Review Laptop MSI GE76 Raider 12UHS: Performa Gahar

AnakUI.comReview Laptop MSI GE76 Raider, Kami sudah lama menjadi penggemar MSI seri ini. Seri ini dibangun dengan komponen kelas atas yang dibangun dengan kokoh yang menghasilkan kinerja yang handal. Konon, jika menyangkut eksterior, tidak banyak yang berubah pada iterasi terbaru. Namun, bagian dalamnya menggunakan perangkat keras yang jauh lebih unggul: Intel 14-core Core i9-12900HK dan GPU Laptop GeForce RTX 3080 Ti Nvidia. Kami tidak hanya senang dengan kinerja CPU dan GPU, tetapi kami juga sangat menyukai webcam 1080p dan audio yang mantap. Ini juga merupakan laptop editing terbaik versi kami.

Review Laptop MSI GE76 Raider

Dari Review Laptop MSI GE76 Raider merupakan salah satu seri laptop gaming terbaik yang pernah diproduksi MSI. Hal ini terlihat pada spesifikasi hardware internal yang sangat mumpuni untuk mengalahkan berbagai game, tidak terkecuali game AAA. Dari segi prosesor saja, MSI telah membekali laptop ini dengan prosesor Intel Core i9 Generasi ke-12.” Tidak hanya itu, kartu grafis yang digunakan oleh laptop NVIDIA GeForce RTX 3080Ti 16GB DDR6 ini mampu memberikan kualitas rendering gambar yang menawan.

RAM 64GB DDR5 4800mhz, performa laptop gaming ini semakin tangguh. Dengan penyimpanan sebesar 2TB, Anda dapat menyimpan segala jenis game yang ingin dimainkan. Selain itu, karena sudah menggunakan SSD NVMe PCIe Gen4x4, kecepatan pemrosesan datanya juga tak terbantahkan Tak hanya stand dapur yang benar-benar maksimal, ukuran layar laptop gaming MSI ini yang berukuran 17,3 inci juga nyaman digunakan untuk bermain game. Resolusi hingga UHD (3840 x 2160) dan kecepatan refresh 120Hz membuat game terlihat lebih menakjubkan dan enak dipandang.

Laptop MSI GE76 Raider

Karena Anda mungkin akrab dengan GE76 Raider, kami tidak akan membicarakan fitur eksteriornya di sini, kecuali untuk menunjukkan LED RGB raksasa yang dilucuti di bagian depannya. Dibawah AnakUI membahas secara lengkap apa saja Spesifikasi Laptop GE76 Raider:

Spesifikasi Laptop GE76 Raider

CPUIntel 12th gen Core i9-12900HK
RAM32GB DDR5/4800 in dual-channel mode
GPUNvidia GeForce RTX 3080 Ti @ 175 Watt TGP
Screen17.3-inch, 16:9, UHD 4K resolution screen with 120Hz refresh
Storage1TB PCIe 4.0 Micron 3400 SSD
NetworkingWi-Fi 6E using Killer AX1675i, 2.5GbE Killer E3100G
Size and weight15.6 x 11.2 x 1 inch, 6.4 pounds plus 1.2 pounds for 330 watt power brick
Battery Size99.9 Whr
PortsThree USB-A, one USB-C, one Thunderbolt 4, miniDisplayPort, HDMI, 2.5GbE Ethernet, analog audio jack, SD Express card reader.
Price$4.200 (di indonesia sekitar 65 jutaan)

Keyboard dan Trackpad

Segi Keyboardnya, Review Laptop MSI GE76 Raider ini tidak banyak berubah sejak versi gen ke-10 yang asli. Ini bukan keyboard favorit kami, karena masih sedikit terkompresi untuk jari sosis gemuk kami, tetapi dapat diservis. Itu terus menampilkan 10 tombol di samping juga dengan tata letak keyboard telepon, yang tidak berguna seperti tata letak kalkulator yang tepat.

keyboard Laptop MSI GE76 Raider

Keyboard memiliki lampu latar RGB per tombol dengan transisi yang sangat halus, tetapi tetap terasa redup dibandingkan dengan pesaing seperti Asus ROG Strix G17. Hal yang baik tentang tombol 10 GE76 adalah tombol enter yang ditempatkan di dekatnya. Anehnya, Asus melewatkan bagian ini di ROG Strix G17.

Kami juga yakin trackpadnya sama dengan iterasi sebelumnya, tetapi kami merasa agak terlalu gugup dan dapat menggunakan lebih banyak penolakan telapak tangan. Keyboard pada Laptop MSI GE76 Raider agak sempit dan mungkin sedikit lebih terang dibandingkan ke kompetisi.

Suara

Meskipun beberapa akan mengeluh tentang laptop besar, satu keunggulan umumnya adalah audio yang lebih baik, yang layak di Laptop MSI GE76 Raider. Dengan empat speakernya, laptop mengeluarkan volume yang layak yang ditingkatkan oleh Nahmic spatializer-nya. Mikrofon internal dan peredam bising juga cukup efektif.

Kamera web

Review Laptop MSI GE76 Raider adalah salah satu yang pertama beralih dari webcam 720p ke 1080p. Sudut pandang yang cukup lebar menjadikannya pilihan yang cukup bagus (terutama dipadukan dengan speaker dan mikrofon yang layak) untuk menyelenggarakan panggilan Zoom dengan lebih dari satu orang di depannya.

Membangun kualitas dan akustik

Mengenai kualitas pembuatan model khusus ini, hanya sedikit yang berubah. Kabar baiknya, ini masih merupakan laptop gaming premium dengan tutup aluminium dan dek keyboard. Bagian bawah laptop memiliki penutup engsel plastik, tetapi sebagian besar akan kesulitan untuk mengetahuinya. Bodinya juga cukup kaku dan jika pergelangan tangan Anda cukup kuat untuk mengangkat laptop seberat 6,4 pon di sudut, Anda dapat melakukannya tanpa laptop terasa seperti akan bengkok.

Laptop MSI GE76 Raider dibangun di sekitar enam pipa panas dan sebagian besar didedikasikan untuk GPU Laptop GeForce RTX 3080 Ti. MSI menyertakan, bagaimanapun, pad logam cair perubahan fase baru pada CPU. Saat suhu di bawah 58 derajat Celcius, bantalannya padat. Saat suhu naik, pad mencair. MSI mengatakan desain harus meningkatkan tidak hanya pendinginan tetapi juga umur panjang dibandingkan logam cair konvensional, yang dapat mengkristal seiring waktu.

Kebisingan kipas pada Review Laptop MSI GE76 Raider mirip dengan model sebelumnya. Ini dapat bekerja sangat keras — kira-kira 51dB — saat dalam mode kinerja tinggi. MSI kini menampilkan mode Smart Auto dengan “AI” yang secara dinamis menyetel kipas dan performa untuk mendapatkan performa sebanyak mungkin. Pastinya mereka yang menginginkan performa maksimal mungkin tidak akan keberatan dengan kebisingan kipas, tetapi kami lebih suka menyetel laptop ke mode Smart Auto. Mode ini melihat kebisingan kipas pada kisaran 45dB yang sangat wajar saat menjalankan 3DMark Time Spy.

Anda mungkin mengira lompatan dari 45dB ke 51dB (perbedaan yang sangat besar) akan menghasilkan perbedaan kinerja yang sangat besar, tetapi tidak seburuk itu. Faktanya, dalam 3DMark Time Spy, ini menghasilkan penurunan kinerja sekitar 6 hingga 7 persen dengan imbalan pengurangan kebisingan yang sangat besar.

Upgrade

Upgrade Laptop MSI GE76 Raider tipikal untuk laptop gaming terbaik saat ini. Kartu nirkabel adalah Killer/Intel Wi-Fi 6e, yang dapat diganti. Aksesnya juga terbilang mudah tanpa harus melepas motherboard.Untuk penyimpanan, DDR5 SO-DIMM dan M2 masing-masing dua slot.

Performa

Laptop gaming terbaik biasanya dibeli karena kecepatannya, jadi kita akan mulai dengan Cinebench R20 Maxon, yang merupakan tolok ukur berdasarkan mesin yang digunakan dalam aplikasi Cinema4D profesionalnya. Lebih banyak core berarti performa lebih baik dan 14-core dari Core i9 generasi ke-12 tidak mengecewakan. Itu seharusnya tidak mengejutkan siapa pun karena 14 lebih dari 8. MSI GF76 Katana yang tercantum di sini juga merupakan CPU 14-core, tetapi pada pengaturan stoknya, itu tidak mendorong CPU terlalu keras. Pada setting performanya, justru naik ke posisi terbaik ke-2 disini. Anda harus mengambil skor untuk Review Laptop MSI GE76 Raider sebagai indikator yang baik bahwa umumnya akan melakukan tugas multi-utas atau multi-inti seperti rendering 3D, pengodean berbasis CPU, dan bahkan analisis Excel tugas berat dengan cukup baik.

Perfrma Laptop MSI GE76 Raider

Namun, sebagian besar aplikasi yang digunakan orang tidak benar-benar meregangkan semua inti CPU dalam suatu sistem. Itu sebabnya kami menjalankan Cinebench R20 menggunakan single-core atau thread. Itu seharusnya memberi Anda indikator yang lebih baik tentang bagaimana Laptop MSI GE76 Raider melakukan tugas-tugas seperti menjelajah, mengedit foto, dan penggunaan Office secara umum. Laptop ini jelas merupakan laptop mesin tercepat di sini, yang seharusnya diterjemahkan menjadi lebih cepat daripada yang lain di sebagian besar fungsi.

Cinebench R20 adalah tes berjalan yang cukup singkat yang tidak terlalu menekankan sistem pendingin laptop, yang merupakan fitur penting dari semua mesin performa. Untuk mendorong laptop lebih keras, kami menugaskan mereka untuk mentranskode file 30GB 1080P menggunakan Handbrake 0.9.9 dan preset Tablet Android default. Bilah yang lebih pendek menunjukkan laptop tertentu lebih cepat. Pemenangnya lagi adalah GE76 Raider, yang menyelesaikan konversi kami kira-kira dalam 13 menit. Itu adalah peningkatan besar, katakanlah, Asus ROG Zephyrus S17 dengan 8-core Core i9-11900H, yang membutuhkan waktu hampir lima menit lagi untuk menyelesaikan pekerjaan.

GPU

Pengujian fokus non-GPU terakhir kami menggunakan kinerja aplikasi PCMark 10 UL, yang mengukur kinerja laptop saat menjalankan berbagai tugas di Office sumber terbuka, Pengeditan Foto, dan aplikasi rendering 3D. Ini adalah tes yang umumnya membantu kita menyadari bahwa semenarik melihat beberapa skor multi-core yang luar biasa, pada kenyataannya mungkin tidak terlalu penting. Anda dapat melihat bahwa dalam hasil untuk sebagian besar laptop di sini, yang harus kami akui, kemungkinan besar tidak dapat dibedakan dari yang lain. Lagi pula, bisakah Anda benar-benar membedakan antara laptop A dan laptop B saat yang Anda lakukan hanyalah mengetik surat? Kami masih berpendapat bahwa tidak, Anda tidak bisa, tetapi data juga memberi tahu kami bahwa Review Laptop MSI GE76 Raider akan menjadi sedikit lebih cepat daripada yang lain.

Jujur saja, Anda tidak membeli laptop dengan RGB sebanyak ini untuk melakukan panggilan Zoom. Anda di sini untuk kinerja game, jadi untuk melihatnya, kita akan mulai dengan UL’s 3DMark Time Spy. Ini adalah tolok ukur grafik sintetis yang populer dan andal yang sebagian besar berfokus pada GPU. Skor keseluruhan memengaruhi CPU laptop, tetapi apa yang GE76 Raider dan GeForce RTX 3080 Ti-nya membuat Anda unggul dari yang lain? Skor hampir 25 persen lebih baik.

Performa Gaming

Time Spy lebih tentang kinerja game DirectX12 konvensional, jadi kami menjalankan tes Port Royal 3DMark untuk mengukur kinerja ray tracing. GPU GeForce RTX 3080 Ti, jika Anda tidak tahu, menampilkan inti ray tracing dan inti CUDA sekitar 20 persen lebih banyak daripada GPU GeForce RTX 3080 biasa. Dengan tambahan batas daya dan panas yang lebih tinggi dari Review Laptop MSI GE76 Raider, kami melihat keunggulan 23 persen dibandingkan laptop tercepat berikutnya dalam daftar kami.

Game nyata juga penting, jadi pengujian kami berikutnya adalah Rise of the Tomb Raider yang sudah tua, yang kami jalankan pada resolusi 1080p dalam mode DX11. Gim yang lebih tua ini cenderung mengandalkan CPU sedikit lebih keras daripada gim yang lebih baru, tetapi sebagian besar masih digerakkan oleh GPU. Tidak mengherankan, GE76 Raider dan GPU Laptop GeForce RTX 3080 Ti dengan mudah mengungguli laptop lain termasuk setumpuk laptop GPU GeForce RTX 3080.

Beralih ke game yang lebih tangguh di GPU. Untuk bekerja laptop sedikit lebih keras, kami menjalankan Metro Exodus pada preset Extreme pada 1080p. GE76 Raider memiliki keunggulan yang jelas dibandingkan dengan semua laptop gaming lainnya di sini, tetapi tampaknya mati bahkan dengan Asus ROG Zephyrus S17, yang menampilkan Core i9 generasi ke-11 dan RTX 3080.

Perfrma gaming Laptop MSI GE76 Raider

Tes terakhir kami dari Review Laptop MSI GE76 Raider ini berfokus pada masa pakai baterai, yang mungkin penting bagi sebagian orang. Namun, siapa pun yang mengharapkan untuk menjalankan laptop dengan layar 4K penghisap daya yang dikonfigurasi dengan CPU dan GPU berdaya tinggi pasti akan “salah menggunakannya”. Semua laptop saat ini dibatasi untuk ukuran baterai maksimum 100 watt jam karena peraturan penerbangan yang melarang baterai lithium ion raksasa di pesawat.

Dengan “tangki bensin” tetap, suku cadang berperforma tinggi tidak akan memberi Anda masa pakai baterai yang sangat memuaskan saat melakukan sesuatu yang intens seperti, katakanlah, bermain game. Kami telah mengatakan kira-kira satu atau dua jam berdasarkan game dan laptop selama bertahun-tahun dan itu tidak berubah.

Poin utamanya adalah bahwa menggerakkan CPU atau GPU dengan keras selalu berarti masa pakai baterai yang tidak bersemangat (ya, Anda juga penggemar M1 Max). Tetapi melakukan tugas-tugas ringan seperti menonton video mungkin menghasilkan masa pakai baterai yang lebih baik dari yang Anda harapkan.

Untuk pengujian itu, kami mengulang file video 4K dengan layar yang disetel ke 250 hingga 260 nits yang relatif cerah dengan laptop dalam mode pesawat dan ear bud terpasang. Idenya adalah untuk mensimulasikan menonton film di pesawat atau kantor dengan lampu kabin menyala.

Baterai

Dengan baterai 99,9 watt jamnya, Review Laptop MSI GE76 Raider benar-benar menghabiskan masa pakai baterai yang layak mengingat panel 4K 17,3 inci yang besar. Layar berkepadatan tinggi membutuhkan cahaya latar yang lebih terang untuk mencapai kecerahan yang sama dengan layar beresolusi lebih rendah.

Kami melihat sekitar 6,5 jam waktu pemutaran video di Laptop MSI GE76 Raider, yang sangat bersaing dengan laptop dengan layar beresolusi lebih rendah (walaupun baterainya lebih kecil juga). Pada dasarnya, Anda harus mengharapkan masa pakai baterai yang adil melakukan tugas-tugas yang lebih ringan dan masa pakai baterai yang jauh lebih buruk di bawah beban berat.

Kelebihan

  1. Core i9-12900HK generasi ke-12 hanya bernyanyi
  2. Mode kinerja “AI” baru sangat memoderasi kebisingan kipas.
  3. Webcam 1080p dan mikrofon serta audio yang bagus menjadikannya PC konferensi video yang layak

Kekurangan

  • Iterasi ketiga dalam tubuh yang sama
  • MSI Center adalah UI yang membingungkan dan berantakan
  • Penetapan harga yang menyakitkan

Meski harganya sangat mahal, Laptop MSI GE76 Raider menawarkan performa yang mengesankan

Kesimpulan

Iterasi Laptop MSI GE76 Raider ini adalah yang tercepat! Itu hanya resensi yang malas berbicara berburu untuk dikutip dalam salinan iklan perusahaan. Kebenaran yang jujur adalah ini: Laptop ini adalah yang terbaik yang pernah kami lihat dengan peningkatan yang signifikan dari iterasi sebelumnya.

Dan kita juga tidak berbicara tentang lima tahun. Pertama kali kami melihat Review Laptop MSI GE76 Raider adalah awal tahun 2020 ketika dilengkapi dengan Intel 8-core Core i7-10870H generasi ke-10. Dua tahun kemudian, model terbaru menampilkan skor 85 persen lebih tinggi dalam performa multi-core.

Itu tidak menonjol dalam kinerja single-core, tetapi peningkatan kinerja 58 persen tidak ada artinya. Jika ada satu ketukan yang kami miliki pada Laptop MSI GE76 Raider, itu adalah GeForce RTX 3080 Ti, karena tidak terlalu mengesankan. Di atas kertas, GeForce RTX 3080 Ti menambahkan 20 persen lebih banyak, mulai dari inti shader hingga inti ray tracing, tetapi pada akhirnya berkurang dari 4 menjadi 12 persen. Itu bagus tapi bukan pukulan yang mungkin diharapkan beberapa orang.

Satu hal yang pasti patut dikeluhkan adalah harganya. Dengan panel 4K UHD 120Hz, Core i9 generasi ke-12, GPU Laptop GeForce RTX 3080 Ti, dan DDR5/4800 32GB, GE76 Raider 12UHS dijual dengan harga $4.200. Itu adalah perubahan yang sangat serius.

Pada akhirnya, meskipun menurut kami Review Laptop MSI GE76 Raider akan mengalami perubahan, kami tidak dapat mengeluh tentang laptop yang sekarang menawarkan peningkatan kinerja yang substansial dibandingkan versi yang dijual dua tahun lalu.

Leave a Comment