Review Sennheiser Momentum 4 Wireless

anakui.com – Daya tahan baterai 60 Jam yang menakjubkan dengan ANC. Suara hebat dan masa pakai baterai terdepan di industri menjadikannya salah satu headphone ANC terbaik. Sennheiser Momentum 4 Wireless harus masuk dalam daftar pilihan headphone ANC.

Spesifikasi Sennheiser Momentum 4 Wireless

Spesifikasi
Dimensi dan Berat: 7 x 7,67 x 1,82 inci; 10,3 ons
Masa pakai baterai (nilai): hingga 30 jam dengan ANC
Jangkauan Bluetooth: > 30 kaki
ANC: ya

Kelebihan

  • + Daya tahan baterai yang luar biasa
  • + Suara yang bagus
  • + Performa peredam bising yang efektif
  • + Kontrol sentuh yang andal
  • + Desain kokoh dengan gaya sederhana (jika Anda suka)

Kekurangan

  • – Gaya anonim
  • – Bantalan telinga dapat membuat telinga Anda panas.
  • – Masalah koneksi tidak stabil dengan aplikasi Smart Control

Headphone Momentum 4 Wireless Sennheiser adalah tambahan baru yang disambut baik di bagian atas jajaran headphone over-ear nirkabel perusahaan. Kami menyukai gaya klasik pendahulunya.

Tetapi model andalannya, Momentum 3 Wireless, memiliki beberapa masalah kinerja yang membuatnya tidak menjadi pesaing headphone peredam bising terbaik. Bersama dengan masa pakai baterai yang lebih pendek dibandingkan dengan desain populer.

Untungnya, Sennheiser telah mengatasi masalah kinerja yang disorot dalam ulasan Momentum 3 Wireless kami. Dan Momentum 4 yang diubah gaya menetapkan standar masa pakai baterai yang menjadi tujuan semua pembuat headphone nirkabel.

Baca ulasan lengkap kami tentang Momentum 4 Wireless Sennheiser untuk mempelajari tentang fitur dan kinerja baru model generasi berikutnya ini.

Harga dan Ketersediaan

  • Sekarang tersedia seharga Rp. 5 jutaan
  • Ini mulai dijual 23 Agustus dan tersedia dalam warna hitam atau putih.

Tersedia untuk pre-order mulai 9 Agustus melalui situs web Sennheiser, headphone ANC over-ear Sennheiser Momentum 4 Wireless dihargai Rp.5 jutaan saat mulai dijual pada 23 Agustus. .

Ini Rp. 750 ribu kurang dari harga peluncuran model pengganti. Menawarkan penghematan biaya yang menarik dibandingkan model dengan spesifikasi serupa di segmen headphone nirkabel over-ear yang sangat kompetitif.

Seperti Momentum 3 Wireless, M4W hadir dalam warna hitam atau putih dan dilengkapi dengan casing keras dengan penutup kain lembut, kabel pengisi daya USB-C, kabel audio 2,5mm ke 3,5mm, dan adaptor pesawat. Model headphone nirkabel andalan Sennheiser, Momentum 4 Wireless generasi berikutnya, adalah pesaing yang kuat.

Tag harga Rp. 5 jutaan meletakkannya di bawah yang kami harapkan. Itu adalah tanda yang meyakinkan di masa keuangan yang sulit, dan itu memotong saingan dekat seperti Sony WH-1000XM5 dan headphone ANC Bowers & Wilkins Px7 S2, yang memiliki MSRP sekitar Rp. 6 jutaan.

Ini sama sekali tidak merugikan Sennheiser, dan itu sudah mendapat skor tinggi dalam hal nilai keseluruhan.

Desain dan Kenyamanan

  • Gaya anonim
  • Desain sedikit besar

Untuk Momentum 4 Wireless, Sennheiser telah memutuskan untuk sepenuhnya mengubah desain headphone over-ear-nya. Menggantikan desain klasik Momentum 3 Wireless yang menawan dengan tampilan dan nuansa yang lebih umum.

Hilang sudah headband kulit dan stainless steel yang terintegrasi dengan slider untuk menyesuaikan cup telinga dan tampilan vintage yang membuat over-ears Momentum 3 Wireless langsung dikenali dan menarik.

Sebaliknya, M4W yang didesain ulang memiliki tampilan yang lebih anonim, tetapi ini disengaja karena Sennheiser berharap desain yang kurang menarik akan membantu memberikan daya tarik model yang lebih luas. Secara pribadi, saya lebih suka gaya retro dari model sebelumnya.

Versi baru memiliki kemiripan yang mencolok dengan Sony WH-1000XM4, sasaran empuk, tetapi M4W terasa kurang mewah dibandingkan Sony.

Ikat kepala M4W dilapisi kain dan bagian bawahnya yang empuk. Dibungkus dengan bahan karet yang tidak dapat bernapas, berkontur dengan lekukan tengah untuk membantu mendistribusikan berat dan meningkatkan kenyamanan jangka panjang saat berada di atas kepala.

Itu cukup nyaman untuk kepala saya, tetapi ketika saya mengayunkan headset di belakang leher saya saat berjalan cepat ke stasiun selama perjalanan pagi saya, saya melihat beberapa tanda keringat di bagian bawah ikat kepala.

Desain headphone baru seringkali sedikit lebih ringan, tetapi Sennheiser sebenarnya memiliki berat sedikit lebih berat daripada Sony WH-1000XM5 dan memiliki ukuran dan berat yang hampir sama dengan pendahulunya. Beratnya 10,3 ons dan ukuran 7 x 7,67 x 1,82 inci.

Tetap saja, tingkat kenyamanannya cukup bagus berkat bantalan telinga yang empuk. Tetapi cenderung memanas setelah satu jam atau lebih digunakan, yang mungkin tidak nyaman untuk sesi mendengarkan yang lama. Lengan yang dapat ditarik yang dibanggakan oleh desain baru bekerja dengan baik.

Memasangnya dengan benar itu mudah. Dengan bantalan telinga di posisi terbaik untuk telinga dan tingkat kenyamanan yang tepat. Pengaturan engsel putar yang baru memastikan earcup terpasang dengan sempurna di telinga Anda, serta dapat dilipat rata dan disimpan di tas jinjing yang disediakan.

Kontrol Sennheiser Momentum 4 Wireless

  • Kontrol sentuh responsif
  • Deteksi di telinga

Sennheiser membuang tombol tekan fisik yang menghiasi penutup telinga Momentum 3 Wireless, dan M4W menerapkan kontrol sentuh yang andal. Fungsionalitas terbatas pada earcup kanan, di mana antarmuka menangani putar/jeda dan kontrol pemutaran trek berikutnya/sebelumnya, volume naik/turun, jawab/akhiri/tolak panggilan, dan ANC.

Satu tombol fisik di sisi earcup kanan memudahkan mematikan dan memasangkan. Sobat dapat mengatur tingkat transparansi dengan gerakan cubit-zoom dengan ujung jari pada touchpad tanpa harus membuka aplikasi Sennheiser Control.

Ini sangat berguna dan memungkinkan untuk mengontrol tingkat kebisingan sekitar pada perjalanan kereta tanpa harus membuka kunci hp. Kontrol sentuh semuanya responsif dan intuitif untuk digunakan setelah waktu yang sangat singkat.

Sayangnya, kontrol sentuh tidak dapat dialihkan ke earcup kiri untuk mengakomodasi kita yang kidal. Deteksi telinga bekerja dengan baik dan terhubung secara otomatis ke perangkat pemutaran.

Namun, terkadang kami menemukan sensornya terlalu sensitif. Bahkan ketika hanya mengambil headphone untuk bergerak di sekitar rumah, headphone secara otomatis terhubung dan secara otomatis melanjutkan pemutaran.

Kualitas Suara Sennheiser Momentum 4 Wireless

  • Suara yang dinamis dan menarik
  • Kontrol dan alat pengoptimalan suara yang berguna

Momentum 4 Wireless adalah contoh bagus lainnya dari komitmen perusahaan terhadap headphone yang terdengar elit. Seperti M3W sebelumnya, ini menggunakan driver dinamis 42mm (sekitar 1,7 inci) di setiap earcup untuk menghadirkan suara khas Sennheiser dengan level bass yang kuat serta mid dan high yang seimbang.

Ada beberapa preset EQ untuk dipilih dan opsi untuk membuatnya sendiri menggunakan equalizer 3-band. Ada juga fitur yang menggunakan fitur pelacakan pribadi hp untuk membuat zona suara yang secara otomatis menyesuaikan earbud ke keluaran suara yang telah diatur sebelumnya berdasarkan lokasi tertentu.

Kemudian hadir juga mode personalisasi baru yang memandu melalui opsi suara alternatif sehingga dapat memilih keluaran suara yang tepat. Tanda tangan sonik Sennheiser menghasilkan suara yang seimbang di seluruh rentang frekuensi, tetapi bukan berarti Sennheiser tidak dapat menghasilkan ketukan bass yang besar saat dibutuhkan.

Dentuman bas yang menggelegar dari “Dangerous” milik Big Data atau “New Rules” milik Dua Lipa mengalir melalui Tidal menunjukkan betapa para Sennheiser sama senangnya dengan lagu-lagu besar dan energik seperti halnya dengan karya-karya musisi yang merdu dan lembut seperti Gregory Porter. memberi. .

Vokal lembut Gregory Porter di “Mona Lisa” disampaikan dengan kekayaan dan ekspresi yang tepat. Itu juga penuh dengan energi dinamis yang menganggukkan kepala, mengetukkan kaki, bersama dengan bassline dari lagu Dua Lipa dan Big Data. Vokal terdengar sepenuhnya dapat dipercaya dan berada di garis depan panggung suara.

Detail pada treble dapat dikurangi sedikit sesuai selera. Tetapi kami menemukan bahwa beberapa takik pada EQ tiga-band meningkatkan frekuensi tinggi meningkatkan detail dan kehadiran, dan menambahkan lebih banyak ruang di sekitar pemain ke telinga saya.

Peredam Bising Aktif

  • Rasa isolasi pasif yang baik
  • Kinerja ANC yang efektif
  • Pengurangan kebisingan angin terbaik

Tingkat isolasi kebisingan alami dari desain over-ear Momentum 4 adalah tempat yang baik untuk memulai berkat cara penutup telinga yang empuk membungkus telinga. Cukup memakai headphone tanpa ada yang terpasang sangat mengurangi tingkat kebisingan latar belakang secara keseluruhan.

Bahkan sebelum ANC diaktifkan, tetapi kami hampir tidak dapat mendengar beberapa suara frekuensi rendah. Sennheiser mengatakan ada satu mikrofon eksternal di setiap earcup, dan dua mikrofon di dalam earcup yang menganalisis tingkat kebisingan latar belakang.

Momentum 4 Wireless menggunakan teknologi adaptif untuk secara otomatis menyesuaikan tingkat pembatalan kebisingan sekitar. Itu tidak memengaruhi kualitas suara atau keseimbangan frekuensi secara keseluruhan.

Kami tidak tahu apa efek teknologi ini pada pendengaran selain membuatnya benar-benar imersif apa pun yang didengarkan. Sobat dapat menyetel tingkat mode transparansi sehingga dapat mendengar suara di luar tanpa melepas headphone.

Hal ini tidak hanya akan membantu tingkat kesadaran yang lebih aman saat mendengarkan. Tetapi juga akan membantu memastikan sobat tidak melewatkan pengumuman platform. Itu berubah saat menunggu di stasiun.

Dengan pengurangan kebisingan angin yang diatur ke otomatis, tidak ada interupsi atau interupsi untuk mendengarkan di peron stasiun kereta yang berangin. Sobat juga dapat menonaktifkan pengurangan kebisingan angin atau mengaturnya ke maksimum.

Secara keseluruhan, kinerja ANC sangat efektif, tetapi jauh dari standar ANC luar biasa yang dicapai oleh model yang lebih tinggi seperti Bose 700 dan Sony WH-1000XM5.

Kontrol Aplikasi dan Fitur Khusus

  • Pembaruan firmware lambat
  • Sambungan aplikasi Smart Control tidak tepercaya

Ketika mengunduh aplikasi Smart Control Sennheiser ke hp, muncul pemberitahuan bahwa headphone memerlukan firmware terbaru. Butuh sekitar 21 menit untuk mengunduh dan memperbarui, yang terasa sangat lambat karena sangat ingin mulai mendengarkan.

Kami juga tidak merasa bahwa pengunduhan sedang berlangsung, yang tidak terlalu meyakinkan. Setelah menginstal dengan firmware terbaru, koneksi nirkabel Bluetooth dibuat. Tetapi aplikasi mengatakan bahwa itu tidak dapat terhubung, jadi kami melakukan reset pabrik dan mengunduh firmware lagi.

Pada percobaan kedua, aplikasi tersebut ragu-ragu dan secara teratur memberi tahu bahwa aplikasi Smart Controls terputus dari headphone Momentum 4. Meskipun kami memutar musik secara nirkabel dari hp melalui aplikasi streaming musik.

Perilaku istimewa ini tidak menyukai aplikasi Sennheiser, dan sering membuat kami tidak memiliki akses ke kontrol aplikasi yang berguna.

Daya Tahan Baterai

  • Diklaim masa pakai baterai 60 jam dengan ANC
  • Waktu pengisian ulang 2 jam yang sangat cepat

Fitur utama Momentum 4 Wireless adalah masa pakai baterai 60 jam, yang menurut Sennheiser dapat dicapai bahkan dengan ANC diaktifkan sepenuhnya. Ini adalah angka yang sangat tinggi untuk headphone sejenis, dan sebagai perbandingan, ini mengungguli Sony WH-1000XM5 sekitar 30 jam.

Faktanya, Sennheiser Momentum 4 Wireless memiliki masa pakai baterai terpanjang dari semua headphone peredam bising yang pernah kami temui. Ini merupakan peningkatan yang signifikan dalam waktu pemutaran dibandingkan dengan produk Sennheiser sebelumnya.

Dijanjikan 17 jam, tetapi dikirimkan lebih sedikit saat ANC diaktifkan. Bagaimana perusahaan dapat meningkatkan masa pakai baterai secara dramatis belum dibahas, tetapi kemungkinan sobat dapat mengisi daya headphone ini hingga setiap dua minggu.

Atau sebulan sekali jika hanya mendengarkan selama dua jam sehari. Sangat diinginkan untuk komuter dan pelancong bisnis. Bahkan jika perlu mengisi ulang, ia mengklaim beralih dari kosong hingga penuh hanya dalam 2 jam, memberi waktu bermain hingga 4 jam dari pengisian daya 5 menit.

Kami memiliki headphone ulasan ini dalam waktu kurang dari seminggu, jadi baterainya benar-benar habis dan tidak dapat cukup mendengarkan untuk mengonfirmasi klaim tersebut. Sejauh ini kami telah menggunakan headphone selama beberapa jam sehari dan indikator baterai masih menunjukkan sisa kapasitas 70%.

Kami akan memperbarui ulasan ini saat kami terus melacak kapasitas selama beberapa minggu ke depan dan mendapatkan gambaran akurat tentang kapasitas masa pakai baterai. Tandai halaman ini untuk melihat hasil setelah pengujian nyata.

Kualitas Panggilan dan Konektivitas

  • Kualitas panggilan yang efektif
  • Penyesuaian sidetone yang berguna

Panggilan Momentum 4 memuaskan selama waktu bicara singkat yang kami alami. Sennheiser menggunakan dua mikrofon beamforming untuk meredam kebisingan di setiap penutup telinga, dan level volume di kedua ujung saluran cukup memuaskan selama percakapan yang saya coba.

Penyesuaian Sidetone ternyata merupakan tambahan yang berguna. Memungkinkan untuk menyesuaikan tingkat umpan balik suara ke telinga sehingga tidak berbicara terlalu keras saat headphone dipasang di kedua sisi kepala.

Ini adalah salah satu dari sedikit model headphone yang menggunakan Bluetooth versi 5.2, dan dukungan codec berjalan dengan SBC, AAC, dan aptX Adaptive, tetapi tidak ada dukungan aptX Lossless atau LDAC untuk konten audio resolusi tinggi. Meskipun jangkauan Bluetooth tidak diklaim, Sennheiser tetap stabil dan tidak terganggu saat saya berkeliling rumah.

Kesimpulan

Sennheiser Momentum 3 Wireless meningkatkan banyak hal, tetapi itu bukan pengubah permainan. Tetapi headphone Nirkabel Momentum 4 generasi berikutnya ini meningkatkan taruhannya secara signifikan.

Desain baru tidak benar-benar membuat M4W menonjol dari yang lain, tetapi masa pakai baterai 60 jamnya secara signifikan meningkatkan standar di area ini dan merupakan produk yang dapat dikalahkan.

Tambahkan suara Sennheiser yang nyaman dan peredam bising yang efektif, dan Momentum 4 terlihat seperti headphone nirkabel paling praktis yang pernah kami lihat. Dibangun dengan sempurna untuk kehidupan saat bepergian tanpa terikat ke soket listrik di mana Anda perlu mengisi ulang baterai secara teratur.

Yang diperlukan hanyalah aplikasi Smart Control dan konektivitas yang sedikit buggy untuk menurunkan headphone ini, dan seperti namanya, headphone ini seringkali tidak sepintar itu. Dengan semua fitur tambahan yang tertaut ke aplikasi, sobat sebaiknya memberikan harga Momentum 4 Wireless lebih murah dari Jaminan Pilihan Editor kami.

Leave a Comment