Seperti yang kita ketahui. Biaya pendidikan terus meningkat sekarang ini. Tidak terkecuali UI, sebuah Universitas yang menyandang nama Indonesia. Dari tahun ke tahun, biaya pendidikan di UI semakin mahal. Seolah-olah hanya kalangan tertentu yang bisa mendapatkan pendidikan sampai bangku kuliah.

Saya memiliki kenalan seorang tukang ojek di wilayah tempat tinggal saya, yaitu di kawasan CIledug, Tangerang. Beliau memiliki anak yang kebetulan kuliah di UI. Beliau sering bercerita mengenai kendala dan jalan keluar dari kesulitan ekonomi yang dialaminya. Beliau bercerita, awalnya cukup sulit untuk meminta keringanan biaya kuliah, tetapi anaknya tetap gigih memperjuangkan haknya untuk melanjutkan kuliah.

Akhirnya beliah hanya perlu membayarkan beberapa ratus ribu untuk uang tiap semesternya. Anaknya pun sangat cerdas. Ia berhasil mendapatkan beasiswa, berprestasi dibidang akademik, dan juga sering mengikuti perlombaan untuk mewakili jurusannya.

Saya hanya ingin mengusulkan kepada teman-teman UI lainnya yang jauh lebih beruntung dari pada salah seorang teman kita ini yang harus bekerja keras untuk membiayai kuliahnya. Bagaimana kalau kita menyisihkan sedikit saja dari uang saku kita untuk membantu teman-teman yang kurang beruntung di UI ini. Karena saya yakin, masih  banyak di luar sana, teman-teman yang mengandalkan beasiswa ataupun bekerja keras sendiri demi membiayai kuliahnya.

Kepada teman-teman BEM, BEM UI ataupun seluruh BEM fakultas. Kenapa kita tidak bergerak dari hal-hal sepele untuk membantu teman-teman kita sendiri. Menyisihkan uang saku dari berapa ribu anak UI tentu akan cukup untuk membantu beberapa teman kita yang memiliki kesulitan. Agar tidak ada lagi, teman-teman yang terancam keluar dari UI hanya karena tidak bisa membayar kuliah.

Kalau kita bisa mencari dana untuk sebuah acara yang sampai memakan biaya puluhan juta, kenapa kita tidak bisa mencari dana untuk membantu sesama teman kita?

advertisement

Terima Kasih.

Regards