Roadshow Kota Seni FISIP UI Jogjakarta

PRESS RELEASE KOTA SENI FISIP UI

“Satu Kota, Seribu Karya, Satu Identitas”

Kota Seni FISIP UI, adalah bagian dari program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP UI yang ditangani oleh Departemen Seni dan Budaya BEM FISIP UI. Acara yang pertama kalinya akan diselenggarakan oleh BEM FISIP UI ini merupakan sebuah kegiatan seni yang akan direalisasikan dalam sebuah miniatur kota. Kota Seni akan membawa 13 bagian seni.

Kota seni memilki tema yakni “Satu Kota, Seribu Karya, Satu Identitas”. Hal ini dikarenakan, Kota Seni diharapkan menjadi sebuah miniatur kota, dengan ribuan karya anak bangsa yang akan menghiasinya, baik seni tradisional maupun non-tradisional, dan semua itu tetap akan terikat dengan satu identitas yang kita punya yaitu identitas Bangsa Indonesia. Kota seni FISIP UI, akan diadakan pada tanggal 9-13 November 2010.

Untuk menunjang pembagunan kota seni ini, maka akan ada beberapa kegiatan yang akan kami lakukan sebelumnya (pre-event). Kegiatan tersebut yakni berupa roadshow ke 3 kota besar di pulau Jawa, yaitu Yogyakarta, Bandung dan Jakarta. Roadshow tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan Kota Seni itu sendiri, dan untuk mensosialisasikan program kami yang bernama “Undangan Berkarya” atau yang biasa dikenal dengan “Calling for entries”.

Pada bulan Juni, Roadshow Kota Seni akan ditujukan pada kota Yogyakarta, sebagai kota pertama yang akan kami kunjungi. Roadshow ke kota Yogayakarta dilaksanakan pada tanggal 23-26 Juni 2010. Kegiatan yang akan dilakukan di Yogyakarta, berupa kunjungan dan persentasi ke beberapa Universitas di Yogyakarta, antara lain; UGM, UPN, MMTC, ATMAJAYA, dan ISI. Kegiatan tersebut akan berlangsung pada; Kamis, 24 Juni 2010 dan Jumat, 25 Juni 2010 (jadwal lebih detail dapat menghubungi pihak panitia).

Selain kunjungan ke beberapa Universitas, kami pun akan mengunjungi beberapa komunitas seni terkait di Yogyakarta. Sosialisasi akan undangan untuk pengumpulan karya adalah tujuan utama kami mengadakan roadshow ke kota Yogyakarta. Dari ke-13 bagian seni, ada 6 bagian seni yang kami buka kesempatan untuk seluruh pihak mengirimkan karya mereka. Ke-6 bagian seni itu adalah; Film pendek, Foto, Mural, Lukis, Design-Ilustrasi dan Musik. Setiap bagian itu memiliki kriteria dan persyaratan masing-masing. Kesempatan berkarya ini terbuka bagi seluruh pihak dan kami sangat mengharapkan partisipasi dari seluruh masyarakat Yogyakarta.

Selain ke-6 tadi, roadshow kami-pun memiliki tujuan untuk mencari beberapa seniman dan komunitas seni yang dapat kami undang untuk nantinya turut mengisi Kota Seni FISIP UI, pada bulan November mendatang. Pengumpulan karya bagi masyarakat Yogyakarta sendiri, dapat dilakukan hingga bulan September mendatang dan dapat dikirimkan ke beberapa titik di kota Yogyakarta yang telah kami sediakan drop box-nya. Di dalam drop box terdapat formulir pendaftaran calon peserta festival Kota Seni. Drop box juga digunakan sebagai tempat pengumpulan karya yang nantinya akan dikirimkan ke FISIP UI pada batas akhir pengumpulan karya.

Jumlah drop box terdapat sepuluh buah. Drop box dapat ditemukan di beberapa titik lokasi, yaitu di : FISIP UPN, FISIP Atmajaya, Fisipol UGM, FIB UGM, MMTC, ISI, Kinoki, dab magazine, Taman Budaya, dan Matapena.

Kota Seni FISIP UI diharapkan dapat memiliki kontribusi di pembangunan seni dan karya anak bangsa. Dan diharapkan dapat menjadi barometer seni dari ke-13 seni yang akan dibangun di Kota Seni FISIP UI ini.

Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi Sdri. Lulu di 08388883828 atau melalui email kotasenifisipui@yahoo.com. Informasi berikutnya mengenai KOTA SENI dapat dilihat melalui Facebook : Kota Seni Fisip UI atau web http://kotasenifisipui.wordpress.com.

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA