SikremutSiapakah Sikremut? Seperti apakah wujud Sikremut? Mungkin itu yang terbersit dalam pikiran teman – teman saat membaca tulisan ini. Saat ini saya akan memperkenalkan Sikremut sebagai salah satu produk lokal yang dibuat oleh teman – teman Fasilkom.

Sikremut adalah sistem informasi kereta komuter untuk para pecinta perjalanan kereta komuter di wilayah Jabodetabek. Bepergian untuk berbagai keperluan dengan kereta komuter menjadi lebih menyenangkan dengan Sikremut. Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini, diantaranya adalah :

  • Penyediaan Informasi jadwal keberangkatan kereta. Tersedia kemudahan untuk melihat perjalanan kereta sepanjang hari maupun kereta pada waktu berikutnya.
  • Penyediaan peta yang menunjukkan penandaan stasiun kereta dan pewarnaan rute kereta. Pengguna bisa melihat stasiun yang ada, dan stasiun yang terhubung dengan stasiun lain melalui representasi visual peta.
  • Rekomendasi stasiun terdekat dengan pengguna dan cara mencapainya melalui visualisasi peta
  • Penyediaan alarm untuk menandakan stasiun tujuan. Alarm akan berbunyi jika pengguna sudah relatif dekat dengan stasiun tujuan

Pada awalnya, Sikremut merupakan hasil tugas sebuah mata kuliah Proyek Perangkat Lunak di Fasilkom dan hanya 3 orang yang mengerjakan aplikasi ini. Namun seiring berjalannya waktu dan banyaknya kebutuhan, akhirnya tim Sikremut bertambah menjadi 8 orang. Tidak mudah sampai ke tahap me-launching sebuah aplikasi. Tim Sikremut telah menempuh pahit manisnya dunia developping. Dari mulai mencari data, mengubahnya menjadi sebuah aplikasi, sampai mengikuti berbagai lomba. Ternyata tidak mudah bagi mereka untuk lolos ke tahap nasional dalam lomba. Mereka hanya bisa lolos di tingkat Universitas. Tetapi hal itu tidak membuat mereka putus asa dan patah semangat. Tim Sikremut melanjutkan tahapan developping sampai akhirnya tibalah saat produk Sikremut resmi di-launching pada hari Rabu, 02 Mei 2012.

Untuk sementara, Sikremut hanya bisa digunakan untuk handphone Android. Sikremut bisa di unduh di Sikremut – Sistem Informasi Kereta Komuter dengan free.

Semoga bermanfaat…