SCeLE UI versi BARU? Kaya Gimana Sih?


0

Hai teman-teman UI!

Buat kamu yg belum tau apa itu SCeLE UI, SCeLE UI adalah singkatan dari Student Centered eLearning Environment yang merupakan media pembelajaran online untuk seluruh fakultas yang ada di UI. Belum maksimalnya penggunaan SCeLE tersebut, membuat kami -beberapa mahasiswa Fasilkom- sepakat untuk melaksanakan Student Project dengan topik implementasi eLearning di UI, dimana tugas kami kurang lebih adalah merancang kembali SCeLE UI untuk kemudian diimplementasikan.

Semangat dalam melaksanakan Student Project ini didapat karena kami melihat manfaat yang begitu besar dari penggunaan eLearning dalam memberikan banyak kemudahan bagi para mahasiswa maupun dosen dalam proses pembelajaran. Sudah banyak juga loh penelitian yang membuktikan bahwa penggunaan eLearning itu dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi ajar. Dan lagi, SCeLE UI ini memungkinkan untuk terjadinya pertukaran informasi antar semua fakultas yang ada di UI, sehingga disipilin ilmu yang dimiliki oleh masing-masing mahasiwanya menjadi lebih luas.

Oleh karena itu, kami bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dalam penggunaan SCeLE UI agar penggunaannya dapat meningkat sehingga seluruh civitas akademis UI dapat merasakan manfaatnya. Disini, kami tetap menggunakan Moodle sebagai Learning Management System (LMS).

Untuk meningkatkan kenyamanan penggunaan SCeLE UI ini, kami melakukan beberapa perubahan dari SCeLE UI yang telah ada saat ini. Contoh beberapa perubahan yang kami lakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

>>Kalo di SCeLE UI yang sekarang ini semua fakultas β€œnumplek” jadi satu, di versi baru ini kami memfasilitasi setiap fakultas untuk mempunyai homepage atau β€œrumah”-nya masing-masing. Sehingga jika ada diskusi yang hanya ingin melibatkan orang-orang di fakultasnya saja, sudah terfasilitasi disini.

>>Kategorisasi mata kuliah yang lebih terstruktur.

>>Tampilan antar muka (interface) yang mudah-mudahan lebih nyaman ^^

>>Penambahan “block” baru sesuai feedback yang didapat dari forum SCeLE Fasilkom.

Kurang lebih intinya seperti itu. Nah untuk mengetahui lebih lanjut, kami mengharapkan kesediaan teman-teman untuk melakukan eksplorasi terhadap “SCeLE Baru” ini, lalu mengisi kuesioner yang tersedia. Kami harapkan teman-teman dapat mengisi kuesioner tersebut dengan sebaik mungkin untuk perbaikan SCeLE UI ini ke depannya.

Oya “SCeLE Baru” hasil Student Project ini masih merupakan sebuah model yang nantinya akan kami tawarkan pada pihak pengembang eLearning UI, jadi bukan merupakan versi yang telah resmi menggantikan versi lama,

Terima Kasih,

Tim Student Project

(Mengetahui, Dosen Pembimbing: Rizal Fathoni Aji)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
bary

16 Comments

Leave a Reply

  1. bro, nama fakultasnya tolong di koreksi lagi..
    FIB yang selama ini di kenal di UI adalah Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya atau emang udah berubah kayak di UGM yang memiliki kepanjangan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya..
    sepele sih emang, tapi ini juga buat teman2 UI yang lainnya di UI juga. Thanks..

    Buat para developer SCELE UI: Excellent! Good Work!

  2. aduh, lagi2 saya salah ketik:
    “…kayak di UGM yang memiliki kepanjangan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya..”
    seharusnya
    “…kayak di UGM yang memiliki kepanjangan Fakultas Ilmu Budaya..”

  3. Hi, julbe! Makasi ya koreksinya,
    Penamaan FIB telah kami ganti menjadi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
    (tapi untuk header fakultasnya menyusul ya)

    Oya sebagai penekanan untuk temen-temen UI,
    ini masi SCeLE UI yang masi belum resmi digunakan ya, jadi istilahnya ini masi tahap testing (uji-coba), jika memang modelnya cocok untuk UI mudah-mudahan nanti bisa benar-benar digunakan.
    Jadi konten-konten yang ada di SCeLE UI ini masi sekedar trigger ya, bukan konten yang sebenarnya,
    Oke, makasi ya πŸ™‚

  4. bukan fib doang sih, ada fakultas lain juga, terus penamaan jurusan..

    waw, uji coba (beta) aja udah keren gini. apalagi kalo sudah bener2 launching. apakah web 2.0 akan coba diterapkan disini juga? kalo iya, makin cihuuy!

  5. cayo Tim Student Project
    kibarkan kreasi untuk pengembangan ui lebih jauh lagi.
    tinggal yang patut digarisbawahi adalah sosialisasi besar2an tentang penggunaan scele. karena untuk mahasiswa selain yang berasal dari fasilkom menurut saya masih enggan menggunakan scele ini ditambah lagi dosennya juga masih kurang memaksimalkan scele!

  6. mnrt gw sih masalahnya di penggunaannya aja. slama ini gw ga ada kelas yg bner2 full on line. yg make scele ada, tapi kelasnya tetep aja tatap muka. jadi kan males ya nge-forum di internet. di dunia nyatanya masih ktemu ama dosen n mahasiswa yg laennya..

  7. @julbe

    menurut saya web 2.0 sudah diterapkan karena menurut definisinya adalah web yang dapat berinteraksi dua arah… :D, di scele kita bisa berdiskusi dua arah loh….

  8. @udaya sipil ’06

    kalau di fasilkom hal seperti itu dikenal dengan istilah blended learning… campuran e-learning dan tatap dikelas jadi maksimal deh informasi yang didapat kalo kurang jelas bisa ditanya lewat scele…

  9. yaah, maksud ane mah bukan sekedar komunikasi 2 arah. kalo mau lebih 2 arah, sekalian aja chatting kalo gak tatap muka.. (usul ada fitur chatting boleh juga tuh)
    emang sih, semakin lama pengembangan web semakin canggih. mulai dari yang statis sampai sekarang yang lebih dinamis. dulu kita mengenal web 1.0, sekarang web 2.0.
    sederhananya web 2.0 itu memungkinkan kita untuk melakukan sharing information.. contoh situs yang sudah mengaplikasikan web 2.0 dan sering kita gunakan ya facebook.. atau jejaring sosial yang lain, wiki, blog dsb. di situ pengguna punya peran yang tinggi untuk kedinamisan suatu web.
    Mengenai tipikal web 2.0, anak fasilkom tentu lebih tau lah.. Oia, perlu diingat web 2.0 bukan sekedar perkembangan teknologi internet saja, tapi berkaitan juga dengan menyikapi “user behaviour” saat menggunakan internet..

    CMIIW, beginilah penjelasan dari orang gak berlatar belakang ilmu komputer, cuma bisa ngomong, hehee..

    sekali lagi buat para pengembang scele ui: MANTAP!

  10. mksd gw c klo untuk mengoptimalkan penggunaan SCeLE mgk lebih ke arah sistem pembelajarannya yg lebih terintegrasi lagi dgn sistem online ini.

    skalian nanya aja deh, fakultas2 mana aja c yg dah ngegunain SCeLE secara maksimal? n ky gmana ya? gw di Sipil cuma sebagai tempat ngambil bahan kuliah ama ada ngumpulin tugas gt kadang2. gw jg klo pengen bikin forum diskusi gt ga bisa. yg bisa buka topik diskusi cuma dosennya. klo di SCeLE yg baru ini gmana tuh?

  11. FIB belom gunain scele, cuy…atau masih dikit banget..atau gw yang jadul karena gak tahu?

    Gw pengen FIB pake xcele secara maksimal, cuy,,,tapi masih terkendala beberapa hal. Intinya, gw pengen FIB pake scele juga, cuma gw gak tahu caranya..

    πŸ™‚

    so, kalo Tim Student Project bisa bikin semacam workshop atau pelatihan yang ngundang beberapa perwakilan tiap fakultas di UI tentang penerapan scele, gw berterima kasih banget cuy..

    atau bikin aja satu divisi lagi di tim student project ini, yakni divisi pengembangan scele di UI. Jadi, fakultas yang belom ngembangin scele bisa berkembang..

  12. Terima kasih ya atas komen-komen nya,

    Iya, proses pengembangan sistem e-learning terutama untuk level Universitas memang membutuhkan beberapa tahap yang harus dilalui. Melalui student project ini, kami mencoba untuk berkontribusi di salah satu tahap, yaitu proses pembuatan “software” nya itu sendiri. Ke depannya, butuh bantuan teman-teman maupun dari pihak UI-nya itu sendiri agar penggunaan sistem ini bisa maksimal.

    @Udaya:
    Oh, sebenarnya itu hanyalah masalah pengaturan hak akses saja, dan di moodle untuk mengubah-ubah hak akses itu sangat mudah kok. Jadi, kita tinggal minta ke adminnya agar role student diberi hak akses untuk membuat topik baru di forum yang sudah ada. Kami melihat permasalahan ini terjadi karena konsep centralized admin, dimana adminnya -yang mungkin sebelumnya sudah sibuk- harus mengurus 1 UI, jadi kurang responsif. Di model SCeLE UI yang baru ini, kita bisa meng-assign admin-admin yang berbeda untuk tiap fakultas, jadi kerjaan mereka bisa fokus di fakultas mereka sendiri (bisa lebih responsif dalam menanggapi permintaan, masukan, atau komplain yang ada).

    @Wahyu
    Iya, level/intensitas penggunaan SCeLE untuk masing-masing fakultas pasti akan berbeda, gak mungkin sama. Tiap user pasti akan melalui proses perkenalan dan adaptasi agar mereka mengetahui sampai sejauh mana -dari sekian banyak hal yang bisa dilakukan melalui SCeLE ini- mereka akan menggunakan sistem ini sesuai dengan kebutuhan mereka. Disini kami cuman berharap melalui hal sederhana yang kami lakukan ini dapat membuat proses perkenalan dan adaptasi tersebut berjalan mudah, nyaman, dan menyenangkan..

    Terima kasih, maaf kepanjangan..

  13. Oh iya kelupaan,
    Sebenarnya kami yakin kalau sistem ini akan berguna buat siapa saja. Karena tidak hanya proses pembelajaran yang terfasilitasi disini, namun juga proses pertukaran informasi secara umum baik yang berkaitan dengan fakultas sendiri ataupun antar fakultas yang berbeda.

    Terima kasih πŸ™‚

  14. yup, itu-lah yang gak disebut kawan2 di atas,,

    bayangin bang!!

    1) lw bisa akses (hampir) semua bahan mata kuliah yang ada di UI,
    di SCELE!!

    2) lw bisa punya forum (di homepage utamanya bang) yang bakal dilirik sama semua anak UI…

    dengan begini kita bakal lebih terintegrasi,,

    kita bakal ngalahin ITB karena kita punya fakultas Sos..!!!

    Maju terus UI…!!!
    Maju Terus Tim Developer Scele UI!!!

  15. SCeLE yang sebenarnya memang Web 2.0. Mahasiswa dan dosen bisa sharing bahan pelajaran dan langsung mendiskusikannya di forum. Beda sama diskusi langsung di dunia nyata, diskusi di forum bisa bertahan lama. Kalau lupa, tinggal buka dan baca lagi. Orang lain yang awalnya ga terlibat diskusi pun bisa langsung “nyambung” dan ikutan diksusi.

    Bahkan, bukan cuman sharing bahan kuliah doang, SCeLE juga bisa digunakan untuk sharing yang lainnya, seperti lomba, seminar, lowongan kerja, dll. Bahkan, SCeLE sangat efektif buat saling berbagi semangat dan dukungan kepada kawan2x yang sedang berdjoeang ataupun memberikan apresiasi kepada kawan2x yang berhasil mencapai prestasi.

    Jadi, salut lah sama tim pengembang SCeLE UI. Tinggal kebijakan tingkat atas yang perlu “turun tangan” untuk membuat dosen2x di Fakultas lain mau memanfaatkan SCeLE secara maksimal. Adanya SCeLE bukan berarti harus meniadakan tatap muka. Belajar di kelas tetap perlu dan penting karena ga semua materi bisa disampaikan begitu saja di SCeLE. Ya, seperti yang dikatakan Oscar, Blended Learning. Belajar di kelas tetap jalan, dan SCeLE hadir untuk mendukung proses pembelajaran itu. πŸ™‚

    Go SCeLE UI! Semangat!

    ~btw, link ke SCeLE Fasilkom UI belum dimasukkan ya? Saran saya, dimasukkan saja tapi langsung di link ke scele.cs.ui.ac.id

    Trima Kasih πŸ™‚