Sebagai bentuk kepedulian terhadap siswa Sekolah Menegah Atas (SMA) di Provinsi Lampung, kami Sai Mahasiswa Lampung Universitas Indonesia (SAIMALA UI) mempersembahkan sebuah rangkaian acara Roadshow, Tryout, dan Bedah Kampus dengan tema ‘Saimala Voyage ; Navigate Your Destination’.

Poster

Rangkaian acara ini dimulai dengan roadshow ke lebih dari lima puluh SMA di Provinsi Lampung. Roadshow merupakan sarana sosialisasi mengenai mekanisme penerimaan mahasiswa baru di UI, sistem pendidikan, fasilitas, dan lingkungan kehidupan di UI, serta mempublikasikan kegiatan pre-event dan main event . Selain sebagai sarana sosialisasi, kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi siswa kelas 12 SMA dalam menghadapi Ujian Nasional dan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi.

Selain itu, dalam rangkaian acara Saimala Voyage juga terdapat acara puncak (Main Event) berupa Try Out dan Bedah Kampus. Main event dilaksanakan pada tanggal 25 Januari 2015 di Gedung Serba Guna Universitas Lampung. Investasi untuk tiket main event Saimala Voyage Rp.25.000 untuk IPA dan IPS, dan Rp.30.000 untuk IPC. Try out merupakan simulasi tes masuk perguruan tinggi dengan soal yang telah distandarisasi. Deangan adanya try out ini diharapkan  peserta dapat mengevaluasi dan mengukur kemampuan akademiknya sebelum menjalani seleksi masuk perguruan tinggi, sehingga dapat melakukan perbaikan dan pembekalan yang lebih untuk seleksi masuk perguruan tinggi yang sesungguhnya. Selain itu, dengan adanya try out, peserta dapat memilih dan menentukan pilihan jurusan yang diinginkannya berdasarkan kemampuannya sendiri. Kegiatan Bedah Kampus UI dilaksanakan setelah peserta mengikuti kegiatan Try Out. Bedah Kampus dilakukan dengan menghadirkannya stand – stand yang memuat informasi mengenai fakultas, jurusan, akademis, jurnal riset, lembaga-lembaga kemahasiswaan, fasilitas, hingga info beasiswa yang ada di UI. Pada setiap stand juga akan diisi oleh mahasiswa-mahasiswa UI sebagai informan yang berasal dari fakultas yang bersangkutan sehingga dapat memberikan informasi yang komprehensif mengenai kehidupan kampus pada fakultas/jurusan yang diminati oleh peserta. Bukan hanya try out dan bedah kampus, pada Main Event nanti juga dihadirkan bintang tamu Wendy SUCI 4 “Kompas TV” serta band indie Sunday Project.

Untuk mengimplementasikan butir ketiga Tridarma Perguruan tinggi, sebagian pendapatan dari kegiatan Main Event dialokasikan untuk mengadakan Saimala Social Responsibility (SSR). Target dari SSR Saimala Voyage ialah sekolah di Provinsi Lampung yang mengalami kekurangan dari segi infrastruktur. Sehingga para siswa SMA di Provinsi Lampung bukan hanya mendapat pengalaman Try Out SBMPTN dan beragam info dari bedah kampus, melainkan juga turut berkontribusi dalam kegiatan sosial.



[reaction_buttons]

advertisement