Rangkaian ospek di UI. Halo civitas UI, selamat datang untuk para mahasiswa baru 2020! Walaupun di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, kita tetap bisa loh merayakan dan merasakan euforia sebagai seorang mahasiswa baru Universitas Indonesia, caranya gimana? Tentu dengan mengikuti serangkaian acara yang telah dipersiapkan khusus untuk menyambut kedatangan kalian.

Tahun lalu, sebelum pandemi covid-19 merebak, seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan dengan bertatap muka secara langsung, dan dilaksanakan selama sekitar 1 bulan. Di tahun ini tentu banyak penyesuaian yang dilakukan demi mencegah penyebaran virus, salah satunya dengan mengadakan acara secara daring, ada apa aja sih? Berikut informasi selengkapnya.

1. PKKMB

advertisement

PPKMB merupakan wahana untuk memperkenalkan dan mempersiapkan para mahasiswa baru berproses menjadi mahasiswa yang yang dewasa dan mandiri, mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi kelak.

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan program yang WAJIB diikuti oleh SELURUH Mahasiswa Baru (D3 dan S1). Pelaksanaan PKKMB diharapkan menjadi wahana penanaman 5 (lima) program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu. Melalui PKKMB mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global.

BACA JUGA: Hal Baru Yang Akan Kamu Temukan saat Kuliah, Mahasiswa Baru Wajib Tahu!

advertisement

Singkatnya, PKKMB merupakan sebuah acara formal dan resmi untuk mengenalkan sistem akademik di Universitas Indonesia dan juga serba serbi mengenai kampus merdeka. Acara ini diselenggarakan secara daring, dan dapat kamu tonton langsung lewat kanal Youtube di channel kemahasiswaan UI, acara PKKMB ini mulai dari tanggal 7 hingga 11 September, berisi pengenalan UKM, pengenalan fasilitas kemahasiswaan, pengenalan SIAK-NG, pengenalan sistem pendidikan Universitas yaitu PJJ dan EMAS, dan masih banyak lagi. Nah kegiatan Orientasi Kegiatan Kampus (OKK) ini termasuk kedalam rangkaian yang ada di dalam PKKMB, OKK bertujuan untuk mengenalkan maba kepada cara survive di UI dan pentingnya berkontribusi.

2. PSAF

Contoh PSAF MIPA UI 2020 Sumber: psafmipaui.id

PSAF adalah Pengenalan Sistem Akademik Fakultas, pengenalan ini ada yang dilakukan oleh dosen, dekan, ada pula yang dikenalkan oleh senior kita. Kegiatan ini berfokus pada pengenalan sistem akademik fakultas, budaya fakultas, dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh fakultas tersebut.

BACA JUGA: Berawal Dari Start-Up, Mahasiswa FISIP dan FKM UI Raih Prestasi di Kompetisi UNDP Saat Pandemi

advertisement

3. Orientasi Jurusan

Last but not least, ada orientasi jurusan, sebelum perkuliahan dimulai sangat penting bagi kamu untuk mengetahui seluk beluk jurusan tersebut. Untuk orietasi jurusan ini lingkupnya akan lebih kecil dan digunakan sebagai bentuk pengenalan jurusan kepada maba, biasanya kegiatan orientasi jurusan diisi dengan pengenalan mata kuliah, informasi tentang kultur dan budaya jurusan, pengenalan beberapa dosen, games, talkshow bersama alumni, dan sebagainya.

Orientasi jurusan itu penting banget, karena bersama orang-orang inilah kamu akan bersua setiap harinya, gunakan kesempatan ini dengan baik, lewat acara ini kamu bisa cari banyak teman yang cocok denganmu, penting banget untuk kamu mengenal dengan baik teman-teman kamu yang berada di jurusan ini, selain itu tak jarang senior akan memberikan informasi mengenai tools, referensi buku atau alat-alat penunjang lainnya selama kamu berkuliah di jurusan tersebut.

Seluruh kegiatan orientasi ini dijamin bakal seru banget deh temen-temen, untuk kamu mahasiswa baru, pastikan bahwa nama kamu terdaftar ya, dan pastinya jangan lewatkan acara –acara tersebut karena kegiatan orientasi ini memiliki banyak informasi menarik yang sayang jika kamu lewatkan.

advertisement

BACA JUGA: 3 Tips Jalin Pertemanan selama Masa Orientasi Daring