Jika pada artikel yang lalu berisikan tentang skill apa aja yang harus kamu miliki saat merantau, entah untuk urusan kuliah atau bekerja maka kali ini akan dibahas tentang tempat tinggal. Saat memutuskan jadi perantau, hal yang ada di benakmu adalah tempat tinggal a.k.a kost. Tentunya kamu akan mencari yang aman, nyaman, dan tenteram. Karena itu, demi mendukung terealisasinya keinginanmu, berikut adalah hal yang harus diperhatikan saat mencari tempat kost.

1. Cari sejak jauh-jauh hari

Cari kosan jauh-jauh hari (Sumber:)

Cari kosan jauh-jauh hari (Sumber:Photo Credit: Jeremy Wilburn via Compfight cc)

Cari tempat kost ini susah-susah gampang, cocok-cocokan, macem jodoh dan pdkt. Jadi mesti sabar, nggak boleh terburu-buru, yang pasti jangan mepet waktu dalam mencari kostan. Bukan apa-apa, bisa-bisa kamu malah nggak kebagian. Atau meskipun kebagian ternyata kamu nggak kerasan dan sreg di sana. Kan sayang. Maka dari itu, siapkan 2–3 bulan sebelum kamu pindah. Dengan rentang waktu lumayan lama, kamu bisa survei ke berbagai tempat kostan dan mencari yang paling pas di hati. Dijamin, kamu terhindar dari perasaan menyesal dalam dada. Ah, sedaaap.

 

advertisement

2. Jika terpaksa mepet, pilih yang perbulan

4566995_980ff39d40_b

Kalau takut nggak betah, pilih yang bayar bulanan (Sumber:Photo Credit: The Rocketeer via Compfight cc)

 

Hah? Maksudnya gimana, deh? Jadi gini, ceritanya kamu masih di luar kota, tidak punya kenalan di tempat tujuan kost dan nggak bisa cari kostan dari jauh-jauh hari sehingga terpaksa h-1 atau pas hari H-nya baru nyari. Nah, carinya yang perbulan atau 3 bulanan aja. Jangan nekat ambil yang setahun. Kenapa? Supaya kamu tidak rugi terlalu banyak jika ternyata setelah tinggal di sana, kamu tidak merasa nyaman dan memutuskan untuk pindah.

 

advertisement

3. Jika bawa kendaraan cari kost yang agak jauh

Naik motor ke kampus (Sumber:)

Naik motor ke kampus (SumberPhoto Credit: David, Bergin, Emmett and Elliott via Compfight cc🙂

Ceritanya kamu dibekali dengan kendaraan dari orangtua di rumah. Dengan kondisi seperti ini kamu harus memanfaatkannya dengan mencari kost yang agak jauh dari tempatmu kuliah atau kerja. Misalnya di daerah pinggiran kota. Karena kamu akan mendapatkan tempat nyaman dan aman dengan fasilitas serupa, tapi berharga lebih murah. Jauh sedikit tidak apa, kamu kan punya kendaraan. Jika kamu berhasil mendapatkan tempat nyaman dengan harga murah, keadaan ini akan berimbas kepada uang sakumu yang akan tersisa lebih banyak.

 

4. Cari kost dengan fasilitas lengkap

Fasilitas lengkap

Fasilitas lengkap (Sumber: Photo Credit: mikepetrucci via Compfight cc)

Kamu pendatang dari pulau seberang? Carilah kost dengan fasilitas lengkap. Hal ini akan memudahkanmu sehingga kamu ngga perlu repot membawa dan membeli barang-barang yang seenggaknya susah kamu angkut kembali saat pindahan nanti. Nggak mungkin, dong, kamu bawa lemari pake ekspedisi ke pulau seberang? Meskipun mungkin saja, biaya yang dikeluarkan tentu tak sedikit. Maka dari itu, solusi satu-satunya adalah mencari kost dengan fasilitas lengkap.

advertisement

 

5. Untuk nocturnal hindari tempat kost dengan jam malam

Kamu suka pulang malam?

Kamu suka pulang malam? (Sumber:Photo Credit: vonderauvisuals via Compfight cc)

Ini nih yang akrab dengan kost. Jam malam. Peraturannya pun berbeda tiap kost, ada yang menetapkan pukul 20.00, 21.00, 22.00, atau bahkan bebas. Buat kamu yang aktif dari siang sampai malam tentu akan keberatan dengan hal ini. Sebagai aktivis yang sering kali rapat, mahasiswa yang part time sore hingga malam, atau yang mendadak dapat kelas tambahan dan mengerjakan tugas, tentu bakalan bete tak tentu arah saat capek-capek pulang, menemukan gerbang kost terkunci rapat. Belum lagi proses interogasi dari pemilik kost yang memakan waktu. Solusinya adalah, cari kost dengan jam malam fleksibel.

 

advertisement

6. Fasilitas dapur is a must

Kalau ada dapur, kamu bisa masak  (Sumber:)

Kalau ada dapur, kamu bisa masak (Sumber:Photo Credit: uncleboatshoes via Compfight cc)

Akhir bulan telah datang, uang saku menipis, job sepi orderan, dan masih ada beberapa hari sebelum uang bulanan berikutnya turun. Saat susah inilah keberadaan dapur sangat diidam-idamkan. Kamu bisa memasak mie, telur, atau apa pun persediaan yang kamu punya. Memasak sendiri di kostan adalah cara terampuh untuk menghemat. Dengan adanya dapur kamu juga bisa membuat bekal untuk dibawa kuliah. Dua kali lebih hemat dan sehat. Brilliant!

 

7. Ngekost berdua? Boleh juga

Selain murah, di kosan jadi punya teman curhat

Selain murah, di kosan jadi punya teman curhat (Sumber:Photo Credit: wharman via Compfight cc)

Mau ngekost di tempat yang lebih asik sedikit tapi harganya terlalu mahal? Carilah teman sekamar! Dengan tinggal berdua di satu kamar kost, kamu bisa menikmati kamar yang nyaman dan asik tanpa harus terkuras banyak uang. Karena biaya akan ditanggung secara bersama. Namun, jangan heran bila pemilik kost menambah charge di atas harga normal. Biaya maintenance kamar yang dipakai berdua tentunya berbeda dengan sendiri. Makanya pintar-pintarlah bernegosiasi dengan pemilik kost demi mendapatkan harga idaman.

Sekali lagi, kost itu jodoh-jodohan, mesti sabar jika kamu mau mendapatkan yang pas. Karena sebagai anak rantau, kost adalah rumah kedua, maka harus dicari dengan sungguh-sungguh sehingga nggak ada kejadian pindah rumah seperti kucing.