Tidak hanya “social-network”, bermain game menjadi salah satu aktifitas yang menjadi tren dikalangan pengguna “smartphone”. ketika para pemilik smartphone itu membutuhkan kegiatan “killing-time” ataupun waktu senggang, bermain game menjadi salah satu pilihan.  Seketika itu juga game-game besutan luar negeri seperti Angrybird, atau Plants vs  Zombie, dsb mulai menemani kita.  Tidak kalah kualitas dengan game besutan luar, anak UI juga mampu menciptakan game dengan sekelas Angrybird. Salah satu game tersebut adalah game “Room of Disaster”(RoD).

halaman depan Room of Disaster

RoD merupakan salah satu game gratis karya anak UI yang telah ada di apps store milik Nokia. Game ini dikembangkan oleh Adzar karomy, Gigih Aji Ibrahim dan Ichsan Giri Suseno, mahasiswa sistem informasi UI 2007. RoD merupakan game sederhana yang mampu menguji logika kita dan tentunya dengan tingkat kesulitan yang beragam. Tampilan grafis yang “Eye-Candy” pada RoD dapat memanjakan mata kita yang sedang letih “killing-time”. Game dengan berlatar belakang “beres-beres” kamar ini memiliki misi untuk memasukkan suatu objek benda ke kotak yang telah disediakan. Merasa kesulitan?. Tenang, Fitur ‘hints’ pun disediakan untuk para pengguna yang mengalami kesulitan dalam bermain game ini.

advertisement

RoD memiliki tiga moda permainan, yaitu ‘Adventure’, Disaster Mode’, dan ‘Free Play’. Pada moda ‘Adventure’, kita ditantang untuk menyelesaikan “misi” berdasarkan level. Tiap level memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Terlalu mudah?. Ada “Disaster Mode” yang akan menantang kita untuk “beres-beres” tanpa bantuan ‘hints’ dan tanpa batasan waktu. Dengan tidak adanya batasan waktu tersebut tentunya akan menguji sejauh mana kita akan bertahan berkonsentrasi dan menyelesaikan game tersebut. Apabila “Disaster Mode” terlalu sulit, maka ada moda “Free-play” yang dapat membantu kita untuk berlatih sebelum mengahadapi “Disaster Mode”. meskipun demikian, kita tidak dapat bermain pada moda “free-play” dan “Disaster Mode”. Kedua moda tersebut akan terbuka apabila kita dapat menyelesaikan moda “Adventure” terlebih dahulu.

Room Disaster Gameplay

Saat ini game RoD sudah diunduh oleh lebih dari 7000 orang diseluruh dunia. RoD juga ditampilkan pada eksibisi “Indonesia Bermain” yang diadakan dibandung pada tanggal 22-23 Oktober 2011. Selain itu, game ini juga mendapatkan apresiasi dari Developer Manager Nokia untuk Indonesia. Sayangnya, game ini baru dikembangkan untuk “platform” Nokia symbian 3 dan S60 yang berlayar sentuh. Untuk mengunduh dapat dengan mengunjungi link(http://store.ovi.com/content/155013) atau untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai RoD dapat mengikuti akun twitter milik RoD di @roomofdisaster. Kita dapat mendukung teman-teman pengembang ini agar mengembangkan game ini untuk “platform” Android dan Ipod dengan meng-“add” tim RoD di http://facebook.com/RoomOfDisaster.

advertisement

Semoga karya cipta anak UI dapat menggeser burung-burung AngryBirds!.

Hidup mahasiswa!!



advertisement