Seminar “Biostatistics in Disaster Management: Tanya Gimana?”


0

Biostatistics in Disaster Management???? Nah Looo? Apa Urusannya??

“Dalam kurun waktu 13 tahun (1997- 2009) Indonesia telah dilanda bencana sebanyak 6.632 kali. Hal ini menandakan bahwa Negara Indonesia adalah negara yang rawan bencana di dunia. Bencana yang paling banyak terjadi pada tahun 2008 mencapai 1.302 kali“, jelas Ridwan Yunus, Koordinator Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

BENCANA,MUSIBAH…..Yah itulah yang sedang dihadapi bangsa kita tercinta, seperti bencana yang saat ini sedang dilakukan tahap penanganan dan recovery-nya yaitu letusan Gunung Merapi di Sleman, Jogja dan tsunami di Mentawai. Padahal duka bencana banjir di Wasior aja belum terhapus, tapi bencana baru sudah datang lagi seakan-akan memang sudah menjadi hal yang lumrah kejadian bencana di negara ini. Miris dan sakiiiiiiit rasanya melihat para korban yang umumnya orang tua dan anak-anak. Bayangkan kalo bencana ini menimpa orang tua kita, saudara, teman, sahabat, pacar kita??? Huuuaaa, tidaaaak…. I can’t imagine it >.<

Lantas, apa yang bisa kita lakukan sebagai mahasiswa??? Apa kita hanya bisa menonton TV lalu berkomentar saja? Tentu  tidak!!! Pastinya banyak hal yang bisa dilakukan untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang diuji. Kita bisa melakukan kegiatan sosial, menggalang dana, menyalurkan bantuan baik materi maupun moril, atau menjadi relawan di daerah bencana. Namun parahnya ternyata di lapangan para korban masih saja terkadang belum mendapat bantuan, karena distribusi yang tidak merata, korban yang tidak terdata, atau faktor lainnya. Nah, disinilah peran dan kompetensi kesehatan masyarakat, khususnya biostatistik sangat-sangat diperlukan dalam penanggulangan bencana baik sebelum, saat, dan pasca bencana.

Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat seperti  namanya dituntut untuk langsung turun ke masyarakat dan harus memiliki kompetensi yang memadai, salah satunya kompetensi dalam penanganan bencana. Kompetensi seperti apa??? Apakah kompetensi biostatistika memang diperlukan dalam penanganan bencana? Seberapa pentingkah hal tersebut??? Untuk itulah kami Himpunan Mahasiswa Departemen Biostatistikdan Kependudukan yang lebih dikenal dengan Varsity of Bisotatistics ini mengangkat tema  “Biostatistics in Disaster Management: Tanya gimana???” pada Seminar Pengembangan Kompetensi Departemen BIostatistik dan Kependudukan tahun ini.

Penasaran kan?? Apa urusannya biostat dengan bencana?? Makanya, jangan sampe ketinggalan info, langsung datang aja ke Seminar Pengembangan Kompetensi Departemen Biostatistika dan Kependudukan hari Selasa, 30 November 2010 pkl 13.00-16.00 di Ruang Promosi Doctor Gedung G lantai 1 FKM UI. Di sana nanti bakal dibahas, dikupas tuntas tentang bencana dan pentingnya biostatistik dalam penanganannya. It’s FREE!!! Untuk 100 orang peserta pertama bakalan dapet seminar kit + snack + sertifikat.  Pembicara-pembicaranya sangat kompeten dan nanti juga akan ada relawan yang akan berbagi cerita dan pengalaman saat di lokasi bencana.

Makin penasaran kaaaaaaaan? Makanya, agendakan, SELASA, 30 NOV 2010 di RUANG PROMDOK jam 13.00 dateng ke seminar “Biostatistics in Disaster Management: Tanya gimana???” ajak temen2 kamu,sahabat, pacar utk ikutan seminar ini.  So jangan sampe nyesel karena ga dateng !!! :)) okeee,, cu there ^^

(Rahmi Fauzia Putri)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Media Partner anakUI.com
Akun ofisial anakUI.com untuk hal-hal yang berhubungan dengan media partner. Untuk mengajukan kerjasama Media Partner, silakan buka anakui.com/mediapartner.

2 Comments

Leave a Reply