Sektor Apa Aja Yang Mengalami Untung dan Rugi selama Pandemi COVID-19?

Indonesia memang tidak imun terhadap serangan dari pandemi virus corona, akibatnya pasien positif hingga saat ini terus bertambah, dengan bertambahnya sebaran virus dan pasien positif di Indonesia hal ini secara tidak langsung mempengaruhi stabilitas ekonomi negara kita, menteri keuangan Sri mulyani bahkan mengatakan resesi sudah berada di depan mata. Dibalik sektor yang merugi akibat terdampak dari virus covid-19, ada pula sektor industri yang meraup untung di tengah pandemi, yuk simak lebih lanjut!


0
sektor untung rugi pandemi corona

Sejak kasus pertama Covid-19 di Indonesia diumumkan oleh pemerintah pada tanggal 2 Maret 2020 lalu, virus ini telah sukses menghantam berbagai sektor perekonomian di Indonesia, mulai dari usaha kecil menengah hingga startup besar ternama berhasil dikalahkan oleh virus ini.

Indonesia memang tidak imun terhadap serangan dari pandemi virus corona, akibatnya pasien positif hingga saat ini terus bertambah, dengan bertambahnya sebaran virus dan pasien positif di Indonesia hal ini secara tidak langsung mempengaruhi stabilitas ekonomi negara kita, menteri keuangan Sri mulyani bahkan mengatakan resesi sudah berada di depan mata. Dibalik sektor yang merugi akibat terdampak dari virus covid-19, ada pula sektor industri yang meraup untung di tengah pandemi, yuk simak lebih lanjut!

1. Sektor Pariwisata

Sektor pariwisata kena covid
Sumber: elespanol.com

Salah satu sektor yang merugi ditengah pandemik adalah sektor pariwisata, tentu sektor ini mengalami penurunan drastis dalam pemasukannya, seperti sektor pariwisata jelas mengandalkan keuntungan dari orang-orang yang berkumpul untuk berlibur dan menghabiskan waktunya di ruangan terbuka terpaksa ditutup untuk sementara waktu.

BACA JUGA: Tempat-tempat Ini Harus Masuk Daftar Destinasi Wisata Liburan Kamu!

2. Sektor Otomotif dan Transportasi

sektor otomotif kena corona
Sumber: synopsis.com

Jika sektor pariwisata mengalami penurunan pendapatan maka hal ini akan berdampak pula dengan pemasukan yang didapat oleh sektor otomotif dan sektor transportasi darat, laut dan udara. Ditengah wabah pandemi ini kebanyakan masyarakat akan mulai mengubah bahkan mengganti skala prioritas kebutuhannya, yang tadinya sebelum wabah ini datang orang-orang memilih untuk membeli kendaraan keluaran terbaru untuk mendukung mobilitasnya, namun seiring dengan berjalannya PSBB dan work from home masyarakat mulai mengalokasikan dananya untuk kebutuhan primer seperti makanan, vitamin dan obat-obatan.

BACA JUGA: Buset, Ada Mobil Jazz Terbang Nabrak Pohon di UI

3. Sektor Pertambangan dan Konstruksi

sektor pertambangan
Sumber: lyntonsurveys.com.au

Lalu ada sektor pertambangan yang diperkirakan mengalami penurunan permintaan dari negara China sebesar 15% dan negara-negara lainnya yang turut tedampak covid-19, sektor konstruksi juga mengalami kerugian karena banyak proyek yang mengalami keterlembatan dalam proses penyelesaiannya. Mulai dari para pekerja dan material yang kesulitan untuk menjakau lokasi proyek, hingga harga bahan baku juga jadi melambung tinggi karena nilai rupiah yang melemah.

BACA JUGA: Ketika Indonesia Bersiap Menjadi Negara Kaya (Karena) Tambang

Sedangkan sektor yang menjadi pemenang, atau mendapatkan banyak keuntungan di masa pandemic seperti sekarang ini adalah, sektor makanan dan minuman, sektor kesehatan, sektor kimia, sektor tekstil, sektor jasa telekomunikasi, dan jasa logistik.

4. Sektor Makanan dan Minuman

Sumber: jabar.tribunnews.com

Seperti banyak hal yang sudah kita lalui kemarin, banyak orang yang membeli bahan makanan dalam jumlah yang besar, entah untuk memenuhi kebutuhan sendiri, keluarga, atau untuk dijadikan donasi kepada yang membutuhkan, terlebih di bulan Ramadhan yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia untuk membeli parcel atau hampers berisi makanan untuk dibagikan kepada rekannya.

BACA JUGA: 5 Ide Makanan Ala Resto yang Bisa Kamu Bikin di Kosan

5. Sektor Kimia

industri kimia corona
Sumber: tekno.tempo.co

Kemudian dengan meningkatnya awareness masyarakat dalam menjaga kesehatan maka sektor kimia mulai mendapat keuntungan berlipat, mulai dari memasok kebutuhan kimia untuk cairan pembersih lantai, sabun, handsanitizer, hingga untuk memenuhi kebutuhan terhadap barang/alat kesehatan lainnya.

BACA JUGA: Hygeia, Propolis yang Dipakai Buat Mandi. Emang Bisa?

6. Sektor Tekstil

Sumber: palu.tribunnews.com

Sektor tekstil juga mendapat keuntungan di tengah pandemik ini, usaha kecil menengah hingga pabrik baju besar mulai memproduksi APD untuk tenaga medis.

BACA JUGA: Mau Tampil Cantik dan Bergaya Saat Wisuda? Jangan Lupa Persiapkan 6 Hal Ini!

7. Sektor Telekomunikasi dan Logistik

jasa logistik untung berkat corona
Sumber: deliveree.com

Sejalan dengan adanya PSBB sektor jasa telekomunikasi dan jasa logistik mengalami peningkatan yang cukup drastis. Masyarakat mulai berlangganan paket internet dalam jumlah yang besar untuk menunjang jalannya work from home, pembelajaran jarak jauh, berkomunikasi dengan keluarga atau aktivitas lainnya. Ada pula masyarakat yang mulai jenuh dengan aktivitas yang itu-itu saja mulai mengisi kegiatan sehari-harinya dengan hobi dan mencoba sesuatu yang baru, pasti banyak diantara kita yang akhir-akhir ini lebih sering berbelanja online dan menunggu kedatangan paket di rumah, iya kan? Mulai dari bahan makanan, peralatan memasak, baju lebaran, tanaman hingga barang elektronik dapat dibeli dan dikirim melalui jasa logistik.

BACA JUGA: Begini Caranya Menggunakan Popbox yang Ada di Stasiun UI!

Walaupun masih ada sektor yang mendapat keuntungan banyak di masa pandemik seperti sekarang ini, masyarakat atau pihak yang terdampak jauh lebih banyak dibandingkan yang mengalami keuntungan, semoga keadaan cepat kembali normal seperti sedia kala ya!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Vokasi - Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019)

0 Comments

Leave a Reply

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals