Salah satu hal yang bikin kangen masa-masa kuliah yaitu pas jamannya jadi maba. Sebagai Maba, kita pasti melewati masa orientasi kehidupan kampus alias ospek. Selama ospek banyak hal hal baru yang dipelajari dan jadi kenangan tersendiri. Tapi, berhubung adanya pandemi COVID 19, OKK tahun ini dilakukan secara online. Apa aja ya serba serbi OKK yang ga bisa dirasakan mahasiswa ui 2020? Yuk cekidot!

1. Padus Bareng Pak Dibyo

(Sumber: Twitter @ui_2013)

Salah satu rangkaian OKK yaitu latihan padus buat wisudaan kakak-kakak tingkat. Semua Maba pasti kenal Pak Dibyo yang udah langganan mimpin latihan padus dari tahun ke tahun. Momen latihan padus jadi kenangan sendiri karena bisa nyanyi bareng bareng satu angkatan meski cuman cuap cuap alias lipsync. Bayangin aja ribuan maba kumpul di Balairung rame rame menyanyikan lagu buat wisuda, asik banget kan. Belum lagi pas antri mau masuk balairung yang baris sesuai fakultas terus sambil nyanyi yel-yel. Lagu favorit yang biasanya bikin exited pada nyanyi apalagi kalo bukan cuci cuci HEY di pinggir kali~ biasanya hey nya tuh yang paling kenceng, haha.

2. Ngumpulin Tiket Datang dan Pulang

Sumber: dokumentasi penulis

Pas jadi maba, ngumpulin tiket beginian emang mesti banget dilakuin biar bisa ngambil jakun. Tiket ini didapetin pas kita ngikutin rangkaian OKK di Balairung. Pas masuk Balairung dapet tiket datang dan pas udah selesai acara dapet tiket pulang. Di belakang tiketnya sampe ditulis identitas biar ga ilang. Sebenarnya ada minimal tiket yang harus dikumpulkan biar bisa ngambil jakun sekitar 10-an deh kayaknya. Buat ngumpulin tiket beginian ada aja buka jasa  joki, mereka pura-pura jadi maba dan menyelinap diantara barisan buat dapetin tiket, wkwkwk.

advertisement

BACA JUGA: Jadi Gini Lho Rasanya Menjadi Mentor OKK UI

3. Pamer Jakun di Depan Gedung Rektorat

Sumber: kaskus.co.id

Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu maba yaitu pake jaket almamater kebanggaan yang warnanya kuning alias jakun. Jakun yang ikonik banget sama UI emang sayang banget kalo ga dipamerin wkwkwk. Antre ambil jakun juga butuh perjuangan sendiri, saling jagain tempat kalo mau pergi biar ga di serobot orang.

Kalo udah dapet jakun yang diambil pake tiket-tiketan tadi, emblem makara yang ga sempat dijahit dulu ditempel gitu aja di jakun pake double tip yang minta temen. Terus spot foto yang favorit buat dijadiin latar belakang pamer jakun apalagi kalau bukan gedung rektorat. Pasti abis pembagian jakun kalian bakal melihat kuning kuning pada ngumpul sambil bergaya di lapangan rotunda. Memorable banget sih…

advertisement

4. Rebutan Ambil Jatah Mekdi

Abis ngisi padus buat wisuda, maba biasanya dikasih Mekdi buat makan siang. Kebayang kan rame bejubelnya orang-orang yang wisuda plus maba maba yang mau ambil makanan. Makan siang biasanya dibagikan di lobi gedung rektorat. Untuk pergi kesana, maba harus ngelewatin kakak-kakak yang sibuk foto depan rektorat dan belum lagi bejubel buat ambil Mekdi. Karena ga ada antrian yang rapi ya jadinya pada rebutan aja gitu ngambilnya. Bahkan ada yang ambil lebih dari satu karena ga ketauan juga, haha.

BACA JUGA: Ini Beberapa Alasan Kenapa OKK Itu Penting Buat Maba!

advertisement

5. Ikut Program Cinta Kampus

Sumber: ui.ac.id

Program Cinta Kampus (PCK) merupakan salah satu rangkaian kamaba (kegiatan mahasiswa baru) yang harusnya ga dilewatin. Pas PCK, maba bareng bareng mengelilingi UI dengan jalan kaki. Terus maba dikenalin sama tempat-tempat di UI kayak nama-nama danau, hutan dan lain-lain. Maba juga turut melestarikan lingkungan kampus dengan melakukan operasi semut seperti memungut sampah, menanam tanaman, dan melepaskan ikan. Pas pulang PCK, biasanya ada bikun yang siap sedia antar balik ke balairung, jadi ga capek capek jalan lagi.

***

Nah itu dia hal-hal yang memorable banget selama ngejalanin masa-masa ospek sebagai mahasiswa baru. Masih banyak sebenarnya hal-hal yang bisa dijadikan kenangan selama masa ospek tapi nanti artikelnya jadi kepanjangan. Menurutmu, apa aja nih momen-momen jaman ospek yang paling berkesan?

advertisement

BACA JUGA: Hi Maba UI, Ini Tipe-Tipe Senior yang akan Kamu Temui di UI