SEO Instagram: 10 Teknik untuk Meningkatkan Jangkauan Anda

anakui.com – Memiliki strategi SEO Instagram sangat penting bagi pemasar. Ini karena platform tersebut menjadi lebih populer daripada raksasa media sosial Twitter dan LinkedIn.

SEO di Instagram adalah cara Anda menciptakan peluang bagi miliaran pengguna untuk melihat konten Anda dan terlibat dengan merek Anda. Untungnya, Anda dapat membantu akun Instagram Anda tumbuh secara organik dengan menerapkan teknik SEO yang sama dengan yang Anda gunakan untuk mengoptimalkan konten halaman web Anda.

Tips Pengoptimalan SEO Instagram

Pikirkan Instagram sebagai mesin pencari sendiri. Platform ini memiliki fungsi pencarian bawaan yang berfungsi seperti mini Google-nya sendiri. Di sini, kami membagikan 10 teknik SEO yang menggunakan algoritma Instagram untuk memperluas jangkauan Anda.

1. Optimalkan Profil Instagram Anda.

Langkah pertama yang harus Anda ambil untuk meningkatkan jangkauan Instagram Anda adalah mengoptimalkan profil Instagram Anda. Mendorong lalu lintas ke akun Instagram Anda tidak akan membantu Anda dalam jangka panjang jika profil Anda tidak dioptimalkan untuk pengalaman pengguna terbaik.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan profil Instagram Anda.

  • Jadikan profil Anda publik.
  • Pilih gambar profil merek yang penuh warna.
  • Jadikan @Username Anda dapat dikenali dan dicari.
  • Buat nama bisnis yang mudah dicari.
  • Daftar akun bisnis Instagram.
  • Sertakan tautan yang dapat dilacak di bio Anda.

Mengapa penting: Langkah-langkah ini mungkin tampak seperti no-brainer, tetapi penting untuk meletakkan dasar sebelum membuat perubahan SEO lainnya. Setelah membahas dasar-dasar ini, Anda dapat beralih ke pengoptimalan yang lebih teknis.

2. Ada Kata Kunci Default.

Nama tampilan dan @namapengguna Anda adalah dua tempat terpenting untuk memasukkan kata kunci utama. Saat pengguna memasukkan maksud mereka ke dalam bilah pencarian, Anda akan dicocokkan dan dibawa lebih dekat ke posisi pencarian teratas yang didambakan.

Untuk memulai, Anda perlu menentukan kata kunci utama dengan tepat. Mari kita ambil toko roti sebagai contoh. Saat pengguna Instagram mencoba mengisi Umpan Berita mereka dengan makanan yang dipanggang, mereka cenderung menelusuri kata kunci “roti”.

Memiliki kata kunci ini di nama tampilan dan @NamaPengguna meningkatkan peluang Anda untuk muncul di hasil pencarian akun yang disarankan.

Kiat pro: Tidak ada yang sangat kuat. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pengoptimalan Instagram, Anda harus menggunakan kata kunci utama di kedua tempat untuk meningkatkan peluang Anda diambil oleh algoritme.

Anda mungkin patah hati jika Anda bersemangat dengan pilihan yang Anda buat saat membuka akun, tetapi perubahan adalah langkah cerdas menuju pengoptimalan dan pada akhirnya kesuksesan Anda sendiri!

3. Sertakan Kata Kunci Sekunder.

Sekarang setelah Anda menangani kata kunci utama, saatnya memanfaatkan kata kunci sekunder Anda sebaik-baiknya. Kata kunci sekunder adalah frasa dan topik yang berputar di sekitar kata kunci utama Anda.

Jika kata kunci utama Anda adalah “roti”, kata kunci sekunder mungkin adalah “cupcake”, “kue pernikahan”, “makanan yang dipanggang”, dan seterusnya.

Mari kita lihat Magnolia Bakery, hasil teratas untuk kata kunci ini. Kata kunci utama diuraikan dalam warna merah dan kata kunci sekunder diuraikan dalam warna oranye.

Kiat pro: Kata kunci sekunder seperti jaring pengaman. Tangkap orang yang tidak menelusuri kata kunci utama Anda, tetapi masih tertarik dengan produk Anda.

Karena perbedaan bahasa, banyak orang menggunakan kata yang berbeda saat mencari hal yang sama, jadi Anda harus mempertimbangkan sinonim yang bisa menjadi kata kunci sekunder yang bagus.

4. Perlakukan Hashtag Seperti Kata Kunci.

Setelah Anda mengoptimalkan profil Anda, saatnya untuk mengoptimalkan posting Anda. Ini adalah proses berkelanjutan yang membutuhkan perhatian khusus. Sebagian besar pengguna tidak akan mencari Anda secara langsung. Mereka akan menemukan Anda melalui tagar di postingan tertentu.

Itu sebabnya setiap postingan Instagram harus memiliki strategi hashtag tersendiri. Tagar ini harus diperlakukan seperti kata kunci sekunder.

Dengan cara ini, pengguna lebih mungkin menemukan Anda daripada jika Anda menggunakan 5 tagar yang sama untuk setiap kiriman. Keanekaragaman dan relevansi adalah kunci keberhasilan.

Terbaik untuk: Semua Jenis Konten – Saran hashtag ini berlaku untuk posting, gulungan, IGTV, dan jenis konten lainnya yang Anda tambahkan ke platform. Untuk hasil terbaik, buat konten yang Anda buat mudah ditemukan.

5. Tempatkan Hashtag Secara Strategis.

Sekarang di mana Anda meletakkan tagar yang dioptimalkan dengan cerdik itu? Dulu mengirim komentar adalah kebiasaan, tetapi waktu telah berubah. Misalnya, penting untuk menyesuaikan strategi pengoptimalan Instagram Anda saat Anda menerima saran yang andal dari CEO perusahaan Anda.

Menurut kepala Instagram Adam Mosseri, algoritme sekarang suka ketika tagar ditambahkan ke teks. Kemudian pada tahun 2021, dia merilis video yang mengajarkan cara menenangkan algoritme.

Apa yang kami sukai: Video seperti ini dari CEO IG adalah sumber yang bagus untuk mengasah strategi SEO Instagram Anda, dan ada banyak hal seperti ini yang dapat membantu.

6. Manfaatkan Keterangan Gambar.

Selain menambahkan hashtag di akhir, keterangan gambar itu sendiri adalah peluang lain untuk dioptimalkan.

Pastikan konten Anda tetap autentik agar sesuai dengan gambar Anda, tetapi singkirkan beberapa kata kunci sekunder merek Anda. Puaskan pengikut Anda yang ada dengan membuat teks yang menawan dan memikat, dan tarik pengikut baru dengan memperkaya kata kunci Anda.

Teks yang kuat dapat melakukan lebih dari sekadar menarik perhatian pengguna Anda. Ini juga dapat membantu Anda muncul dalam pencarian. Menggunakan kata kunci sekunder dalam teks Anda memungkinkan algoritme untuk menentukan apa yang dicari audiens unik Anda.

Contoh di bawah menunjukkan bagaimana kacamata DIFF dapat menggunakan kata kunci dalam keterangan untuk menarik pengguna yang tepat.

Terbaik: Memanfaatkan keterangan gambar membantu membuat gambaran lengkap tentang algoritme Instagram dan memberi tahu bahwa algoritme itu harus berperingkat tinggi dalam penelusuran untuk istilah itu.

7. Manfaatkan Teks Alternatif Instagram.

Fitur teks alt Instagram dirancang untuk membantu pengguna tunanetra menikmati pengalaman Instagram, tetapi juga dapat digunakan untuk SEO.

Jika Anda melewati langkah ini, Instagram akan secara otomatis mengisikan opsi alt text untuk Anda. Tetap saja, sebaiknya lakukan sendiri untuk memastikan keterangan Anda cocok dengan konten sebenarnya dari foto dan relevan dengan merek Anda.

Untuk mengakses opsi teks alternatif, segera buka layar sebelum membagikan foto Anda dan klik tab “Pengaturan Lanjut” di bagian bawah.

Kemudian gulir ke bagian bawah yang bertuliskan “Aksesibilitas” dan pilih opsi “Tulis teks alternatif”. Anda dapat membuat deskripsi gambar yang sempurna dari sana!

Setelah Anda membuat teks alt Anda sendiri, bagikan foto Anda seperti biasa. Manfaat mengganti alt text Instagram sama dengan menggunakan alt text untuk foto di website Anda.

Apa yang kami suka: Mengoptimalkan teks alt Anda dapat membantu algoritme kami memberi peringkat pada postingan Anda dengan lebih baik, dan juga menambahkan kemungkinan mengambil hasil untuk penelusuran suara!

8. Lacak Semuanya dengan Analitik.

Jika Anda baru menggunakan teknik SEO untuk tumbuh, Anda harus melacak bagaimana strategi Instagram baru Anda memengaruhi sasaran media sosial Anda secara keseluruhan.

Instagram memiliki analitik dalam platform, tetapi Anda hanya dapat menarik data dari tanggal tertentu. Data akan hilang dan diganti saat jendela itu ditutup. Ini mungkin bagus untuk pengguna biasa, tetapi tidak untuk tujuan pemasaran.

Alat media sosial seperti Hootsuite, IconoSquare atau Sprout Social dapat melewati ini dengan layanan pelacakan analisis data yang kuat, laporan otomatis, dan lainnya. Ini memungkinkan pengguna untuk menganalisis kinerja pos dan kampanye sehingga konten di masa mendatang dapat dioptimalkan.

Penggunaan Terbaik: Kumpulkan data keras di balik rencana konten Anda. Melacak keberhasilan strategi SEO Instagram baru Anda akan membantu Anda memperbaiki konten seiring berjalannya waktu, mendapatkan dukungan eksekutif, dan meningkatkan kesuksesan strategi secara keseluruhan.

9. Hindari Teknik SEO Black Hat

Anda mungkin berpikir bahwa Google adalah satu-satunya situs web yang cukup canggih untuk mengenali dan menghukum pengguna yang menggunakan strategi SEO topi hitam. Tapi hari-hari itu sudah berakhir saat AI berkembang untuk menangani detail komputasi yang padat.

Instagram menindak akun yang mencoba menipu sistem.

Yang terkenal, mereka telah menerapkan larangan bayangan untuk pengguna yang melanggar aturan. Dengan cara ini, tidak ada yang dapat melihat konten Anda saat mereka mengklik tagar yang Anda gunakan. Bahkan pengikut Anda tidak akan dapat melihat konten tersebut kecuali mereka secara khusus mencari akun Anda dan mengunjungi profil Anda.

  • Tolong jangan mencuri konten.
  • Usahakan tidak menggunakan bot.
  • Jangan masukkan kata kunci.
  • Usahakan tidak mengikuti terlalu banyak akun terlalu cepat.
  • Jangan beli pengikut.

Kiat Pro: SEO adalah strategi jangka panjang, dan bisa mengecewakan jika Anda tidak segera melihat hasilnya. Perbaikan cepat bisa menggoda, tetapi jika ketahuan, hasilnya bisa menjadi bencana. Hindari taktik ini dengan segala cara jika Anda ingin membuat akun Instagram dengan cara yang benar.

10. Jelajahi Tagar yang Dilarang.

Ada beberapa kenyataan aneh dalam teknologi saat ini. Program seni AI memiliki mimpi buruk (Google adalah pengguna yang harus disalahkan), cryptocurrency secara langsung terkait dengan kerusakan lingkungan, dan Instagram memiliki tagar yang anehnya dilarang.

Beberapa pembuat konten sengaja menggunakan tagar untuk mempromosikan konten ilegal. Misalnya, #kostum mungkin populer saat Halloween.

Anda juga bisa membayangkan bagaimana hal itu dapat dengan cepat mengarah pada konten bermasalah dalam hal ketelanjangan dan pelanggaran hak anak.

Selain itu, kami tidak ingin Instagram menggunakan tagar yang terkait dengan platform media sosial lain untuk mendorong lalu lintas di platformnya. Jika Anda menggunakan #snapchat, algoritme akan memikat Anda untuk dilarang bayangan atau dilarang secara permanen dari platform IG.

Kiat pro: Anda dapat membuatnya sendiri dengan melihat daftar hashtag terlarang kami yang baru saja diedit, atau dengan mencari hashtag yang sedang Anda pertimbangkan untuk digunakan. Selama kontennya terlihat dan mengalir dengan bebas, itu tidak dilarang.

Jika Anda melihat pesan menakutkan “Pos terbaru dari [hashtag yang Anda cari] saat ini disembunyikan,” berarti Anda tidak menggunakan tagar itu.

Daftar Isi

Leave a Comment