uang Anda. Sebagian besar ditujukan untuk para gamer atau mereka yang sedang mengedit video saat dalam perjalanan. Jika Anda seorang pekerja lapangan yang menyukai desain produk, STEM, atau seorang manajer teknis dan seniman, sering kali sulit menemukan laptop yang dirancang hanya untuk kebutuhan Anda. Anda akan sering harus menerima sesuatu yang lain yang tidak benar.

Jika Anda terbiasa dengan merk laptop HP, di situlah ZBook Firefly masuk. Perusahaan mengirimi saya ZBook Firefly G9 untuk direview. Hadir dengan prosesor Intel Core i7-1265U generasi ke-12, RAM 64GB, dan GPU laptop Nvidia T550, laptop ini diberdayakan secara berbeda dari laptop konsumen lain yang pernah saya gunakan sebelumnya.

Review Laptop HP ZBook Firefly G9

Dari Review Laptop HP ZBook Firefly G9 ini mengemas banyak kekuatan dan kinerja mentah dalam paket yang sangat ramping. Seiring dengan tampilan DreamColor yang hidup, dan beberapa fitur keamanan bawaan yang keren seperti pelacakan Tile, ini adalah mesin yang sangat mumpuni, tetapi ada beberapa keluhan yang saya miliki.

Masa pakai baterainya bukan yang terbaik, dan keyboardnya terasa terlalu dangkal dan kecil. Bahkan pendinginannya juga bukan yang terbaik. Tetap saja, ini adalah mesin yang terlalu sulit untuk dilewatkan, terutama jika Anda seorang kreator yang berurusan dengan konten 2D atau pekerja online yang membutuhkan PC dengan banyak daya saat bepergian.

Disini AnakUI.com akan mengulas Laptop HP ZBook Firefly G9, mulai dari spek, desain performa dan lainya, penasaran bagaimana Review Laptop HP ZBook Firefly G9 dari kami? Yuk simak ulasan dibawah ini:

Review Laptop HP ZBook Firefly G9

Spesifikasi Laptop HP ZBook Firefly G9

CPU12th generation Intel Core i7-1265U (VPro optional) 1.8 GHz Base frequency, up to 4.8 GHz Max Turboboost 12 MB L3 cache, 2 Performance cores, and 8 efficiency cores, 12 threads
GraphicsIntegrated: Intel Iris XDiscrete: Nvidia T550 Laptop GPU with 4GB GDDR6 memory
DisplayHP DreamColor 14-inch WUXGA (2560 x 1600), IPS, anti-glare, 120Hz refresh rate
Dimensions & weight12.42 x 8.8 x 0.78 inches & 3.43 lbs
Memory64GB DDR5
Storage2TB PCIe Gen 4 x4 NVMe M.2 2280 SSD
BatteryHP Long Life 3-cell, 51 Wh Li-ion polymer
PortLeft side: 1 SuperSpeed USB Type-A 1 HDMI 2.0, 2 Thunderbolt 4 with USB4 Type-C, 1 Smartcard readerRight side: 1 headphone/microphone combo; 1 SuperSpeed USB Type-AFingerprint reader below keyboard deck
Audio & microphonesAudio by Bang & Olufsen, dual stereo speakers HP World Facing Microphone dual array digital microphones
ConnectivityIntel Wi-Fi 6E AX211 (2x2) Bluetooth 5.2 M.2,Intel XMM 7560 LTE Advanced Pro Cat 16; Intel 5G Solution 5000Optional Near Field Communication (NFC) module
Camera5MP Windows Hello IR Webcam
Colorsilver
MaterialAluminum
OSWindows 11 Pro

Desain

Dari segi desain, Review Laptop HP ZBook Firefly G9 ini saya sedikit kaget, Laptop terlihat hampir seperti HP Envy dari luar. Perbedaan pertama yang saya perhatikan adalah lapisan perak yang lebih gelap. Perbedaan lainnya adalah branding Z dan Zbook besar pada tutupnya, yang memiliki hasil reflektif yang keren. Laptop HP lainnya memiliki merek HP tradisional di tutupnya.

Laptop ini terbuat dari aluminium yang sebagian didaur ulang. HP mengatakan bahwa 50% aluminium pasca-industri digunakan dalam sampul C&D. Ini cukup tahan lama, karena menekuk tutupnya dan menekan tangan saya dengan keras pada dek keyboard tidak menyebabkannya melentur. Itu salah satu tes klasik saya untuk daya tahan.

Review Laptop HP ZBook Firefly G9

Sorotan dari desain ini adalah kekompakan laptop secara keseluruhan. Laptop gaming atau kreator yang memiliki GPU di dalamnya yang digunakan kreator biasanya berat atau tebal. Yang ini memiliki ketebalan 0,78 inci dan berat di bawah 3,43 pon. Untuk laptop non-gaming, ukuran layar keseluruhannya istimewa. Ini secara teknis adalah perangkat 14 inci, sehingga memadukan perbedaan ukuran layar antara 13 dan 15 inci agar tepat bagi mereka yang membutuhkan ruang layar besar saat bepergian. Laptop gaming seperti Asus ROG Zephyrus telah melakukan ini sebelumnya.

Bagian dari desain juga memiliki beberapa fitur keamanan. Penutup bawah memiliki kunci perusak, jadi Anda akan diberi tahu jika seseorang mencoba membuka bagian bawah sistem. Ada juga fitur pelacakan Tile bawaan, sehingga Anda dapat melacak laptop yang hilang.

Sebagai laptop yang menurut HP akan digunakan oleh para pekerja kreatif dan pekerja lapangan, saya juga senang dengan pemilihan porta. Ada Thunderbolt 4, serta USB-A dan HDMI. Ini berarti saya bisa hidup bebas dari dongle. Untuk materi iklan yang mungkin terhubung ke monitor, itu merupakan nilai tambah yang besar. Yang cukup menarik, HP juga menyertakan NFC opsional di unit saya, meskipun saya tidak menemukan cara untuk menggunakannya. Pembaca kartu pintar juga ada di unit saya, tetapi saya tidak mengujinya karena saya tidak memiliki aksesori yang kompatibel. Ini lebih banyak fitur bisnis daripada untuk materi iklan.

Tampilan dan Audio

Untuk segi tampilan, Review Laptop HP ZBook Firefly G9 ini berfokus pada kreator yang berurusan dengan konten 2D, tampilan menjadi fokus utama. HP mengonfigurasi unit saya dengan layar DreamColor, yaitu jenis layar khusus yang dirancang untuk media & hiburan dengan fokus pada manajemen warna. Gabungkan itu dengan kecepatan refresh 120Hz, rasio aspek 16:10, dan resolusi WUXGA (2560 x 1600), dan tampilan ini penuh warna, responsif, jernih, tajam, dan imersif.

Saat menjelajah web, saya benar-benar memperhatikan betapa cerahnya layar DreamColor IPS ini. Saya meletakkan ThinkPad saya tepat di sebelahnya (memiliki layar IPS 60Hz biasa) dan menyadari betapa halaman web terlihat lebih tajam dan lebih hidup di HP. HP juga terasa jauh lebih responsif saat menggulir halaman web berkat panel 120Hz.

Review Laptop HP ZBook Firefly G9

Selain itu, teks hitam lebih menonjol dan gambar produk teknologi di situs web XDA terlihat jauh lebih hidup daripada di ThinkPad. Bahkan dalam menonton video alam YouTube, pemandangannya cukup hidup. Rasio kontras dan kecerahan yang sangat tinggi yang direkam oleh colorimeter saya (26:770:1 dan kecerahan 542 nits) dapat menjelaskan hal itu. Ini membantu menghindari pantulan pada layar, bahkan saat saya membawa laptop ke luar ruangan.

Saya masih berpikir itu tidak sebagus layar OLED. Saya mengatakan itu karena angka yang saya dapatkan di colorimeter saya. HP Zbook Firefly G9 mencapai beberapa spektrum yang sangat bagus tetapi tidak sehebat perangkat dengan panel OLED. Itu mencapai 100% sRGB, 87% dari Adobe RGB, 91% dari P3, dan 82% dari spektrum NTSC.

Skor 80% bagus, tetapi OLED lebih baik. Bandingkan dengan model XPS 13 OLED, misalnya. Angkanya adalah 100% sRGB, 96% Adobe RGB, 100% P3, dan 94% NTSC. Angka-angka yang dipasang pada HP tidak buruk dan masih akurat untuk pengeditan konten pada layar IPS, tetapi tidak ada yang dapat mengalahkan akurasi warna panel OLED.

Di bagian atas layar itu terdapat webcam Windows Hello IR 5 megapiksel. Sebagian besar laptop HP telah melampaui 720p dan 1080p, jadi ini tidak mengherankan. HP menyertakan beberapa perangkat lunak yang dapat meningkatkan webcam dengan AI-auto framing, dan saya sangat menikmati keakuratannya, dan betapa bersihnya penampilan saya saat melakukan panggilan Google Meet.

Unit ulasan saya juga memiliki pembaca sidik jari Windows Hello dan webcam Windows Hello, sehingga keamanannya menjadi dua kali lipat. Penggeser tambahan untuk menyembunyikan webcam saat tidak digunakan juga membantu privasi. Sering kali saya menggesernya ke posisi mati. Saya lebih suka penggeser fisik daripada penggeser elektronik, dan ini menambah keyakinan saya bahwa saya benar-benar tidak akan ditangkap oleh kamera web saya saat saya tidak menginginkannya.

Sedangkan untuk speaker, terdapat dual speaker yang disetel oleh B&O onboard. Speaker berada di sisi bawah perangkat. Suaranya oke, tapi saya mendengar lebih baik di laptop. Lokasi tidak benar-benar membuat semuanya terdengar imersif, dan kadang-kadang, suara terdengar agak teredam. Lebih tepatnya HP telah menggunakan ruang di dek keyboard untuk speaker.

Keyboard dan Touchpad

Saat saya mengulas HP ZBook Firefly G9, saya juga mengulas HP Envy 16. Menarik bagi saya bahwa dengan perbedaan ukuran keyboard bisa sangat berbeda. Mungkin saja jari saya gemuk, tapi keyboard di HP ZBook Firefly G9 sepertinya agak terlalu sempit. Terkadang saya mendapati diri saya menekan lebih dari satu tombol, terutama saat mengetik cepat melalui ulasan ini. Keycaps itu sendiri memiliki perasaan yang bagus dan dengan lembut masuk ke sasis, tetapi tidak cukup taktil seperti MacBook atau bahkan Surface.

Untuk Review Laptop HP ZBook Firefly G9 ini menyertakan tombol media standar dan tombol fungsi pada keyboard ini. Anda dapat menyesuaikan tombol F2 seperti yang Anda lihat untuk fungsi tertentu. Tombol mikrofon senyap juga ada, yang selalu diapresiasi di era bekerja dari rumah ini.

Sedangkan untuk touchpad, cukup besar untuk laptop berukuran 14 inci. Ini sebenarnya sepertiga dari ukuran seluruh bagian bawah keyboard. Itu memberi saya banyak ruang untuk menggulir, menyeret, dan melepaskan file dengan mudah. Itu sangat mudah, dan saya sangat suka kelembutannya saat Anda mengklik ke bawah. Sulit untuk mengeluh tentang ini.

Performa

Dari performanya, Review Laptop HP ZBook Firefly G9 hadir dengan GPU T500 khusus Nvidia. Ini melayani hanya untuk pekerja lapangan profesional yang tertarik pada perancangan dan rekayasa produk, STEM atau manajer teknis. Saya terbiasa mengulas dengan laptop dari seri seluler RTX dan chip kelas H, tetapi setelah mencoba laptop T550, saya harus mengatakan ini cukup kuat dan unik untuk tugas kreatif tetapi bukan yang terbaik untuk bermain game. Ini bahkan benar ketika dipasangkan dengan chip seri U generasi ke-12 terbaru dari Intel dan RAM 64GB di unit saya. Sebagian besar tugas produktivitas seperti menjelajah di Microsoft Edge, dan merender gambar bertanda air dan tanpa latar belakang di Photoshop, cepat dan efisien.

Review Laptop HP ZBook Firefly G9

Melihat tolok ukur lainnya, Anda dapat melihat kekuatan kombinasi chip dan GPU ini. Dalam banyak pengujian saya, chip Intel U-series dan kombo T500 ini hampir mendekati laptop dengan chip Intel H-series berkekuatan lebih tinggi, dan grafis RTX Nvidia. Bahkan mendekati apa yang ditawarkan AMD, dan menghancurkan laptop tanpa GPU. Anda dapat melihatnya dengan skor kreativitas Crossmark secara keseluruhan, yang mencapai 1.758 hampir sama dengan laptop Dell XPS 15 dengan grafis RTX.

Skor Cinebench juga menunjukkan kekuatan CPU, karena mencapai angka single-core yang serupa di seluruh papan untuk semua laptop komparatif. Hanya ketika multi-core dipertanyakan, Anda melihat kelemahan seri-U terhadap chip seri-H yang lebih bertenaga. Itu karena 2 core kinerja dan 8 core efisiensi dan daya 15 watt hanya dapat melakukan banyak hal. Chip kelas H dari laptop gaming memiliki lebih dari keduanya dan bekerja dengan watt yang lebih tinggi untuk kinerja yang lebih baik.

Di luar tugas kreatif umum untuk hal-hal seperti bermain game, T550 bukanlah GPU terbaik untuk bermain game besar. Zbook Firefly G9 bukan untuk ini. Ya, skornya bagus di TimeSpy, tetapi skornya hampir setengah dari laptop gaming, dan hampir dua kali lipat dari yang Anda dapatkan dengan grafik terintegrasi mandiri. Saya harus menurunkan pengaturan grafis saat bermain game.

Saya berhasil mendapatkan sekitar 38 frame per detik di Fornite pada pengaturan ultra 1080p. Game yang lebih menuntut seperti GTA V juga dimainkan dengan baik pada 1080p, mendekati 40 bingkai. Simulator Penerbangan Microsoft meskipun tidak berjalan dengan baik sama sekali pada pengaturan ultra pada 1080p. Itu sangat membeku, dan akibatnya saya harus duduk melewati banyak kecelakaan pesawat. Menyetel pengaturan sedikit ke rendah dan sedang adalah pengalaman yang lebih baik dan saya mencapai 30 bingkai padat pada 1080p.

Saya tahu banyak laptop lain dengan chip Intel U-series yang memiliki efisiensi daya yang baik. Lenovo Yoga 9i adalah contoh yang bagus. Dipasangkan dengan grafik T550 yang haus daya, saya memiliki dua masalah dengan ini di HP. Salah satunya adalah pendinginan, dan yang kedua adalah masa pakai baterai.

Laptop ini cepat panas, terutama saat di bawah beban berat dan melakukan penelusuran web yang berat. Kipas banyak bekerja dan mencoba untuk mendinginkan segalanya, dan ini membantu menjaga dek keyboard dan sandaran tangan tetap dingin saat disentuh. Namun, pendinginannya masih bukan yang terbaik seperti HP Envy. Meja saya terasa hangat saat disentuh saat memindahkan laptop saat kipas itu masuk.

Sejauh daya tahan baterai, saya melakukan beberapa tes. Dengan layar 120Hz dan kecerahan 38%, saya hanya mendapatkan masa pakai baterai 3 jam selama alur kerja panggilan Google Meet, mengetik di WordPress, dan menjelajahi web. Disetel ke 60Hz, saya mendapatkan hasil baterai yang sedikit lebih baik, mendekati 4 jam. Semua ini dilakukan dengan Windows yang disetel ke efisiensi daya terbaik. Saya biasanya mengharapkan 5-6 jam dari laptop saya, jadi ini mengecewakan.

Keamanan & fitur

Ulasan laptop saya biasanya diakhiri dengan performa, tetapi karena ini adalah Zbook, ada sedikit tambahan untuk disebutkan. HP menyertakan banyak hal untuk menjaga keamanan laptop ini. Saya sudah menyebutkan resistensi tamper, tetapi ada dua hal tambahan. Pelacakan petak, serta HP Wolf Security.

Review Laptop HP ZBook Firefly G9 memiliki tile tracker, khususnya seri Elitebook. Ini cukup keren untuk dilihat di laptop. Setelah saya mengaktifkannya, saya dapat melihat laptop di peta atau mengikuti sinyal Tile untuk menemukan lokasinya di rumah saya. Untuk bisnis yang suka melacak inventaris laptop, ini bisa sangat membantu.

Laptop HP ini juga dlengkapi dengan Wolf Security, Ini pada dasarnya adalah keamanan titik akhir dan bentuk antivirus. Ini akan memindai sistem Anda untuk masalah keamanan, dan juga memindai file yang telah Anda unduh. Sangat menyenangkan melihat HP menganggap serius keamanan.

Harga Laptop HP ZBook Firefly G9

HP Zbook Firefly G9 14-inci sekarang tersedia untuk dibeli. Ini sebenarnya adalah salah satu ZBook yang paling dapat disesuaikan. Namun, mode yang saya dapatkan untuk ditinjau tampaknya belum memiliki harga akhir. Saya menanyakan hal ini dan HP mengarahkan saya ke tiga tingkat HP ZBook Firefly 14 G9 sebagai gantinya. Ada model level awal seharga $1.659, model kelas menengah seharga $2.099, dan model kelas atas seharga $2.600. Perbedaan konfigurasi termasuk RAM, penyimpanan, tipe tampilan, dan CPU atau GPU.

Penutup

Nah itulah tadi artikel tentang Review Laptop HP ZBook Firefly G9 dari AnakUI.com. Setelah membaca ulasan diatas apakah kalian ingin membelinya?

Jika bermanfaat jangan lupa share ke sosmed kalian ya guys, agar teman saudara kalian juga tahu tentang Laptop hp terbaru ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!!

Leave a Comment