Review Roccat Elo 7.1 USB, Headset Murah Fitur Bagus

anakui.com – Roccat Elo 7.1 USB menghadirkan suara yang luar biasa dengan harga terjangkau. Headset ini tidak terlalu nyaman, tetapi headset ini kedengarannya bagus, fiturnya bagus, dan harganya tidak terlalu mahal.

Spesifikasi Roccat Elo 7.1 USB

Spesifikasi
Kompatibilitas: PC
Driver: 50mm
Respons frekuensi: 20Hz – 20kHz
Nirkabel: tidak

Kelebihan

  • + Suara permainan yang bagus
  • + Berbagai opsi perangkat lunak
  • + Murah

Kekurangan

  • – Ear cup yang kaku
  • – Mic kurang bagus
  • – Tombol volume yang membingungkan

USB Roccat Elo 7.1 sangat mirip dengan headset Roccat lain yang dirilis sebelumnya. Roccat tidak mendapatkan perhatian yang sama di ruang headset seperti Turtle Beach, SteelSeries atau Astro, tetapi mereka selalu hadir dengan perlengkapan andal yang memberikan kinerja yang sedikit lebih baik dari perkiraan untuk harganya.

USB Elo 7.1 terdengar sangat bagus, dan sementara banyak pilihan perangkat lunak dapat disesuaikan, headset ini kurang nyaman dan pas. Benar, USB Elo 7.1 bukanlah headset gaming terbaik yang pernah ada, tetapi ini adalah salah satu perangkat paling intuitif yang pernah kami ulas.

Kedengarannya bagus, tidak memerlukan biaya banyak, dan bisa menjadi sedikit lebih baik. Jika anggaran mencapai batas atas Rp. 1 jutaan dan menginginkan headset USB kelas menengah dari pabrikan besar, Elo 7.1 USB adalah pilihan tepatt untuk sobat.

Jika tidak, gunakan headset 3,5 mm seperti Razer Blackshark V2 X. Baca ulasan USB Roccat Elo 7.1 lengkap kami untuk mengetahui alasan kenapa sobat harus membeli atau tidak membeli headset gaming murah yang satu ini.

Desain Roccat Elo 7.1 USB

USB Roccat Elo 7.1 mungkin terdengar bagus, tetapi tampilannya kurang. Sasis plastik hitam headset memiliki sudut yang aneh dan tidak sedap dipandang tepat di atas penutup telinga, dan ikat kepala baja jauh di atas karet gelang.

Semuanya sangat sempit dan tipis sehingga tidak mungkin muat di kepala siapa pun, dan tidak mudah untuk benar-benar duduk dengan nyaman. Tapi penutup telinga bisa diputar dan dilipat rata untuk kenyamanan.

USB Elo 7.1 terhubung ke PC melalui kabel USB yang panjang. Baik menghubungkan melalui bagian depan atau belakang komputer, semuanya harus diatur. Tidak ada apa pun di earcup kiri.

Ada tombol volume di sebelah kanan, tombol campuran obrolan tepat di bawahnya, tombol bisu mikrofon tepat di bawahnya, dan mikrofon fleksibel yang dapat dilepas di bagian depan. Mikrofon itu sendiri memiliki putaran aneh di bagian depan, yang mengharuskannya diposisikan sedikit lebih jauh dari mulut daripada yang diharapkan.

Tapi kedekatan volume dan panggilan obrolanlah yang benar-benar menyebabkan masalah. Karena dial chatmix lebih dekat ke lengan, itu adalah hal pertama yang kami raih saat menyesuaikan volume, dan rasanya persis sama dengan dial volume.

Selama periode pengujian, kami rasa tidak pernah mendapatkan dial yang benar pada percobaan pertama.

Kenyamanan

USB Roccat Elo 7.1 hanya memiliki satu masalah besar. Itu hanya perasaan. Kami menghargai konstruksi ikat kepala elastis plus baja yang memungkinkan pemasangan yang jauh lebih baik daripada lekukan tradisional yang kaku. Namun, keseluruhan perangkat terasa agak kaku, terutama penutup telinga.

Ini berarti headset tidak akan duduk dengan sempurna di telinga dan akan menekan lebih keras dari yang diharapkan. Mengatakan Elo 7.1 USB tidak nyaman adalah hal yang berlebihan, karena bisa memakainya selama berjam-jam, bahkan dengan kacamata.

Tapi kami juga sangat lega untuk kembali ke model dengan penutup telinga yang lebih empuk dan ukuran yang lebih ketat.

Performa Roccat Elo 7.1 USB

Dalam hal bermain game, USB Roccat Elo 7.1 tidak mengecewakan. Kami menguji headset dengan Age of Empires III: Definitive Edition, Doom Eternal, Shadow of the Tomb Raider, dan Final Fantasy XIV dan semuanya terdengar seperti yang diharapkan.

Tembakan dan meriam meraung di Age of Empires, dan dialog terdengar keras dan jelas di Tomb Raider. Menembak setan dengan suara surround di Doom adalah sorotan khusus. Demikian pula, USB Elo 7.1 sama sekali tidak buruk untuk musik, terutama karena dapat menyesuaikan preset audio untuk berbagai genre game dan mode hiburan.

Pertunjukan Old Crow Medicine, Flogging Molly, The Rolling Stones dan G.F. Handel senang dengan kinerja secara keseluruhan. Bassnya sedikit diredam (seperti halnya dengan banyak headset), tetapi treble dan vokal memiliki keseimbangan yang bagus. Baik surround dan stereo berfungsi dengan baik, dan beberapa mode audio tersedia untuk masing-masing.

Fitur Roccat Elo 7.1 USB

Roccat Elo 7.1 berjalan pada perangkat lunak Roccat Swarm, bukan salah satu paket perangkat lunak game favorit kami. Swarm menawarkan banyak opsi dan relatif mudah dikendalikan, tetapi tidak berjalan dengan baik dan terkadang macet dalam siklus pembaruan tanpa akhir.

Kali ini, ia mengklaim bahwa firmware Elo 7.1 sudah mutakhir, sambil bersikeras agar firmware diperbarui. Perbaikannya adalah menjalankan satu atau dua siklus pembaruan, tetapi ini masih merupakan proses yang membingungkan. Tapi begitu semuanya dibereskan, perangkat lunak Swarm bekerja dengan cukup baik.

Sobat dapat mencoba preset audio yang berbeda untuk genre yang berbeda (MOBA, FPS, dll). Beralih antara suara stereo dan surround, menyesuaikan sidetone mikrofon, dan bahkan mencoba berbagai filter pengubah suara. (Semuanya terdengar sangat aneh, tetapi opsi yang tidak dilihat di banyak produk lain.)

Satu-satunya masalah utama di sini adalah mikrofon pada USB Elo 7.1 tidak bagus. Ada suara yang sangat dekat dan berlebihan yang sedikit mengubah percakapan sehari-hari. Ini juga terlalu menekankan konsonan tertentu, seperti Ss dan Ps.

Sobat masih dapat mendengar dan memahami apa yang dikatakan, tetapi ini bukanlah aksesori yang cukup akurat untuk pekerjaan atau permainan tingkat tinggi.

Kesimpulan

Tinjauan kami tentang USB Roccat Elo 7.1 menemukan bahwa headset ini cukup bagus secara keseluruhan. Mereka terdengar, terasa, dan harganya lebih murah dari kebanyakan headset USB.

Jika bisa mendapatkan budget lebih, kami tetap merekomendasikan SteelSeries Arctis 5, Roccat Elo 7.1, atau Razer Blackshark V2 (khususnya Blackshark V2). Tetapi jika Rp. 1 jutaan adalah batas anggaran sobat, dapatkan USB Roccat Elo 7.1 dan mainkan game tanpa penyesalan.

Leave a Comment